Fenomena Seram: Legenda Mayat Berjalan di Tanah Toraja

0
2391

Fenomena seram – Sobat hantupedia pasti tahu lah tentang sosok menyeramkan yang suka makan daging manusia dengan sebutannya ‘zombie’? – dalam karya-karya seni modern termasuk film dan karya sastra, sosok zombie dijelaskan sebagai mayat yang bangkit dari kematian dan berjalan-jalan untuk mencari mangsa. Ternyata legenda mayat berjalan ini tidak hanya ada di luar negeri lho! Di tanah Toraja, ada legenda mayat berjalan dalam ritual yang disebut Ma’nene.

Apa itu ritual mayat berjalan Ma’nene

Bagi masyarakat Toraja, kematian merupakan suatu hal sakral yang harus melalui prosesi yang benar sesuai adat istiadat. Selain prosesi pemakaman rambu solo yang diberlakukan saat penguburan jenazah, ada satu ritual lain yang juga menjadi aturan tidak tertulis. Bahkan dalam kehidupan adat Toraja, status berakhirnya pernikahan pasangan yang ditinggal mati hanya bisa diputuskan setelah ritual ini dilaksanakan.

Misalnya ada suami yang ditinggal mati oleh sang istri. Maka secara adat Toraja, status mereka masihlah suami istri yang sah. Ketika proses ritual ma’nene selesai dilakukan oleh suami. Maka status sang suami sudah berubah menjadi bujang dan diperbolehkan untuk menikah kembali.

ritual ma'nene di tanah toraja

Ritual ini merupakan ritual dimana jasad orang yang telah meninggal diambil dan dikeluarkan dari tempat persemayamannya. Lalu jasad orang itu diganti busananya dengan yang baru. Ritual ini dipercaya oleh orang-orang tanah toraja sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang telah meninggal. Dalam ritual ma’nene ini jasad mereka yang sudah mati dirias dan diberi pakaian bagus serta akan dikelilingi banyak sanak saudara dan handai taulan yang menyanyikan lagu adat ma’ badong.

Lagu ma’ badong sendiri merupakan sebuah gerak-gerakan dan nyanyian yang mengekspresikan kesedihan dan ratapan-ratapan duka untuk mendiang. Selain itu dilantunkannya lagu ini bertujuan sekaligus memberikan semangat dan ketabahan bagi keluarga mendiang yang ditinggalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here