Legenda Klabautermann: Makhluk Astral yang Menghantui Kapal

0
982

Legenda Klabautermann – Lautan memang selalu menyimpan banyak misteri yang banyak menyisakan pertanyaan tanpa jawaban. Bumi kita sendiri terliputi hampir 70 % oleh bentang samudera yang luas. Tentu bagi beberapa sobat Hantupedia, mengarungi lautan bukanlah lagi menjadi satu hal yang sering dilakukan karena adanya transportasi yang lebih cepat dan efisien. Lautan di zaman sekarang hanya diarungi oleh kebanyakan mereka yang memiliki pekerjaan sebagai pelaut atau nelayan. Dan itupun dengan menggunakan kapal-kapal yang sudah super canggih.

Lalu tahukah sobat Hantupedia, bila sejak dahulu dizaman pelayaran masih sangat trending dikehidupan masyarakat dunia. Baik itu sebagai sarana transportasi, kargo perdagangan, maupun petualangan mencari daerah-daerah baru. Ada satu legenda tua yang cukup terkenal. Legenda itu disebut Klabautermann.

legenda klabautermann peri dan hantu air yang menghantui kapal para pelaut

Apa itu Klabautermann?

Nama Klabautermann tercipta dari bahasa German Klabastern yang memiliki arti “kegaduhan”. Ada pula yang mengatakan bahwa legenda ini secara etimologis berasal dari kata kerja kalfatern yang merupakan suatu kegiatan memperbaiki/mendempul suatu bagian khusus dari kapal agar tidak bocor. Istilah ini tentunya berhubungan dengan bagaimana perilaku dari sosok klabautermann itu sendiri yang sering membuat kegaduhan dan mengganggu para pelaut.

Banyak yang mengatakan bahwa Klabautermann sendiri sering muncul dan menampakkan diri dengan sosok seperti orang tua cebol atau anak kecil (seperti tuyul). Sosok ini terlihat mengenakan pakaian pelaut berwarna kuning. Beberapa versi menggambarkan sosok klabautermann menghisap cerutu dan membawa sebilah palu yang dibawanya kemana-mana. Sosok hantu air ini juga dikenal piawai dengan keterampilan perahu dan musik.

Dua Versi legenda Klabautermann

Cerita tentang sosok peri yang disebut sebagai Klabautermann ini sangat terkenal diantara para pelaut Eropa di sekitar abad 17. Banyak versi cerita yang muncul tentang legenda Klabautermann ini. Beberapa orang mempercayai bahwa sosok tersebut adalah sebuah kobold (roh atau jelmaan) dari kapal yang meminjam wujud manusia untuk menjaga kapal dari bahaya. Bahkan beberapa pelaut mengatakan bahwa sosok astral ini terkadang memperbaiki kerusakan kapal dengan palu yang dibawanya agar kapal tidak mengalami karam.

Namun ada juga yang mempercayai bahwasanya sosok Klabautermann ini merupakan sosok astral yang suka usil. Penggambaran Klabautermann dalam versi ini dijelaskan lebih licik dan jahat daripada penggambarannya yang riang. Sosok ini malah digambarkan mirip seperti goblin. Dalam versi cerita ini klabautermann dipercaya sebagai sosok yang usil dan sering mengganggu awak kapal. Bahkan sering menjadi penyebab dari malapetaka yang menimpa kapal.

Tidak ada yang tahu kebenaran dari kisah legenda Klabautermann. Cerita tentang sosok astral ini banyak diceritakan oleh para pelaut Eropa ketika pulang dari pelayaran sehingga kemudian menyebar luas dari mulut ke mulut hingga menjadi sebuah mitos dan kisah mengerikan saat itu.

Adaptasi Legenda Klabautermann dalam cerita fiksi modern

Cerita legenda klabautermann yang melegenda ini banyak pula kemudian diadaptasi kedalam beberapa karya fiksi. Salah satunya yang masih terkenal sampai sekarang adalah Anime dan Manga One Piece yang menggambarkan Klabautermann sebagai sosok inkarnasi dari kapal bajak laut mereka yang bernama Going Merry. Kemunculan awalnya ada di chapter 254 dan di Episode 167. Tidak hanya itu saja, sosok ini muncul dalam buku kumpulan puisi yang diciptakan oleh Henry Wadsworth Longfellow dalam bab yang berjudul The Musician’s Tale.

Dalam acara Televisi dan radio di German sekitar tahun 1980an. Legenda Klabautermann juga pernah diulas dengan tajuk Pumuckl. Bahkan ada salah satu band bernama Dschinghis Khan. mereka merupakan band asal German menciptakan lagu di tahun 1982 dengan judul Klabautermann sebagai single mereka. Dan beberapa karya-karya lainnya.

Jangan lewatkan artikel-artikel legenda dan mitos kami yang lain ya! cek disini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here