Monster Legenda Jawa: Asu Baung yang Meresahkan Warga

Monster legenda jawa – Sobat hantupedia pernah nonton film monster mitologi folklore terkenal di Eropa yang di namakan werewolf? Banyak lho film-film yang mengangkat cerita tentang hal ini, seperti contohnya Van helsing yang diperankan oleh bintang X-men, Hugh Jackman di tahun 2004an. Ada pula sosok makhluk jadi-jadian ini yang digambarkan lebih modern dalam film seri Twilight yang terkenal dikalangan banyak kawula muda di tahun 2008. Sosok manusia serigala itu sendiri terkesan sangar dan ngeri.

Namun sobat hantupedia tahu nggak kalau bukan hanya di luar negeri saja lho yang punya sosok monster menyeramkan dengan wujud campuran manusia dan anjing? Di berbagai daerah di Indonesia ada lho makhluk mengerikan yang serupa. Sebutlah di pulau yang pada penduduk seperti di Jawa. Di  Jawa monster ini dinamakan dengan istilah Asu Baung. Bagaimana sepak terjang makhluk ini? Cek detailnya deh:

Asu baung oleh sebagian orang dipercaya sebagai makhluk kriptid

Bagi beberapa orang yang skeptis akan hal-hal yang berbau mistis, mereka menduga bahwa asu baung merupakan sejenis hewan yang tidak terdaftar dalam konsensus ilmiah. Mereka meyakini bahwa sosok asu baung itu sendiri bisa disamakan seperti sosok yeti atau big foot yang masih menjadi misteri sampai sekarang. Banyak dari mereka juga berspekulasi bahwa sebenarnya asu baung adalah spesies serigala Jawa yang sudah punah ratusan tahun lalu.

Monster Legenda Jawa Asu Baung yang Meresahkan Warga

Dalam kasus yang menggemparkan tentang isu kemunculan sosok ini di Banyuwangi beberapa tahun yang lalu. Ada banyak sekali pendapat yang berbeda. Ada sebagian masyarakat yang mempercayai bahwa munculnya makhluk ini sebagai indikasi adanya malapetaka atau sebagai peringatan untuk penghuni daerah tersebut. Namun ada beberapa orang pula yang mencurigai bahwa kemunculan monster asu baung yang memakan banyak ternak warga di daerah dusun Segobang, kecamatan Licin dan sekitarnya di tahun 2013 dulu merupakan ulah orang-orang iseng yang ingin memanipulasi bisnis ternak di daerah tersebut.

Kepercayaan masyarakat tentang Praktisi Ilmu Hitam dari sosok Asu Baung

Selain pendapat bahwa asu baung merupakan hewan kriptid atau merupakan ulah dari orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Ada pula sebagian masyarakat bahwa sebenarnya sosok asu baung merupakan sosok perwujudan dari orang yang mempraktikkan ilmu hitam. Orang tersebut akan berubah menjadi sosok manusia anjing yang berkeliaran di malam hari untuk sukses menguasai ilmu hitam tersebut dengan sempurna.

Kepercayaan masyarakat bahwa monster legenda jawa yang dikenal dengan asu baong ini adalah makhluk astral dan praktisi ilmu hitam tidak hanya alasan tanpa landasan. Mereka meyakini hal itu karena segala bentuk upaya untuk menangkap dari melakukan roda, membuat jebakan dan lain sebagainya selalu berakhir nihil. Dan anehnya tetap ada ternak atau bahkan orang yang tewas karena ulah makhluk jadi-jadian ini.

Perwujudan-perwujudan asu baung yang menyeramkan

Menurut beberapa sumber yang telah tim hantupedia tanyai tentang wujud monster legenda jawa ini, ada setidaknya 3 wujud dari sosok yang dikenal sebagai monster legenda jawa asu baung ini. (1) sosok manusia dengan kepala serigala terbalik yang berjalan dengan kaki dan tangannya, (2) Berwujud makhluk berbadan anjing dan bulu yang gelap, namun dengan kepala yang menyerupai kuda dengan mata kemerahan. dan (3) Makhluk berbulu lebat dengan wajah manusia yang memiliki kuku-kuku panjang. Mulutnya melebar kebelakang dan ketika sosok itu membuka mulutnya, maka akan tampak banyak wajah-wajah manusia di dalamnya.