Tuyul

tuyulSosok makhluk astral ini sudah dikenal luas dalam kehidupan masyarakat Nusantara. Banyak yang mempercayai bahwa asal-usul hantu yang satu ini adalah dari janin bayi yang keguguran sebelum lahir.

Sosoknya secara umum dikenal oleh masyarakat Indonesia menyerupai anak kecil dengan kepala gundul yang senang bermain. Hantu yang satu ini memiliki kebiasaan mencuri benda-benda orang lain, yang mana kemudian disalah gunakan oleh manusia untuk melakukan niyat jahat. Yaitu mencuri uang.

Sosok dan penggambaran hantu ini memiliki banyak versi diberbagai daerah di Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa sosok ini memiliki fisik anak kecil, namun berwajah orang tua. Ada yang menyebutkan pula versi yang kecil mungil dengan badan merah darah. Dilain versi ada yang mengatakan bahwa sekujur tubuh makhluk ini berwarna pucat pasi.

Makhluk gaib satu ini bahkan telah dibuat dalam versi Televisi Seri yang tayang ditahun 90an dengan judul Tuyul dan Mbak Yul yang menceritakan tentang tuyul yang ditolong oleh manusia bernama Yulia dari hukuman raja Tuyul karena tidak mau melaksanakan tugasnya, yakni mencuri uang.

Menurut kepercayaan banyak orang, untuk menangkal dan mencegah tuyul untuk mencuri harta benda adalah dengan menyiapkan baskom berisi air dan kepiting. Banyak orang percaya bahwa sosok ini sangat suka bermain-main dengan kepiting, sehingga bisa lupa dengan tugasnya untuk mencuri.

Artikel terkait: Pohon tuyul keramat, Cara menangkal tuyul, Hantu yang mulai punah