Sang Hyang Kalang, Cerita Hantu Tasik yang Suka Ngrecokin Orang Mesum!

0
1787
Sang hyang kalang hantu di Tasikmalaya sang pembela kebenaran suka menggagalkan orang mesum dan perjudian

Coba sobat hantupedia bayangkan aja deh pas lagi asyik-asyik “gituan” sama doi atau lagi seru main poker atau taruhan yang tinggal dikit lagi pasti menang. Sayup-sayup dari jauh terdengar suara Menggelegar kepakan sayap yang disertai suara ringkik kuda. Nggak jadi masalah sih kalo itu cuman kuda biasa, tapi apa jadinya kalo ternyata yang datang adalah siluman kuda?? Well, Orang-orang sunda, tepatnya di daerah Tasikmalaya menyebut sosok dalam cerita hantu Tasik ini dengan nama Sang Hyang Kalang.

Intip Sekilas Tentang Sosok Penampakan hantu Sang Hyang Kalang

Sebenarnya sih fenomena kemunculan penampakan hantu Sang hyang kalang itu sendiri oleh masyarakat dipercaya sebagai kekuatan magis atau klenik (bukan hantu). Dalam kepercayaan masyarakat Tasikmalaya, Jawa barat dan sekitarnya yang merupakan area Sunda percaya bahwa Sang Hyang kalang adalah roh leluhur yang berusaha menjaga masyarakatnya.

perwujudan penampakan hantu sang hyang kalang di Tasikmalaya seperti kuda terbang

  • Sosok astral penampakan hantu Sang hyang kalang sering terlihat seperti seekor kuda bersayap yang ter
    bang. Mirip makhluk mitologi barat sih (unicorn), namun tanpa tanduk di dahi kuda tersebut. Ada pula sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa terkadang perwujudannya merupakan seorang berpakaian putih yang menunggang kuda terbang.
  • Dalam banyak penuturan cerita hantu oleh para tetua sunda, khususnya di Tasikmalaya. Sosok kuda terbang Sang Hyang Kalang dianggap suci dan sakral. Karena kemunculannya selalu pada waktu-waktu tertentu yang banyak dihargai masyarakat. Namun demikian, ada sebagian pula yang menganggapnya sebagai sosok siluman.

Cerita hantu siluman Sang Hyang Kalang selalu dikaitkan dengan sosoknya yang merupakan sang pembela kebenaran! Karena sering menghentikan perilaku mesum dan perjudian

Ada banyak kasus dimana hantu kuda bersayap ini muncul disaat ada orang yang tengah berpacaran hingga pada titik nyaris melakukan perzinahan. Sang Hyang kalang hadir untuk menggagalkannya. Pernah juga ada segerombolan perampok yang tengah ingin melakukan aksinya disebuah kampung di Tasikmalaya yang kemudian gagal. Karena mereka dihadang oleh seekor kuda besar bersayap yang mengamuk.

Sang Hyang kalang adalah seorang Praktisi ilmu kesaktian putih

Lain cerita dengan desas-desus cerita hantu Wong Medhi Jaran di daerah Mojokerto atau Hantu Aul di Purworejo. Meski keduanya memiliki perwujudan sosok penampakan hantu yang mirip dalam cerita hantu Tasik Sang yang Kalang (berwujud kuda). Sosok dalam kisah hantu Tasik ini berbeda.

hantu sang hyang kalang dan hantu aul dan wong medhi jaran sangat berbeda dilihat dari kesaktiannya

Sang Hyang Kalang – hantu ini dipercaya sakral dan dihormati karena membela pada kebenaran. Dibuktikan dari banyaknya kasus kriminal yang di hentikan olehnya. Masyarakat percaya bahwa perwujudannya dalam cerita hantu Tasik sejatinya adalah bentuk dari ilmu kesaktian putih yang sedang di amalkan oleh pemiliknya.

Wong medhi jaran & Aul – Sedangkan Wong medhi jaran dan hantu aul adalah wujud manusia yang berubah karena mengamalkan ilmu hitam. Ada yang menuturkan bahwa pemilik ilmu ini dulunya adalah penyembah iblis kuda. Sosok kedua hantu ini tidak membawa kebaikan, namun malah membawa teror untuk masyarakat.

Sang Hyang Kalang dan Simbol Ambalan Pramuka

Kemisteriusan sosok kuda terbang ini tak hanya membahana dalam banyak cerita hantu Tasik dan legenda daerah di Sunda. bahkan, karena perilaku makhluk astral yang satu ini, sosoknya kemudian dijadikan sebuah simbol Ambalan Pramuka Penegak.

Untuk sobat hantupedia yang familiar dengan dunia Pramuka. Pasti anda sudah tahu tentang hal ini. Ambalan Penegak itu sendiri adalah merupakan kumpulan satuan gerakan dalam Pramuka. Orang-orang menyebutnya satuan Organik yang di dalamnya ada sekitar 29 sampai 30an orang dari Pramuka Penegak.

cerita hantu sosok sang hyang kalang dijadikan simbol Ambalan penegak Pramuka

Penggunaan simbol sosok ini dalam ambalan Pramuka kembali ke tahun 1981. Dimana para penegak sedang mencari ide tentang simbol Ambalan Pramuka. Hingga akhirnya muncullah nama Sijang Kalang. Yang notabene merupakan nama lain dari Sang Hyang Kalang. Kuda sembrani yang misterius di daerah batu Karas. Mereka pun kemudian sepakat untuk mengadopsinya kedalam simbol ambalan Pramuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here