Sadikem: Cerita Mistis Hantu Seram Wanita Penunggu Jembatan Jiwan Madiun

Kiri mas – kata seorang wanita penumpang sebuah bus malam yang melintas di jalan raya Magetan-Madiun. Supir bus itu hanya bisa menahan diri dari rasa takut diantara kucur keringatnya yang deras. Dan pula kondektur yang tak berani menarik bayaran sepeserpun darinya. Wanita itu meminta turun di sebuah jembatan yang oleh orang setempat dinamakan jembatan Jiwan. Tak banyak orang tahu bahwa jembatan ini menyimpan sebuah legenda, cerita mistis hantu seram sosok wanita yang bernama Sadikem.

Mengenal Sosok Sadikem, hantu seram wanita penunggu Jembatan Jiwan

Siapa sih sebenernya Sadikem ini? – hantu wanita yang sering terlihat nongkrong di seputaran Jembatan Jiwan ini memiliki beberapa versi cerita yang cukup kelam. Cerita yang paling terkenal, Sadikem dahulu kala sebenarnya adalah seorang wanita jelita yang belum genap seminggu menikah. Dalam kebudayaan jawa ada semacam larangan yang dinamakan tradisi Sepasaran. Tradisi ini berisi larangan kepada para pengantin baru agar mereka tidak pergi ke sungai atau tak mendekati sungai sebelum genap seminggu (sepasaran dalam bahasa jawa) setelah pernikahan. Hal itu dipercaya akan membawa malapetaka kepada pengantin tersebut dalam bentuk sawan atau kutukan, dan bahkan kematian. Sadikem adalah wanita malang yang terkena hal tersebut.

Hand reaching out of deep water, focus on water splash

Dalam beberapa penuturan warga setempat. Konon Sadikem kalep (tenggelam) secara misterius di sungai bakung, tepat di bawah jembatan Jiwan itu. Kematian aneh itulah yang kemudian membuat arwah Sadikem tak tenang dan bergentayangan. Membuat resah warga sekitar area tersebut. Menurut warga sekitar, kemunculan sosok hantu seram sadikem memiliki sisi pilu tersendiri. Karena pada dasarnya dia menampakkan diri dan mengganggu orang yang melewati daerah itu karena mencari-cari suaminya tercinta.

Versi kisah lain tentang asal usul hantu sadikem

Selain kisah diatas, ternyata ada beberapa versi lain yang dipercaya sebagai asal usul dari munculnya hantu Sadikem ini. Ada yang mengatakan bahwa Sadikem sendiri sebenarnya adalah seorang wanita dari Malang, Jawa Timur yang diperkosa oleh sekumpulan lelaki bejat. Setelah kejadian nahas itu menimpa dirinya, dia dihabisi dan mayatnya dibuang ke sungai bakung.

Cerita Mistis Hantu Sadikem yang terkenal bagi para Supir bus malam 

Mungkin hanya beberapa supir bus malam yang melintas, tukang ojek dan warga sekitar saja yang familiar dengan cerita mistis tentang hantu wanita bernama Sadikem ini. pengendara motor dan mobila yang berlalu-lalang di sekitar daerah Jembatan Jiwan ini sudah biasa bila suatu malam ketika melintas di dekat situ akan melihat sosok wanita yang melambaikan tangan sembari tersenyum. Terkadang dengan wajah cantik dan kadang juga terlihat dengan wajah menyeramkan.

Cerita Mistis Hantu Seram Sadikem Wanita Penunggu Jembatan Jiwan Madiun

Hantu Sadikem dan beberapa kasus kecelakaan nahas

Jalan Raya Madiun-Magetan di seputaran Jembatan sungai bakung itu kerap kali terjadi kecelakaan. bahkan suatu ketika pernah terjadi kecelakaan bus nahas beruntun yang menewaskan hampir semua penumpang di dalamnya. Ketika supir bis tersebut dimintai keterangan, dia mengaku bahwa secara tiba-tiba muncul sosok wanita yang melintas di depan jalan. Supir yang kaget kehilangan kendali pada bus yang dikemudikannya dan walhasil terjadilah kecelakaan. Untuk itulah sosok hantu Sadikem ini sering kali dikait-kaitkan dengan banyak kasus kecelakaan yang terjadi di daerah tersebut.

Pengakuan warga tentang teror hantu gentayangan Sadikem 

Tak cukup hanya mengganggu para pengguna jalan di area jembatan Jiwan yang terletak di perbatasan daerah Madiun dan Magetan hingga menyebabkan kecelakaan maut. Hantu gentayangan Sadikem ternyata juga meneror warga sekitar lebih ekstrim lagi. Dari hasil penuturan warga yang tim hantupedia temui mengatakan bahwa bahkan hantu seram sadikem kerap kali mendatangi rumah-rumah warga. Teror berupa suara-suara tangisan dan sosok penampakan sering menjadi alasan para warga sekitar untuk tidak keluar rumah. Mereka percaya bahwa Sadikem lah yang ada dibalik semua itu.

Nah, jadi itulah sedikit informasi mengenai cerita mistis sosok hantu seram berwujud wanita yang dinamai Sadikem. Jadi kalo misalnya sobat hantupedia lewat malem-malem di Jembatan Jiwan jalan Raya Madiun-Magetan terus tiba-tiba ada wanita cantik yang hendak minta tumpangan, harap hati-hati ya! Jangan-jangan itu adalah Sadikem! hiii…