Tempat Horor di Jogja: Balai Yasa Pengok Jalan Kusbini yang Menyeramkan

Tempat horor di Jogja – Bagi sahabat hantupedia yang gemar traveling atau melancong ketempat-tempat yang baru dan unik. Pastinya tidak merasa asing dengan satu jenis transportasi yang menggunakan rel ini. Kereta, sepertinya telah menjadi satu alat transportasi yang cukup digemari oleh banyak orang selain menawarkan harga yang murah, pelayanan yang didapatkan juga cukup memuaskan. Lalu apakah kalian tahu kemana sebuah kereta diperbaiki ketika mengalami kerusakan?

Kereta yang mengalami kerusakan atau membutuhkan maintenance biasanya akan diarahkan ke sebuah balai khusus penanganan kereta api. Salah satu lokasi balai tersebut terletak di daerah Yogyakarta, yakni Balai Yasa di Seputaran Jalan Kusbini.

Foto tampak depan balai Yasa Pengok Jalan Kusbini

Foto tampak depan balai Yasa Pengok Jalan Kusbini

Mungkin sahabat hantupedia yang sedang mengenyam ilmu di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, AA YKPN atau UKDW mungkin sudah sering melintas dijalan ini. Hal ini karena lokasi balai Yasa ini berada sangat dekat dengan ketiga kampus tersebut.

Balai Yasa ini sendiri sudah berdiri kokoh di daerah itu sejak tahun 1959. Sehingga tak ayal arsitektur dari Balai ini cukup tua dan memberikan aura yang cukup mistis. Terlebih sepanjang jalan Kusbini itu sendiri banyak berdiri kokoh pula pohon-pohon kenari dan beringin yang entah sudah berumur berapa tahun yang rindang menaungi jalan itu. Bila sahabat melintasi Jalan ini di siang hari, maka mungkin anda tidak akan merasakan hal yang aneh, karena ada beberapa pedagang dawet ayu yang menjajakan dagangannya disitu. Namun jika malam telah datang, keadaan berubah total. Jalan Kusbini itu terlihat sunyi senyap dan mencekam.

Usut punya usut ternyata balai Yasa Pengok, Jalan Kusbini ini menurut banyak orang disebut-sebut sebagai satu diantara banyaknya tempat horor di Jogja. Ada beberapa kejadian yang bisa membuat kita bergidik ketakutan.

Lokomotif yang menyala dan bergerak dengan sendirinya

maintenance-lokomotif-balai-yasa-jalan-kusbini

Tim Hantupedia beberapa waktu lalu sempat bertanya kepada salah satu petugas di Balai Yasa Pengok ini. Kami berusaha untuk membuktikan desas-desus apakah benar Jalan Kusbini ini merupakan tempat horor di Jogja atau tidak? – beberapa petugas menolak dengan halus kepada kami, namun setelah mendesak beberapa petugas lainnya, ada satu yang mau angkat bicara.

Sumber tersebut mengatakan bahwa ada beberapa kejadian tidak masuk diakal yang memang sering terjadi di Balai Yasa ini. Salah satunya adalah kejadian lokomotif yang menyala dan bergerak sendiri tanpa ada masinis yang mengoperasikannya dari balik kemudi. Selain itu, ketika malam hari kadang ada suara-suara orang melempar sesuatu dari balik jendela kantor Balai Yasa. Namun ketika dicek kembali, mereka tidak bisa menemukan orang yang melempar itu.

Lokomotif jalan sendiri dan suara-suara gaib yang iseng sih mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari untuk kita mas, yang penting sih kita tidak mencoba untuk menantang mereka – ucap salah satu petugas yang bekerja disitu

Suara tangis kuntilanak yang memilukan dipepohonan Kenari

Selain suara-suara mistis yang menghantui para pekerja di Balai Yasa tersebut, ada banyak lagi kejadian lain yang tak kalah menyeramkan. Hal ini membuktikan bahwa balai Yasa ini merupakan satu tempat horor di Jogja. Dari beberapa kesaksian warga sekitar yang tinggal di area dekat Jalan Kusbini. Mereka mengatakan bahwa terkadang ketika keadaan jalan itu sudah singup dan senyap (biasanya lewat tengah malam) dan mungkin kebetulan sedang terjaga. Mereka bisa mendengar sayup-sayup suara tangis sesengukan di area tersebut.

Ya saya tidak bermaksud menakut-nakuti sih mas, bisa saja itu adalah anak tetangga yang menagis… tapi bila di nalar dengan akal sehat, siapa sih yang membiarkan anaknya menangis sesengukan diwaktu-waktu sunyi seperti itu? – tegas salah satu warga di area jalan Kusbini

Tim Hantupedia juga berhasil mendapatkan informasi tambahan tentang Keangkeran Balai Yasa Pengok Jalan Kusbini ini. Ibu Ayu (Nama samaran) mengatakan bahwa sejak dulu daerah Jalan Kusbini itu memang terkenal sebagai spot orang bunuh diri. Banyak kasus gantung diri yang terjadi disekitaran jalan Kusbini tersebut. Daerah tepatnya adalah setelah pertigaan jalan Munggur setelah kantor Kecamatan Gondokusuman yang terletak tak jauh dari Jalan Kusbini.

Hal ini juga berkaitan dengan salah satu kisah pengalaman dari satu sumber yang telah menceritakan kisah perjalanan astralnya disini. Pertanyaannya adalah, mungkinkan suara tangisan memilukan yang sering didengar oleh warga sekitar jalan Kusbini tersebut adalah arwah-arwah para korban bunuh diri yang bersemayam didaerah itu? Tidak ada yang mengetahui hal itu dengan pasti.

Sahabat Hantupedia, memang banyak sekali sih tempat horor di jogja dan tempat-tempat mistis yang banyak dibicarakan oleh khalayak ramai di Kota istimewa ini. Adapun kita sebagai manusia hanya bisa berusaha sebaik mungkin mendekat dengan Tuhan dan berdoa agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.