Cerita putri duyung atau sering juga disebut ikan duyung sering kita baca di berbagai buku cerita. Bahkan, ada juga cerita putri duyung yang dikisahkan dalam televisi atau diangkat di layar lebar. Putri duyung adalah makhluk yang berupa wanita cantik tapi memiliki tubuh ikan. Makhluk mitos ini juga memiliki kekuatan magis. Namun, apakah sosok puteri duyung hanya cerita karangan belaka atau memang benar-benar ada? Bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki cerita legenda putri duyung, tapi juga di belahan dunia lainnya.

puteri duyung merupakan makhluk mitologi dan legenda yang terkenal dengan kisah mistis nya

Asal-Usul legenda Putri Duyung

Kisah asal usul mengenai awal mula makhluk yang dikenal dengan sebutan puteri duyung ini masih menjadi perdebatan banyak orang. Sebagian orang mengatakan puteri duyung hanyalah sosok khayalan dan imajinasi. Namun ada pula yang mengatakan kalo memang makhluk ajaib ini memang ada. Ada banyak versi asal-usul putri duyung. Yang paling terkenal adalah menurut beberapa naskah kuno dan dalam kisah legenda mitologi Yunani & Romawi.

Versi naskah kuno – mengatakan kalau putri duyung adalah seorang putri membunuh suaminya kemudian alam mengutuknya sehingga menjadi manusia setengah ikan. Putri duyung diyakini sering mengganggu kapal-kapal dan penjelajah lautan lalu menenggelamkannya.

 

Versi kisah mitologi Romawi dan Yunani – putri duyung diciptakan langsung oleh dewa laut yang dijadikan pengawal kerajaan dan menemani dewa dewi mengelilingi laut. Bahkan, kepercayaan mereka juga mengatakan kalau duyung memiliki 2 jenis kelamin: ada putri duyung (Mermaid) dan putra duyung (Merman).

putri-duyung-hantupedia

Legenda Puteri duyung versi Asia dan Eropa

Berbeda lagi dengan kepercayaan di Jepang yang mengatakan kalau legenda putri duyung berawal dari kisah seorang nelayan yang dikutuk sebab telah melanggar janji. Lain cerita pula dengan negara-negara Eropa bagian barat, mereka percaya kalau putri duyung adalah seorang putri cantik yang bunuh diri dengan terjun ke laut.

Sedangkan di Rusia Timur mengaitkan sosok putri duyung dengan hantu wanita yang menakut-nakuti pria di pesisir laut. Di Cina, asal-usul ikan duyung dikaitkan dengan kerajaan laut. Bagaimana dengan Indonesia? Kisah yang sering muncul adalah berkaitan dengan jenglot dan bahkan sebagian masyarakat jawa mengatakan bahwa Nyi Roro kidul adalah puteri duyung. Mind blowing!

legenda putri duyung sangat terkenal dengan banyak versi cerita asal usul di berbagai belahan dunia

Hewan-Hewan yang Mirip dengan Ikan Duyung

Ada 3 hewan laut yang disinyalir mirip dengan putri duyung meskipun hanya secara bentuk, bukan wajahnya yang digambarkan bak putri cantik. yang pertama adalah dugong, yaitu mamalia di laut yang ada di perairan India sampai Australia. Yang kedua adalah Mantee, yaitu ikan dengan bentuk tubuh atas seperti wanita dan mempunyai rambut panjang di perairan Amerika Selatan. Yang terakhir adalah Sea Cow atau sapi laut.

NEXT untuk ulasan bukti-bukti eksistensi putri duyung di dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here