Pocong

pocongPocong adalah salah satu hantu yang dikenal luas dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hantu ini dikenal dengan sosoknya yang mirip “guling” yang pada dasarnya merupakan kain putih yang membungkus mayat. Banyak pula yang menengarai hantu ini dengan nama hantu bungkus.

Dalam banyak kepercayaan masyarakat Indonesia yang beraneka ragam suku dan budaya. Penggambaran sosok pocong sendiri sangatlah variatif. Di beberapa daerah di Indonesia ada yang mengatakan bahwa pocong memiliki wajah keriput dan busuk yang hampir menyerupai tengkorak. Namun masih memiliki daging yang terbungkus kain putih. Di beberapa daerah lain ada pula yang menyatakan wajah pocong berwarna hijau dengan mata yang hitam. Beberapa daerah lainnya ada pula yang menyatakan wajah sosok ini berupa wajah seseorang yang lubang hidung dan mulutnya disumpal dengan kapas.

Masyarakat Indonesia percaya bahwa sosok hantu pocong ini adalah penjelmaan dari arwah orang meninggal yang telah dikuburkan namun terlupa dibukakan ikat kafannya. Biasanya hantu pocong ini berkeliaran dengan melompat-lompat, namun ada juga yang menggambarkan hantu ini melayang-layang diudara ketika menakut-nakuti orang.

Sosok hantu pocong ini telah menjadi inspirasi dari berbagai karya seperti film, komik, dan buku sehingga menjadi sosok hantu yang cukup populer dikalangan masyarakat dan diakui eksistensinya secara luas.

Artikel terkait: Bertemu pocong, Vampir vs Pocong, Hantu pocong OSPEK, Pocong Andong