Berani Coba Main Petak Umpet Seram Ini? (Resiko Tanggung Sendiri)

0
935

Petak umpet seram – Mungkin bila mendengar permainan petak umpet, yang terbayang dikepala kita adalah permainan asyik kala kita masih kecil dimana kita akan berusaha mencari tempat persembunyian aman yang sulit ditemukan teman kita yang mendapat jatah jaga/menemukan kita. Tentu ini adalah hal yang sangat menyenangkan dan asyik untuk dilakukan. Namun apa jadinya bila bukan bersama teman-teman sebaya kita memainkannya, namun dengan hantu? pasti permainan petak umpet tersebut bukan menyenangkan, malah akan menjadi horor.

Lah emangnya ada main petak umpet bersama hantu? Ada! – Ada satu permainan petak umpet seram yang terkenal dikalangan masyarakat Jepang. Permainan petak umpet ini dinamakan Hitori Kakurenbo. Tim Hantupedia berhasil mengumpulkan banyak sumber terpercaya yang kemudian menjelaskan tentang permainan menyeramkan yang satu ini.

petak umpet seram bersama hantu hitori kakurenbo dari Jepang

Hitori Kakurenbo mirip ritual Jelangkung di Indonesia?

Banyak sumber yang telah tim hantupedia temui mengatakan bahwasanya permainan ini pada dasarnya mirip jelangkung. Dimana tujuan sebenarnya adalah untuk memanggil dan berkomunikasi dengan roh untuk suatu hal atau keperluan. Media yang digunakan adalah boneka seperti layaknya jelangkung. Dalam jalangkung boneka yang digunakan biasanya terdiri dari batok kelapa dan beberapa kayu yang dibentuk menyerupai tubuh manusia. Hal ini sebagai media untuk dirasuki oleh roh tersebut.

Yang menjadi perbedaan antara Hitori Kakurenbo dan Jelangkung di Indonesia adalah efek lanjutan setelah roh yang terpanggil merasuki boneka tersebut. Biasanya jalangkung hanya membuat gerakan ringan yang membentuk tulisan, dan bentuk komunikasinya hanya sebatas itu. Lain dengan Hitori Kakurenbo. Outcome dari ritual ini bahkan bisa membuat boneka yang dirasuki mengeluarkan suara-suara mengerikan dan bahkan bergerak dengan liar.

Banyak orang Jepang percaya bahwa sebenarnya Hitori kakurenbo ini hanya akan memanggil roh jahat atau roh gentayangan yang memiliki dendam semasa hidupnya. Itulah kenapa ritual ini lebih menyeramkan dan berbahaya bila dilakukan.

Cara bermain petak umpet Hitori Kakurenbo?

Tim akan memaparkan beberapa cara yang dianggap sebagai syarat untuk memainkan permainan ini. Tapi yang jelas, kami tidak menyarankan untuk secara gegabah dan melakukannya dengan sembarangan, mengingat resiko dan konsekuensinya yang berbahaya. Adapun cara dan ketentuan bermain petak umpet Hitori Kakurenbo adalah sebagai berikut:

  • Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk bisa bermain permainan ini. Anda harus menyiapkan sebuah boneka (bentuknya bebas), seutas benang berwarna merah menyala, tetesan darah. Tidak disebutkan dalam penjelasan sumber yang menceritakannya apakah itu darah manusia atau hewan, tapi ada sumber yang menyatakan bahwa darah itu adalah darah anda yang akan bermain, beberapa potongan kuku (sebagai alternatif dari darah), beras secukupnya, air garam, dan benda tajam.
  • Untuk melakukan permainan ini, anda harus berada di rumah yang kosong dan tertutup dengan pencahayaan minim. Tidak diperbolehkan seorangpun yang tidak ikut bermain masuk ke rumah tersebut.
  • Beri sayatan kecil pada badan boneka itu dan masukkan beras beserta darah atau potongan kuku yang telah disiapkan tadi. Lalu kemudian jahit rapat kembali dengan benang merah menyala tadi.
  • Berikan nama untuk boneka tersebut (bebas). Lalu selanjutnya ucapkan sebanyak tiga kali “(nama anda) yang mendapat giliran jaga pertama kali” dan lemparkan boneka tersebut ke bak mandi, wastafel atau baskom yang sudah diisi oleh air
  • Beranjaklah dari tempat anda berada dan kembalilah beberapa saat kemudian dengan membawa benda tajam yang sudah disiapkan tadi. Kemudian pegang boneka tersebut dan tusuk-tusuklah dengan benda tajam tadi sembari berkata “ketemu! Aku menang sekarang!”
  • Setelah itu ucapkan “sekarang (nama boneka yang sudah diberikan tadi) yang jaga! aku akan bersembunyi” – lempar boneka tadi ke bak/ wastafel/ baskom yang berisi air dan pergilah bersembunyi.
  • Permainan petak umpet seram hitori Kakurenbo-pun akan dimulai.

Hal-hal aneh yang akan terjadi kepada anda setelah itu?

Banyak sumber tim hantupedia yang mengatakan bahwa setelah melakukan rangkaian syarat diatas, kejadian menyeramkan akan dimulai setelahnya. Hal-hal yang terjadi sangatlah beragam. Ada kasus dimana ketika anda bersembunyi, anda akan mendengar suara-suara gaduh seperti perabot yang bergeser atau jatuh, suara langkah kaki yang terdengar jelas, channel atau saluran televisi yang berganti sendiri, bahkan dalam beberapa kasus anda bisa saja mendengar suara yang berteriak-teriak dengan penuh amarah mengancam anda agar keluar dari tempat persembunyian.

Bila hal-hal menyeramkan itu terjadi. Banyak dari sumber tim Hantupedia yang mengingatkan dengan sangat agar JANGAN sekali-kali menengok, mengintip atau malah keluar dari tempat persembunyian anda. Karena bila sampai boneka tersebut menemukan anda, anda akan mendapatkan perlakuan sama, yakni akan ditusuk-tusuk oleh boneka tersebut tanpa ampun, seperti anda menusuknya sebelumnya.

Bagaimana bila kita tidak menggunakan benda tajam, tapi benda yang tidak membahayakan? – Ada dua pendapat pada pertanyaan ini. Ada sebagian sumber mengatakan bahwa bisa saja kita menggunakan benda yang tidak berbahaya untuk menusuk. Tetapi beberapa sumber lain mengatakan bahwa ada kemungkinan juga roh jahat yang berada dalam tubuh boneka itu akan merasuki dan menguasai anda.

Cara menyelesaikan permainan petak umpet menyeramkan ini?

Untuk mengakhiri permainan petak umpet seram ini, anda tidak bisa sekonyong-konyong berkata “aku berhenti ah!’ seperti ketika anda bermain petak umpet waktu kecil dulu. Yang perlu anda lakukan adalah mengambil air garam yang telah anda siapkan tadi dan mencari keberadaan boneka tersebut. Nah, disini anda harus sangat berhati-hati dan siap siaga, karena salah-salah anda bisa disergap kemudian ditusuk-tusuk atau dirasuki oleh roh yang mendiami boneka tersebut.

Ketika anda sudah menemukan boneka tersebut. Semburlah bonekanya dengan air garam yang anda bawa tadi kemudian bakar bonekanya hingga tak bersisa. Dengan begitu permainan petak umpet ini akan berakhir dengan sendirinya. Bagaimana? sobat hantupedia berani nyobain? :v

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here