Fakta Hantu Pocong yang Tidak Banyak Diketahui?

0
2005

Ketika anda mendengar kata POCONG – Kira-kira apa yang akan terbersit di pikiran anda? kemungkinannya ada dua ini:

  • Sosok hantu dalam banyak cerita legenda di Indonesia dengan wujud terbungkus kain putih yang terkenal bergerak dengan cara melompat

  • Jenazah manusia yang telah dikafani dan siap di kebumikan, setelah selesai melalui proses pemandian jenazah dan lainnya.

Banyak dari masyarakat Indonesia sepakat bahwa cerita hantu berkain kafan ini muncul karena satu alasan:

Dia adalah arwah gentayangan orang yang ketika dikuburkan, orang-orang lupa melepas tali pocongnya – Jadi dia menghantui orang untuk melepaskan tali pocong tersebut

Tapi tahukah Sobat Hantupedia sekalian, kalo sebenarnya ada beberapa jenis cerita mistis

Asal usul munculnya Hantu Pocong?

Selain kemunculan hantu seram legendaris ini yang dikarenakan karena jenazah yang lupa dibuka tali kafan pengikatnya, setidaknya ada 5 cerita mistis asal usul hantu ini.

Jenazah yang Ketika Meninggal, Pelayatnya Sedikit

Cerita asal usul kemunculannya yang satu ini kami dapatkan dari beberapa survey. Biasanya orang meninggal yang pelayatnya hanya sedikit memiliki dua kemungkinan:

(1) Dia orang yang dianggap tidak pantas untuk dilayati – Karena perbuatan buruknya

(2) Orang tersebut Mati dengan tidak wajar

***

Untuk kasus pertama, biasanya di malam hari di daerah tersebut akan muncul penampakan pocong yang menghantui warga sekitar. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk Meminta Maaf kepada orang – orang.

Cara menangkalnya: Bila anda menemui kasus penampakan hantu ini di kasus pertama, yang anda lakukan cukup sederhana. Anda cukup menghela nafas dan katakan “Aku sudah memaafkanmu” – Biasanya dengan begitu sosoknya akan hilang.

Jenazah yang disalah-gunakan oleh Orang Sakti

Selain kepercayaan bahwa sosok hantu pocong ini adalah penjelmaan dari arwah orang meninggal yang telah dikuburkan namun terlupa dibukakan ikat kafannya. Konon ada asal usul hantu ini yang berasal dari jenazah yang di salah-gunakan.

Banyak Dukun Menggunakan Jenazah yang mati di hari – hari tertentu untuk syarat kesaktian ilmu hitam maupun jalan pesugihan, hingga santet

– Untuk kasus asal usulnya yang satu ini, jika anda menemuinya maka besar kemungkinan ada orang jahat yang ingin menargetkan anda atau keluarga anda.

Cara Menangkalnya: Satu satunya jalan untuk jenis Penampakan Pocong yang satu ini adalah mendekatkan diri kepada Tuhan dengan berdoa. Paling tidak anda bisa menaburkan garam disekitar rumah anda untuk menahan hantu ini masuk.

Merupakan jin yang menyerupai Jenazah yang sudah mati

Kalo cerita misteri asal usul hantu yang satu ini lebih kearah pendekatan religius sih. Banyak ahli agama menyatakan bahwa ada jin usil/jahat yang sengaja menyerupai orang yang sudah mati untuk melemahkan iman.

 

Fakta Unik: Pocong ini dikenal dengan sosoknya yang mirip “guling” yang pada dasarnya merupakan kain putih yang membungkus mayat. Karena itulah banyak yang menamainya sebagai Hantu Guling / Hantu bungkus.

Nama Sebutan dan Wujud Penampakan Pocong

Selain nama Hantu guling & Hantu Bungkus, dalam banyak kepercayaan masyarakat Indonesia yang beraneka ragam suku dan budaya. Nama dan penggambaran sosok pocong sendiri sangatlah variatif lho!

Di beberapa daerah di Indonesia ada yang mengatakan bahwa pocong memiliki wajah keriput dan busuk yang hampir menyerupai tengkorak. Namun masih memiliki daging yang terbungkus kain putih. Di beberapa daerah lain ada pula yang menyatakan wajah pocong berwarna hijau dengan mata yang hitam. Beberapa daerah lainnya ada pula yang menyatakan wajah sosok ini berupa wajah seseorang yang lubang hidung dan mulutnya disumpal dengan kapas.

Masyarakat Indonesia . Biasanya hantu pocong ini berkeliaran dengan melompat-lompat, namun ada juga yang menggambarkan hantu ini melayang-layang diudara ketika menakut-nakuti orang.

Sosok hantu pocong ini telah menjadi inspirasi dari berbagai karya seperti film, komik, dan buku sehingga menjadi sosok hantu yang cukup populer dikalangan masyarakat dan diakui eksistensinya secara luas.

Artikel terkait: Bertemu pocong, Vampir vs Pocong, Hantu pocong OSPEK, Pocong Andong

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here