Misteri Dunia: Kisah Mistis Shrunken Head, Ritual Penyusutan Kepala!

0
924

Entah kenapa ketika kita membicarakan misteri dunia tentang kehidupan suku-suku yang hidup di area terpencil. Banyak sekali kisah mistis dan fenomena misteri yang mencuat untuk dijadikan topik pembicaraan. Tidak melulu tentang aspek mainstream seperti kanibalisme atau persembahan manusia lho. Ada pula segi mistik nan unik yang bagi orang sekarang bisa membuat bulu kuduk meremang. Salah satunya yang penuh cerita misteri adalah, kisah mistis Shrunken head (Kepala menyusut). Ritual penyusutan kepala atau lebih dikenal sebagai Shruken Head mungkin sudah tidak lagi dipraktikan dizaman modern ini. Namun sisa-sisa bukti kesadisan praktik ini masih dapat ditemukan.

wanita suku indian jivaro memegang beberapa shrunken head di tangannya sebagai cendera mata

Awal Kisah Mistis Shrunken Head

Mengerikan, adalah jawaban yang tepat dalam menggambarkan cerita seram Shrunken Head. Mungkin sebagian dari sobat Hantupesia pastinya pernah melihat cerita misteri semacam ini pada berbagai film mistis ternama. Entah itu sebagai praktik ritual dalam menyembah dewa, hingga yang paling buruk, kanibalisme.

Namun ternyata, kisah mistis Shrunken Head atau kepala menyusut ada di dunia nyata. Cerita hantu ini biasa banyak ditemukan dizaman dahulu. Misalnya orang Cina kuno akan membawa kepala musuh yang dipenggal sebagai bukti kemenangannya atau pejuang Celtic yang menancapkan kepala musuh sebagai peringatan kepada musuh. Atau yang paling aneh adalah ritual yang dilakukan salah satu etnis di belantara hutan Amazon, tepatnya di perbatasan negara Peru dan Ekuador.

Misteri Dunia Kisah Mistis Shrunken Head, Ritual Penyusutan Kepala dengan cerita misteri di dalamnya

Kisah Mistis Shrunken Head dan Ritual Anehnya

Oleh banyak pemerhati mistis. Mereka percaya bahwa Cerita misteri Shrunken head di area Amazon ini sendiri dilakukan oleh orang Indian Jivaro yang bermukim di wilayah tersebut. Suku tersebut percaya bahwa semakin banyak seseorang membunuh, maka semakin besar pula kekuatan yang didapatkan. Karena itulah, siapapun yang memasuki wilayah mereka, termasuk bangsa Spanyol yang mulai menginvasi tanah Amazon pada tahun 1600-an, akan dihabisi tanpa ampun.shrunken head tertua yang ternyata dibuat dari kepala seorang wanita zaman dahulu

Mayat-mayat yang berhasil dikumpulkan, kemudian kepalanya dipenggal dan dikecilkan dengan maksud menjerat semangat mereka dalam menguasai wilayah warisannya. Dari sini muncul desas-desus kisah hantu. Yang mana Cerita hantu ini juga menandakan dendam yang teramat sangat dan melakukannya sebagai wujud pembalasan dendam.

Maka dari kisah mistis Shrunken Head itulah, suku Jivaro mendapatkan namanya yang memiliki arti ‘biadab’ dalam bahasa Spanyol. Tidak ada yang berani memasuki kawasan yang mereka kuasai karena kekejaman ini. Bahkan, keberadaan mereka baru ditemukan pada abad ke-19. Sebagai bukti tidak adanya saksi mata yang selamat untuk keluar dari wilayah tersebut. hiiii… 

Shrunken Head dan Proses Pengecilan Kepala yang Sadis

Proses dalam kisah mistis Shrunken Head sendiri bisa dibilang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada teknik khusus, bahkan cukup mengerikan untuk dilakukan pada era modern saat ini.

cerita mistis dan klenik dari shrunken head etnis kuno dengan ritual penyusutan kepala manusia dengan proses yang sadis

Proses pengecilan kepala dimulai dengan mengambil daging dan isi pada bagian kepala belakang. Kemudian kulit yang terlepas digunakan untuk mengeratkan kepala agar semakin kecil, lalu menjahitnya bersama dengan bagian mata dan mulut. Setelah semua bagian menjadi satu, kepala kemudian direbus dalam air asin selama dua jam.

