Penampakan Hantu Kromoleyo dalam Kepercayaan Orang Jawa

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya budaya. Karena konsepsi keberagaman budaya tersebutlah ada banyak pula kebudayaan dan mitos-mitos yang santer terjadi di antara lingkup masyarakatnya. Sebut saja di Jawa. Banyak mitos yang beredar. Cerita mistis dari penuturan tentang Penampakan hantu atau hal klenik sudah mendarah daging bersama norma masyarakat.

Orang jawa mengenal istilah Memedi sebagai sebutan untuk makhluk halus. Memedi sendiri memiliki kata dasar Wedi yang memiliki makna “takut”. Sehingga hantu dalam budaya jawa terdefinisi sebagai makhluk yang suka menebar ketakutan kepada manusia. Kebanyakan masyarakat Jawa memiliki sistem kepercayaan yang kental terhadap kehidupan sesudah kematian. Dan lewat kepercayaan itulah, terbias sugesti yang menciptakan eksistensi banyak sosok-sosok dan penampakan hantu yang lekat dengan unsur kematiann itu sendiri. Salah satu yang cukup terkenal adalah Kromoleyo. Apa itu hantu kromoleyo, kami akan ulas detailnya disini:

Hantu kromoleyo dan perwujudannya

kromoleyo-penampakan hantu-keranda-mayat-di-tanah-jawa-yang-melegenda

Anda pernah ikut serta mengiringi rombongan prosesi penguburan jenazah? Bayangkan anda sedang dalam perjalanan. Dalam perjalanan itu anda harus melewati jalan panjang yang disamping kanan kirinya ditumbuhi pohon besar yang rindang dan lebat. Sesampainya ditengah jalan panjang yang penuh pepohonan itu, and terhenti oleh rombongan yang menyeberang jalan. Rombongan itu tampak seperti pengiring penguburan jenazah karena mereka memanggul satu keranda mayat yang kemudian masuk di sisi jalan seberangnya. Mereka masuk kedalamnya pohon tersebut kemudian menghilang.

Bila anda Mengalami hal itu, maka kemungkinan anda telah menyaksikan penampakan hantu kromoleyo. Namun bila sahabat Hantupedia jeli. Anda akan bisa merasakan hal aneh pada sosok rombongan jenazah tersebut. Orang-orang yang sedang mengiringi jenazah tersebut terlihat dingin dan tanpa ekspresi. Terlebih tidak ada lantunan ayat-ayat yang biasa dikumandangkan ketika mengiringi jenazah.

Dipercaya membawa peringatan kematian dan pagebluk

Penampakan hantu kromoleyo ini tidak mengganggu dan tidak membahayakan. Konon menurut kepercayaan banyak masyarakat Jawa, kemunculan hantu kromoleyo merupakan pertanda bahwa akan ada warga sekitar yang meninggal. Ada juga yang mengatakan bahwa kemunculan rombongan tersebut merupakan peringatan akan adanya pagebluk (musibah/bencana) yang akan terjadi di daerah tersebut.

Kamuflase/ Cara pencuri menyembunyikan hasil curiannya

Beberapa orang yang tim Hantupedia tanyai ada juga yang berspekulasi bahwa penampakan hantu kromoleyo sebenarnya adalah gerombolan pencuri yang menggunakan aksi tersebut sebagai kamuflase. Mereka menyembunyikan barang-barang curian mereka didalam keranda mayat untuk menakut-nakuti orang yang melihat aksi mereka. Tentu juga ditambah dengan “akting” pura pura diam dan berekspresi datar yang kemudian membuat orang yang melihat lari tunggang langgang.

Kejadian penampakan hantu kromoleyo ini sempat menggegerkan warga dibeberapa daerah di Jawa Tengah di era 90an. Bahkan sempat menjadi bulan-bulanan investigasi para pihak yang berwajib, karena banyak juga kejadian perampokan yang terjadi bersamaan dengan fenomena tersebut. Jadi, sahabat hantupedia mau ikut pendapat yang mana?