Ada Pesan Berhantu di WhatsApp?

Beberapa waktu lalu WhatsApp disorot karena penampakan yang “tidak senonoh” di fitur gif-nya. Belum lepas dengan tuntutan penggambaran tidak senonoh itu, menjamur lagi sebuah mallware pengumpul data dengan nama WhatsAppx.org atau WhatsApp biru yang kabarnya mampu mengubah warna tampilan di WhatsApp. Padahal fitur ini sudah ada sejak peluncuran versi terbaru nya. Belum berhenti sampai disana, kehebohan WhatsApp bertambah munculnya pesan horor. Jadi, apakah benar WhatsApp berhantu?

WhatsApp

Heboh di grup

Tanggal 18 Oktober 2017,  disebuah group komunitas disabilitas muncul sebuah pesan berantai yang membuat heboh. Pesan WhatsApp dari orang yang sudah mati. Kontan semua penduduk group bereaksi keras. Mulai yang ketakutan langsung menyebarka  ke teman-teman hingga yang ketakutan dan mengutuk si pengirim pesan.

Pesan tersebut berbunyi:

 

“8/10 16:36 – 🏁Tina📷: Hai kak… nama aku denis umurku 14 tahun ,aku duduk di smp kelas VIII…. tapi syangnya aku udh  tida ada di bumi ini ,aku sudah tiada ,karna aku Menabrak mobil waktu aku balapan sebarkan bc ini ke seluruh kontak kaka… kalau tidak aku akan. datang kekamar kaka dan membunuh kak 

Isi Teror

contohnya: korban pertama : gisel, dia cuma mengirim ke dua kontak , malemnya aku datang ,dn memotong motong jarinyadengan serpihan kaca yg menancap di kepalaku…

korban ke dua : rendi ,hanya menyebarkan pesan ini ke 10 kontak nya ,dan malamnya ,jari kakinya aku gigit sampe putus…..

korban ke tiga karla,menyebarkan ke seluruh kontaknya…dan pada malamnya , aku membawakan leontin yg terbut dari perunggu untuk dia ,dan aku mengucapkan terima kasih …
tolong sebarkan bc ini kaka ,biar orang yg menabrakku ,ketemu dan akan aku peras ususnya……
terima kasih sudah membaca ya kaka ……
semoga aku tenang…setelah kk kirim bc ini ke semua kontak kaka

#aku gamau bunuh kk ,tapi klo kaka ga nyebarin kebseluruh kontak kaka, aku akan kasih kaka berlian ……:sS >:|< #DemiAllahKaka . “FAKTA” saya cuma and rusak nbc

Jam 00.00 nanti ada ratu hitam di sampingmu, dia bru mninggal krna pcran slama hidupnya,dia akan mndatangimu malam ini. dan dlam 5hari orang yg kmu syang akn mendekatimu tpi klo kmu gk krim,ibumu akan mniggal dlam jngka 50hari lgy. sblumnya aq mnta maaf, ak dpat mz ini jga dri orang,aq krim ke kmu krna ak syg bnget cma ibuku,,
INI NYATA SUMPAH AL-QURAN Neruso bc q dan satu lagi jangan ada yang comentl jgn krm blikk(Y)”

Melacak pengirim pertama sangat sulit, karena pesan ini sudah dikirim kembali berkali-kali. Walau bagaimanapun, kehebohan karena pesan tersebut sudah meluas dan meresahkan warga grup tersebut. Si pengirim bahkan mungkin sangat ketakutan hingga rela meneror temannya juga. Untuk itu, mari kita telaah pesan seperti diatas ini.

Hasil telaah pesan

Ada banyak hal janggal yang makhluk haluspun tidak ingin disalah kan dalam pesan berantai.

  1. Jika ini ditulis oleh hantu, pasti hantu ini bukan hantu terpelajar seperti yang dikatakan diatas yang katanya anak SMP.
  2. Katanya paket serpihan, tandanya setan ini berbohong karena mana bisa orang membunuh dengan serpihan kaca.  (Serpihan dan sepotong itu beda arti, om hantu).
  3. Jangan menyebarkan maka akan dapat  berlian  walau rusak juga. Penawaran yang aneh untuk seorang hantu.
  4. Hantu yang satu ini menggunakan kata bahasa Jawa kasar di sela-sela bahasa Indonesia gaul miliknya. Tanda bahwa dia mengalami krisis identitas.
  5. Cukup satu orang whatsapp marketer saja sudah akan membuat hantu satu ini kewalahan. Mereka punya lebih dari 2000 kontak. Kalau terkirim semua, pasti hantu ini akan bingung mana yang akan di ganggu dulu. Mana yang ngirim duluan dan mana yang belum ngirim.
  6. Ratu hitam yang pacaran seumur hidup? Jadi Denis ini ratu hitam, kah? Berarti dari tadi dia berbohong kalau masih SMP.
  7. Membawa nama Tuhan. Walaupun jahat, kejam dan selalu menyesatkan manusia tapi setan dan hantu takut pada Tuhan. Mereka tidak berani menyalahkan atau menggunakan namaNya, karena takut pembalasan sang Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

Kesimpulan

Pesan WhatsApp ini memiliki terlalu banyak kontradiktif. Seperti ditulis oleh orang kurang terpelajar, tanda bahwa pesan ini tak mungkin dikirim oleh hantu. Menurut saya pesan ini hanya prank saja. Nikmatilah tulisan kami lainnya di hantupedia.