Jika semua proses telah dilakukan, kepala pun diawetkan selama kurang lebih seminggu. Setelah itu, kepala yang telah menyusut tersebut akan digunakan sebagai bentuk ritual atau sekedar ‘pajangan’ di sekitar wilayah mereka sebagai bentuk teror kepada orang yang memasuki wilayah mereka.

Kalo dipikir-pikir fenomena shrunken head ini kalo jadi hantu mungkin akan mirip seperti kisah hantu gundul pringis nih! Intip artikel tentang gundul pringis DISINI.

Penjualan Shrunken Head

Setelah Suku Jivaro berhasil ditaklukkan oleh Bangsa Spanyol, berbagai artefak dalam kisah mistis Shrunken Head banyak diperjual belikan sebagai souvenir. Tentunya, penjualan ini menimbulkan rasa jijik sekaligus terpesona melihat bagaimana misteri dunia yang dilakukan oleh Suku Jivaro. Ada pro dan kontra tentang hal ini dalam kehidupan masyarakat luas. 

kumpulan shrunken head yang masuk dalam display suatu museum sebagai benda sejarah yang penuh kisah mistis

Anehnya, berdasarkan Tes DNA yang dilakukan dizaman modern, ditemukan fakta bahwa kepala-kepala yang ditemukan karena misteri dunia ini tidak hanya berasal dari wilayah tersebut maupun bangsa Eropa. Salah satunya adalah sebuah kepala yang diyakini 95% berasal dari suku bangsa Tiongkok yang ditemukan di sana. Hal ini sungguh aneh, mengingat hingga abad 19, wilayah Amazon tidak pernah diketahui didatangi oleh Bangsa Tiongkok, khususnya dalam hal penaklukka wilayah.

Meskipun begitu, praktik jual-beli ini tidak dapat ditemukan lagi saat ini. Hal ini dikarenakan adanya aturan yang ketat oleh Pemerintah Peru dan Ekuador mengenai penjualan Shrunken Head. Bahkan pada tahun 1940-an, Amerika Serikat pun mendukung pelarangan ini karena praktik jual-beli ini dianggap tidak lebih kejam daripada ritual misteri Shrunken Head itu sendiri.

Shrunken Head dalam budaya pop era modern

penampakan shrunken head yang ada dalam film harry potter

Karena unsur mistik dan menyeramkan yang ada pada benda berupa kepala berukuran kecil ini. Banyak orang kemudian mengangkatnya kedalam budaya pop, terutama yang memiliki sense horor, sihir dan cerita misteri yang menyeramkan. Sebut saja film Harry Potter atau Pirates of Carribean yang memiliki audiens yang besar di seluruh dunia. Kedua film terkenal tersebut menggunakan shrunken head sebagai ‘cameo’ dalam filmnya. Bahkan dalam film animasi genre horor komedi seperti Hotel Transylvania. Shrunken head muncul sebagai pajangan yang ditempel di depan pintu.

Bisa dibilang rasa penasaran, takut, serta jijik menjadi satu sih kalau membayangkan kisah mistis shrunken head ini. Dalam banyak misteri dunia yang menceritakan ritual penyusutan kepala ini juga diselimuti kisah mistis dan klenik yang memang bikin merinding. Nah, Sanggupkan nyali sobat Hantupedia melihat salah satu dari Shrunken Head ini? Atau malah salah satu dari kalian ada yang punya? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here