Sosok Misterius “Mbah Atin” Pembawa Malapetaka dalam Kepercayaan Jawa

Hujan Deras mengguyur Yogyakarta kali ini. Sungai-sungai meluap dan menghancurkan beberapa jembatan penghubung yang menjadi akses di Yogyakarta. Mungkin dari Institusi resmi negara telah mengabarkan hal ini adalah murni peristiwa alam yang disebut badai Cempaka. Namun beberapa dari masyarakat masih mempercayai tentang unsur gaib yang menyelimutinya. Dalam kepercayaan Jawa yang kental di Yogyakarta, selain legenda Nyi Roro Kidul ada banyak pula sosok misterius lainnya yang dianggap sebagai dalang dibalik banyak bencana yang terjadi. Salah satu yang cukup fenomenal adalah Mbah Atin.

Siapakah Mbah Atin itu?

Sobat hantupedia yang tinggal di daerah-daerah pinggiran Yogyakarta dan Jawa Tengah dimana hiruk pikuk kota belum terlalu merambah kearifan lokalnya, pasti paling tidak pernah mendengar cerita tentang siapakah mbah Atin ini? – Cerita tentang sosoknya sudah kian melegenda dalam kepercayaan jawa sebagai sosok misterius yang dianggap sebagai pertanda sebuah bencana yang akan melanda.

sosok misterius mbah atin dalam kepercayaan jawa sering dikaitkan dengan bencana dan kematian seseorang

Dalam kepercayaan Jawa, sosok mbah Atin bisa dikenali dari ciri-cirinya yang tampak sebagai wanita tua renta yang memakai busana yang cukup mencolok. Yakni kebaya berwarna kuning dengan renda-renda sembari menenteng tas hitam. Di Jawa, sosoknya sering dikait-kaitkan sebagai pertanda sebuah kejadian buruk atau bencana akan terjadi di tempat tersebut. Tiada orang yang tahu darimana sebenarnya asal dari sosok misterius Mbah Atin itu sendiri, pula tak ada yang mengerti kenapa dia sering menampakkan diri di suatu tempat yang tak lama kemudian terjadi bencana.

Mbah Atin Sang Sosok Misterius Pencabut Nyawa? 

Dalam kehidupan masyarakat jawa dan kepercayaan jawa, sosok misterius mbah Atin ini sendiri sering dikaitkan dengan ujaran:

Mbah Atin dugi wayah sripah (Nenek Atin datang kala kematian)

Hal inilah yang menjadikan sosok Mbah Atin acapkali dikaitkan dengan meninggalnya seseorang. Kepercayaan Jawa ini sudah mendarah daging. Terutama di daerah di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Hal ini karena banyak kasus dimana seseorang yang bertemu dengan sosoknya kemudian keesokan hari meninggal dunia. Di daerah Kabupaten bantul, Yogyakarta misalnya. Seorang anak kecil bercerita kepada ibunya bahwa di dalam mimpinya dia didatangi oleh sosok wanita tua yang memiliki ciri seperti Mbah Atin. Sosok misterius dalam mimpi itu mengajaknya jalan-jalan sembari memberikan jajanan pasar yang terbungkus daun pisang. Di sore harinya anak kecil tersebut ditemukan oleh warga tewas terbawa arus sungai.

nenek atin atau mbah atin yang sosok misterius nya dianggap sebagai pertanda bencana dan kematian dalam kepercayaan jawa

Dipercaya sebagai orang gila atau Psikopat pelaku ilmu hitam? 

Selain dipercaya sebagai sosok mengerikan pembawa bencana dan pencabut nyawa. Nenek Atin juga dipercaya pula sebagai seorang wanita tua gila atau psikopat yang mempraktikkan ilmu hitam. Tak sedikit dari masyarakat menyimpulkan. bahwa pada dasarnya memang sosok nenek tua ini merupakan orang dengan gangguang mental yang suka membunuh orang. Dimana hal ini kemudian disalah artikan. beberapa narasumber yang telah tim hantupedia tanyai menyatakan bahwa mereka percaya figur wanita tua yang dipanggil Atin ini sebagai psikopat tua gila. Ataupun orang yang mempraktikkan ilmu hitam yang mengharuskan dia membunuh seseorang. Percaya nggak percaya sih! Kalo menurut sobat Hantupedia sendiri gimana?