Wewe Gombel, Hantu Penculik Anak Kecil

wewe-gombel-hantupediaOrang tua biasanya melarang anaknya keluar rumah ketika sudah petang. Di masyarakat Jawa, hal ini dipercaya karena ada hantu yang suka menculik anak kecil yang keluyuran ketika petang sudah tiba. Sobat hantupedia, tahukah kalian hantu apa itu? Ya, wewe gombel atau banyak orang yang sering menyebutnya kolong wewe. Menurut mitos orang Jawa, terutama Jawa Tengah, wewe gombel memang suka menculik anak kecil. Bahkan, ada juga yang menyebutkan kalau wewe gombel juga suka menakut-nakuti ibu-ibu.

Asal-Usul Wewe Gombel

Dari banyak buku literatur, asal usul wewe gombel adalah hantu yang berasal dari roh wanita yang bunuh diri dan meninggal dunia. Ia memilih bunuh diri karena dikejar warga setelah membunuh suaminya yang ketahuan selingkuh. Berdasarkan cerita, suaminya selingkuh karena ia tak bisa memberi anak. Lalu, kenapa bisa disebut wewe gombel? Konon, asal mula keberadaan wewe gombel ada di bukit Gombel, Semarang yang mana merupakan wilayah kerajaan makhluk ghaib.

Wujud Wewe Gombel

kolong-wewe-hantupediaLalu, bagaimana wujud wewe gombel itu? Tidak ada yang tahu pasti wujud sebenarnya dari hantu wewe gombel ini karena anak yang diculik oleh hantu ini akan mengalami halusinasi dan tidak ingat apa yang terjadi sehingga tidak bisa menceritakan kepada siapapun tentang wujud wewe gombel. Namun, dari banyak buku literatur yang mengulas tentang hantu, disebutkan kalau wewe gombel adalah hantu wanita yang memiliki buah dada yang besar dan panjang menjuntai seperti pepaya.

Dugaan Adanya Wewe Gombel

Berita tentang wewe gombel memang sering terdengar di daerah Jawa Tengah. Selain Semarang yang menjadi asal-usul wewe gombel, hantu ini juga diyakini ada di Klaten, Solo, Wonogiri, dan Yogyakarta. Lalu, apakah wewe gombel benar-benar ada? Atau hanya mitos untuk menakut-nakuti anak agar tidak keluar malam? DI Klaten, tepatnya di dusun Jiwo, kelurahan Trotok, kecamatan Wedi, pernah ditemukan BH dengan ukuran yang besarnya tidak wajar. 18 BH itu ditemukan di sebuah jemuran warga. Sebelumnya juga pernah ditemukan 17 BH dengan ukuran yang tidak wajar. Konon tempat jemuran itu adalah kerajaan para makhluk halus. Benarkah BH itu milik wewe gombel?

Wewe Gombel Suka Menculik Anak Kecil

“Ojo kluyuran nek wes wengi! (Jangan keluyuran kalau sudah malam!)” Begitulah nasehat orang tua khususnya di wilayah Jawa. Orang tua menakuti anaknya dengan cerita wewe gombel yang suka menculik anak kecil. Konon, anak kecil yang diculik wewe gombel akan diberi makan kotoran.  Mendengar cerita seperti itu, anak kecil pasti takut dan nurut dengan orang tua.

Lalu, bagaimana kalau si anak benar-benar diculik wewe gombel? Masyarakat Jawa percaya jika anak diculik wewe gombel, maka harus melakukan ritual mengembalikan anak dengan cara mengelilingi kampung atau rumah 7x  dan menabuh tampah (nampan besar) sambil bernyanyi berulang-ulang “blek-blek ting (sebut nama anak) munculo (keluarlah)”. Entah benar atau tidak tentang hantu wewe gombel ini, lebih baik jangan keluyuran malam terutama anak kecil.