Kisah Misteri Hantu Tuan Item: Hantu Belanda dan Anjing Kesayangannya

0
1441

Bekas penjajahan Belanda selama 350 tahun lamanya belum sepenuhnya hilang dari Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bangunan berarsitektur belanda yang masih banyak kokoh berdiri di banyak daerah. Terkait dengan hal itu, salah satu hal yang masih awet hingga sekarang, tentu kisah – kisah misteri yang ditinggalkannya. Kami pernah membahas beberapa cerita misteri yang terkait dengan masa kolonial pada beberapa kesempatan. Dan kali ini, kami bakal mengulas cerita  Hantu Tuan Item  yang juga merupakan hantu belanda era kolonial.

Asal Usul Cerita Hantu Tuan Item

Bagi sobat hantupedia yang bukan orang asli Jakarta mungkin kurang begitu familiar dengan kisah misteri Hantu Tuan Item. Namun bagi mereka yang tumbuh dan besar di Jakarta, terlebih Jakarta Timur pasti sudah tak asing dengan kisah hantu Tuan Item.

kisah misteri hantu tuan item adalah hantu belanda yang memiliki cerita misteri menyeramkan di indonesia

Banyak warga setempat yang meyakini kalo Hantu Tuan item berasal dan bersemayam di area Kebon Nanas, Jakarta Timur. Wujudnya sering dideskripsikan warga sekitar sebagai salah satu hantu Belanda yang sosoknya tipikal di Indonesia.

Gimana penampakan hantu tuan item?

Ketika sedang menampakkan diri, dia lengkap berpakaian seperti tuan tanah pada masa itu (masa penjajahan), menunggangi seekor kuda dan diikuti anjingnya yang setia, mirip seperti hantu colonial yang kerap muncul di film-film sih sebenernya.

Konon katanya, Hantu Tuan Item adalah seorang tuan tanah yang mati secara tidak wajar sehingga arwahnya masih penasaran dan gentayangan hingga sekarang. Hantu Belanda di Indonesia ini dulunya adalah seorang tuan tanah dari Belanda yang memiliki hak atas tanah di sekitar Kebon Nanas, lebih tepatnya di Studio PFN (Produksi Fim Negara), jalan Otista Raya, Jakarta Timur.

Tak jarang warga setempat yang mempercayai kisah misteri Hantu Tuan Item tersebut pernah melihat wujudnya walau hanya samar-samar. Meski jarang sekali menampakkan diri, selalu saja ada warga Kebon Nanas yang menyaksikan kemunculan hantu kolonial tersebut. Bahkan ada warga setempat yang pernah menyaksikan kemunculun Tuan Item sedang mandi di sungai yang berada di belakang studio PFN. Oleh sebab itu hampir sebagian warga Kebon Nanas mempercayai kisah misteri Hantu Tuan Item yang melegenda tersebut.

Beberapa versi cerita hantu tuan item

Tak hanya di Kebon Nanas, cerita hantu kondang ini ternyata juga hangat diperbincangkan di sekitar pintu air Manggarai yang menghubungkan Sungai Ciliwung dan Sungai Krukut. Salah satu kisah misteri Hantu Tuan Item tersebut disampaikan oleh salah seorang petugas kebersihan di daerah pintu air tersebut. Dan konon ceritanya versi ini erat kaitannya dengan cerita hantu Marrie yang juga menghantui tempat ini. 

Tuturnya, Hantu Tuan Item sebenarnya tidak jahat ataupun mengganggu, baik saat sedang menampakkan diri atau tidak. Hanya saja, tambahnya, semua yang beraktivitas di sana harus menjaga sopan santun jika tak ingin diganggu.

Kalau misalnya sedang merokok atau ngopi di sana, jangan lupa menawarkan kepada Tuan Item. Jika tidak, yang terjadi seperti Cerita hantu yang dialami rekannya. Kala itu rekannya merokok di sekitar pintu air namun tidak menawari. Keesokan harinya, rekan kerja beliau kesurupan. Hal ini menunjukkan bahwa cerita hantu Belanda di Indonesia memang benar adanya.

Hantu tuan item di pintu air ciliwung lebih kalem dengan penampakan yang asyik memandang ke arah sungai, sedangkan di Cengkareng dia lebih garang dan menakut-nakuti warga!

Versi lain hantu tuan item di cengkareng

Cerita hantu tuan item versi daerah Cengkareng bukanlah seorang tuan tanah Belanda. Melainkan ditengarai sebagai hantu belanda yang menunggui sebuah pohon besar di daerah tersebut. Konon dulu kala warga setempat selalu memberikan semacam sesajen dibawah pohon ini untuk tolak bala. Hingga suatu ketika warga tidak lagi memberikan sesaji ini.

Karena “ngambek”, hantu tuan item yang menunggu pohon keramat ini kemudian menumbangkan pohon hingga merusak rumah-rumah warga sekitar. Peristiwa ini sempat masuk berita dan menjadi sebuah perbincangan hangat oleh masyarakat seantero Cengkareng.

Setiap daerah pasti sudah memiliki penunggunya masing-masing, termasuk di daerah Kebon Nanas, Jakarta Timur. Terlebih jika tempat tersebut memiliki kaitan erat dengan cerita masa lampau. Tim Hantupedia sendiri tidak bisa memastikan apakah ketiga cerita hantu tuan hitem itu (Cengkareng, Kebon Nanas dan Pintu Air Ciliwung) merupakan ulah hantu yang sama atau tidak. Atau mungkin mereka hantu yang berbeda namun kebetulan memiliki nama yang sama. Kalo menurut sobat hantupedia gimana? salam ngeri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here