Sekarang Indonesia sedang musim hujan nih. Bukan hanya cuaca tidak menentu, jalanan becek atau peliknya banjir aja sih yang membuat kita jadi dongkol. Ada lho cerita misteri sosok penampakan hantu kesepian yang konon hanya muncul di musim hujan sahaja. Ini adalah kisah setan payung, sosok astral yang dijuluki hantu galau, karena muncul bersama rintik hujan yang sendu (tsaaaah). Cerita tentang setan payung sebenarnya sih sudah lama terdengar dan sudah tidak asing lagi, karena memang banyak di temui di banyak daerah. Gimana ceritanya?

Kisah Setan Payung sang Hantu Kesepian dengan cerita hantu dan kisah misterinya diantara ribuan Rintik Hujan Penuh Kesedihan

Asal usul cerita hantu setan payung

Menurut banyak sumber yang telah tim hantupedia tanyai mengenai kisah seran payung ini. Tidak ada yang tahu menahu secara gamblang tentang sebenarnya siapakah sosok dibalik hantu kesepian yang menggunakan payung di tengah-tengah hujan ini. Cerita asal usul setan payung ini pun beragam dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada yang mengatakan dia adalah wanita korban tabrak lari ketika hujan, atau arwah penasaran seseorang yang mati setelah sakit hati karena dicampakkan kekasihnya dikala hujan. Kebanyakan sih cerita sedih.

Beberapa Versi cerita hantu payung di Indonesia

Seperti yang kami bilang sebelumnya, lain daerah lain pula kisah setan ini. Yang paling menarik dari beberapa cerita misteri setan payung ini adalah hantu kesepian pembawa payung di Bandung, Setan payung Tiongkok, dan Setan Payung kuburan. Kita bakal ulas satu-satu deh:

Kisah Setan Payung dari Bandung

Berbagai kisah tentang setan payung ini memang terdengar luas di hampir seluruh masyarakat Bandung. Tetapi, kisah setan payung ini sebenarnya populer karena diceritakan oleh anak-anak muda. Semua cerita hantu payung dan penampakannya ini dituturkan terjadi di Jalan Dago, yang merupakan salah satu destinasi wisata dan hiburan di kota kembang. Mereka yang sering nongkrong di jalan ini hingga tengah malam biasanya mengalami hal mistis berkaitan dengan setan ini.

Wanita berpayung hitam dengan wajah pilu

Cerita misteri yang beredar di kalangan anak nongkrong di area dago adalah setan itu selalu membawa payung berwarna hitam. Payung hitam sendiri dikenal sebagai simbol kesedihan, kehilangan, bahkan kematian. Payung hitam tersebut juga bisa menjadi pertanda kematian bagi orang yang melihatnya. Kisah setan payung ini membuat masyarakat sekitar sangat takut dan enggan untuk keluar di malam hari. Tapi bagi anak muda yang darahnya membara (kata bang haji roma irama), kegiatan nongkrong sampe tengah malam tetep jalan!

Hantu Nenek Berpayung Pemakaman

Versi lain dari kisah setan payung yang beredar di masyarakat adalah hantu wanita tua pembawa payung dengan mengenakan gaun cantik serba hitam. Hantu wanita tersebut terlihat semakin seram tanpa senyum dan tatapan yang menusuk. Penampilannya yang serba hitam ini menjadikan cerita setan dengan payung sebagai cerita setan paling seram di Bandung. Yang khas dari setan payung versi ini adalah, payung yang digunakan adalah payung warna hijau yang biasa digunakan dalam prosesi pemakaman. 

Kemunculan hantu nenek tua berpayung hijau di wahana rumah hantu

Konon pernah terjadi sebuah kisah misteri nyata dari pemiliki wahana rumah hantu keliling yang sering datang ke pasar malam di daerah-daerah. Suatu ketika dia sedang ikut serta dalam sebuah pasar malam. Kala itu sepi karena musim hujan menerpa. Si pemiliki melihat seorang nenek tua berdiri di dalam rumah hantunya sembari membawa payung hijau pekuburan. Awalnya dia kira nenek itu adalah seorang pekerja di wahana miliknya. Namun ketika di cek kembali. Tiada seorangpun yang menggunakan kostum demikian. Hiiii

Cerita hantu payung dengan pakaian Cheongsam

Cerita hantu payung dengan pakaian cheongsam (pakaian adat Tionghoa) ini konon muncul menjelang perayaan Imlek. Imlek sendiri biasanya memang dirayakan saat musim hujan. Karena memang hujan identik dengan mitos rejeki yang melimpah. Yang menjadi perbedaan setan payung cina ini dengan yang lainnya adalah pakaiannya saja sih. Soal raut wajah yang gundah gulana tetap sama. Ada yang bilang pula payung yang digunakan kadang berwarna merah kadang berwarna putih.

Hantu yang hanya muncul di kala hujan

Legenda setan payung ini tidak berhenti sampai di situ saja. Konon katanya, hantu wanita tersebut hanya muncul ketika musim hujan tiba. Seperti diceritakan oleh masyarakat sekitar, biasanya tidak ada cerita misteri baru tentang penampakan hantu kesepian ini di musim kemarau. Sepertinya, hantu wanita ini memang hanya menampakkan diri pada musim hujan saja.

Versi Hantu payung yang meminta pertolongan

Versi lain dari cerita hantu muncul dari pengakuan beberapa orang yang mengatakan bahwa hantu wanita ini akan mendatangi rumah warga satu per satu. Ia akan meminta tolong untuk diantar pulang ke tempat dia dimakamkan. Karena takut, masyarakat biasanya memilih untuk tidak membukakan pintu rumahnya untuk si hantu. Bisa diduga, hantu kesepian tersebut tetap mendatangi rumah warga yang lain atau datang lagi malam berikutnya.

cerita misteri dan kisah setan payung yang banyak dibicarakan oleh masyarakat karena kisah mitos dan mistinya yang yang seram

Kisah Setan Payung yang Memakan Korban

Kisah setan payung ini semakin membuat kita bergidik takut ketika ada cerita yang mengatakan bahwa hantu wanita ini akan meminta teman seumur hidup. Biasanya, ia akan menampakkan diri dan tiba-tiba memayungi salah seorang warga yang ditemuinya saat itu. Pantas saja cerita ini dianggap sebagai cerita setan paling seram di banyak daerah. Konon katanya, orang yang dipayungi dengan payung hitam ini akan menjelang ajal tak lama kemudian dan dijadikan teman oleh si hantu ini.

Menurut cerita bila kita bertanya kepada setan payung ini “sedang menunggu siapa?” maka dia akan menjawab: “Sedang menunggu kamu…” – Dan kemudian orang yang bertanya itu akan mati dengan cara yang mengerikan

Setan Payung yang Masih Menjadi Misteri

Cerita hantu payung ini juga masih menjadi misteri bagi banyak kalangan masyarakat. Hingga saat ini, tidak ada seorang pun yang tahu asal usul hantu ini semasa hidupnya dan kenapa dia bergentayangan dan selalu meminta teman. Ditambah lagi, hantu wanita ini sekarang hampir tidak pernah menampakkan diri lagi. Menurut cerita yang beredar, dia sudah menemukan orang yang mau mengantarkan dia ke kuburannya dan menemaninya. Kira-kira siapa yang mengantarkan dia ke keuburannya ya? Apa orang itu juga ikut mati? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here