Pied Piper of Hamelin – Cerita Dongeng Disney dengan Sejarah Kelam

Bagi sobat hantupedia yang gemar dengan film-film dan karya kartun serta animasi dari Walt Disney, tentu anda familiar dengan satu seri kartun yang termasuk dalam himpunan kartun ciptaan Walt Disney dengan judul Silly Symphony. Proyek Disney ini dibuat dalam rentan waktu satu dekade dari tahun 1929 hingga 1939 dimana didalamnya terdiri dari lebih dari 70 karya kartun musikal. Ada beberapa kartun di dalam Silly Symphony yang diangkat dari kisah rakyat atau cerita dongeng. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini, yakni The Pied Piper of Hamelin. Bagi yang belum pernah melihat kartun ini bisa cek videonya dibawah deh:

Secara ringkas, kartun itu bercerita tentang seorang pemusik seruling yang membantu sebuah desa bernama Hamelin untuk menyingkirkan hama tikus yang menyerang mereka. Dia melakukannya tidak secara cuma-cuma. Melainkan untuk mendapatkan sekantung emas dari kepala desa. Namun pemain musik itu dikhianati dan akhirnya membalas dendam dengan menyingkirkan pula semua anak-anak kecil di desa tersebut.

Cerita dongeng The Pied Piper of Hamelin dalam serial Disney Silly Symphony diatas digambarkan penuh dengan hal indah. Tikus-tikus yang dihilangkan dari desa berakhir bahagia dalam keju imajinasi yang diciptakan oleh irama-irama sang pemusik. Begitu juga anak-anak yang dipikat olehnya, mereka berakhir di ceruk gunung yang membuka dimana di dalamnya terdapat sebuah taman permen dan benda-benda manis lainnya. Mungkin terlihat indah dan menyenangkan. Tapi, sebenarnya cerita dongeng asli dari kartun tersebut yang diangkat dari kisah nyata sebenarnya cukup mengerikan dan kelam.