Urban Legend Kakek Sapu, Kemunculan Makhluk Halus atau Orang Iseng?

Bagi para pengendara bus maupun truk yang sudah sering melintasi Bojonegoro dari arah Ngawi menuju Lamongan, Pasti sudah tidak asing dengan satu cerita misteri lokal di daerah tersebut. Tepatnya di sekitar Kecamatan Balen di perempatan jalan luar kota. Cerita itu adalah urban legend kakek sapu yang sudah terdengar gaungnya di seputaran jalur jalan raya Balen, Babat hingga Patung Sapi. Apa sih sebenarnya yang terkenal dari urban legend ini? Simak ulasan tim hantupedia tentang hal itu disini deh.

Urban Legend Kemunculan Kakek Sapu, Makhluk Halus atau Orang Iseng

Urban Legend kakek sapu, sebagai kemunculan makhluk halus atau orang iseng?

Banyak dari penuturan orang-orang yang pernah menjadi saksi dari kelakuan kakek sapu yang ada dalam urban legen Bojonegoro ini. Biasanya dia muncul sekitar tengah malam dan waktu-waktu dini hari ketika suasana jalan sangat nyenyat dan sepi. Banyak orang-orang yang sedang mencari rezeki di sekitar lokasi kemunculan kakek sapu ini, seperti penjual makanan, tukang ojek, tambal ban dan lainnya yang menyaksikan sendiri munculnya sosok misterius ini.

Ketika jam sudah melewati tengah malam, dan sayup-sayup terdengar suara srek srek srek dari sapu lidi yang menyapu-nyapu jalan memecah keheningan. Maka bisa dibilang, kakek sapu akan muncul. Banyak orang di sekitar sana yang menuturkan bahwa mereka tidak habis pikir dari mana kakek itu datang. Sosok itu tiba-tiba muncul di tengah jalan sambil menyapu-nyapu jalanan. Yang disapu olehnya adalah tebaran bunga-bunga yang berceceran di tengah jalan.

Anehnya kakek itu seperti tidak takut tertabrak kendaraan yang melintas daerah tersebut. Dia dengan santai melakukan aksi menyapu kembangnya tanpa ada rasa khawatir. Setelah beberapa saat, sosok itu dengan seketika lenyap dari lokasi tersebut seperti di telan oleh angin. Tanpa jejak apapun. Terlepas dari kisah seram urban legend kekek sapu tersebut, banyak orang yang berspekulasi bahwa itu merupakan pekerjaan orang iseng yang bertujuan untuk melekukan tindak kejahatan terhadap pengemudi yang melintasi jalan tersebut.

Lalu bukannya itu merupakan perbuatan yang sembrono dengan tanpa sebab menaburkan bunga-bunga di jalan untuk disapu guna mengganggu atau berbuat jahat kepada pengemudi yang kebetulan melintas? Bagaimana bila orang itu tertabrak? – meski begitu masih banyak kejadian-kejadian aneh berkaitan dengan urban legend kakek sapu ini yang tidak bisa di nalar oleh akal sehat.

Kakek sapu sebagai penyebab kecelakaan dan pertanda malapetaka

Cerita urban legend kakek sapu yang dibicarakan dari waktu ke waktu oleh banyak orang ini kemudian menciptakan semacam kepercayaan dalam benak penduduk sekitar. Bahwa kemunculan kakek sapu sebenarnya adalah tanda dan peringatan akan datangnya sebuah malapetaka di daerah tersebut. Untuk itu, banyak orang Bojonegoro kemudian secara rutin menaruh sesajen di sekitar daerah munculnya makhluk yang dipercaya sebagai lelembut ini.

Selain kepercayaan-kepercayaan yang muncul dalam masyarakat itu. Kemunculan kakek sapu juga dikait-kaitkan dengan banyak peristiwa laka-lantas yang terjadi di daerah tersebut. Banyak pengemudi yang dikejutkan dengan kemunculan kakek itu. Dan walhasil mereka kehilangan kontrol dari kemudi dan mengalami kecelakaan.

Ada pula sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa biasanya ketika waktu malam kakek sapu muncul di sekitar jalan tersebut. Maka dipastikan keesokan harinya akan terjadi kecelakaan di jalan sekitar situ pula. Dan itu bukanlah kecelakaan yang biasa, namun kecelakaan yang cukup memilukan. Tim hantupedia sudah menyatroni daerah tersebut berulang kali dalam beberapa malam. Namun, disayangkan kami tidak bisa menyaksikan secara langsung sepak terjang dari sosok misterius yang dikenal dengan sebutan kakek sapu ini. Semoga kita selalu dijaga oleh Tuhan yang maha agung!