Mitos Nyi Roro Kidul – Siapa sih yang tidak mengenal sosok yang bernama Nyi Roro Kidul? Terkhusus masyarakat di area Pulau Jawa dan Bali tentu tahu tentang wanita penguasa pantai selatan ini. Masyarakat mengenal luas figur Nyi Roro kidul ini dalam banyak legenda kuno, mitos dan desas-desus yang banyak beredar di seluruh pelosok tanah Jawa dan Bali. Hingga akhirnya banyak yang menamai dirinya sebagai ratu pantai selatan.

Pekembangan mitologi yang bercampur dengan banyak kepercayaan masyarakat dalam banyak aspek sosial maupun budaya nyatanya telah membuat kisah tentang sosoknya yang legendaris ini simpang siur dan berevolusi dalam beberapa variasi kisah yang banyak terkenal di kalangan banyak orang. Kami akan mencoba mengulas secara detail tentang Nyi Roro kidul dalam artikel kami kali ini.

ada perbedaan antara Nyi roro Kidul dan kanjeng Ratu pantai selatan

Perbedaan Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul

Salah satu kesimpang-siuran kisah-kisah tentangnya. Ada kepercayaan melekat dalam lini kehidupan masyarakat yang menyamakan dua sosok yang sebenarnya benar-benar berbeda. Dua sosok tersebut adalah Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Banyak kalangan masyarakat Jawa salah mengartikan hal ini dan secara umum menyamakan dua sosok tersebut sebagai orang atau figur legenda yang sama. Padahal keduanya memiliki sejarah dan asal usul yang sama sekali berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here