Mitos Terpopuler di Jogja: Dua Beringin Alun-alun Kidul

mitos-terpopuler-jogja-1Jawa adalah pulau yang penuh dengan mitos. Ada banyak sekali daerah yang menyisakan mitos-mitos misteri. Salah satunya adalah Jogja. Apa mitos terpopuler di Jogja? Jika pertanyaan ini ditanyakan kepada orang asli Jogja, pasti mereka akan menjawab mitos dua beringin yang berada di alun-alun kidul. Keraton Jogja memang memiliki 2 alun-alun, 1 di sebelah utara dan 1 di sebelah selatan (kidul). Alun-alun kidul atau sering disebut alkid memiliki 2 pohon beringin yang menyimpan banyak mitos dan misteri.

Hanya Orang dengan Hati Bersih yang Mampu Melewati Dua Beringin Alkid

mitos-terpopuler-jogja-3Di alun-alun kidul ini, ada mitos yang sangat menarik. Masangin, singkatan dari masuk dua beringin, adalah salah satu aktifitas yang paling menarik di sana. Yaitu berjalan lurus melewati di antara dua beringin itu dengan mata tertutup. Dengan jarak ke dua beringin itu yang sangat lebar, sekilas sangat terlihat gampang. Namun, siapa sangka jika banyak orang yang gagal melewatinya, termasuk penulis yang pernah mencoba beberapa kali karena penasaran, dan hasilnya penulis malah berjalan muter-muter gak jelas arahnya. Konon, hanya orang yang memiliki hati bersih yang bisa melewatinya. Sobat hantupedia ada yang pernah mencoba?

Dua Beringin Alkid sebagai Benteng Ghaib Keraton

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menurut cerita masyarakat Jogja, dua beringin yang berada di alkid ini merupakan benteng ghaib keraton Ngayogjokarto. Konon, kedua beringin tersebut memiliki kekuatan ghaib yang bisa menangkal bala. Jadi, jika ada orang yang ingin mencelakai Sultan dan melewati kedua beringin itu, maka kesaktiannya pasti hilang. Itulah kenapa keraton Jogja disebut sebagai tempat yang sangat aman di Jogja.

Dua Beringin Alkid Sebagai Pertanda

Dua beringin yang berada di alun-alun kidul dipercaya bisa menjadi pertanda. Dulu, salah satu beringin tersebut pernah terbakar dan tak lama setelah itu terjadi peristiwa G30S PKI. Pernah juga beringin tersebut roboh dan ternyata tak lama kemudian Sri Sulta Hamengku Buwono ke IX meninggal. Itulah kenapa pada tahun 2014 warga Jogja sempat heboh ketika mengetahui beringin itu terbakar karena takut akan terjadi apa-apa.

Dua Beringin Alkid sebagai Pintu Gerbang ke Laut Selatan

Dua beringin di alun-alun kidul Jogja juga dipercaya sebagai salah satu pintu gerbang untuk menuju kerajaan laut kidul. Laut kidul dipercaya memiliki banyak pintu-pintu dan salah satunya adalah kedua beringin tua di alun-alun kidul.

Itulah tadi mitos teropuler di Jogja tentang dua beringin di alun-alun kidul Yogyakarta. Alun-alun kidul memang terlihat gelap pada malam hari karena memang minim penerangan. Jika kamu pernah berkunjung ke alun-alun kidul pada malam hari, pasti kamu merasakan aura angker, apalagi ketika di bawah pohon beringin kembarnya.