Mitos Keranda Mayat: Mulai dari Gangguan Hantu Hingga Kematian

mitos-keranda-mayat-hantupediaDi Indonesia, keranda mayat biasanya digunakan untuk membawa jenazah menuju pemakaman sebelum dikuburkan. Setiap kampung dan rumah sakit pasti memiliki keranda mayat karena fungsinya yang sangat penting jika ada orang yang meninggal. Namun, dibalik semua itu, tersimpan beberapa mitos keranda mayat yang ada di Indonesia. Apakah kalian pernah mendengarnya? Lalu, apa saja mitos-mitos tersebut? Meskipun sedikit menyeramkan, kalian tetap harus tahu agar lebih berhati-hati.

Tidur di Keranda Mayat

Seperti namanya, keranda mayat memang hanya difungsikan untuk membawa mayat, bukan untuk yang lainnya. Jadi, kita tidak boleh menggunakannya sembarangan. Salah satu mitos menurut masyarakat tanah air adalah kita tidak boleh tidur di keranda mayat, meskipun hanya untuk bercanda sekalipun. Konon, siapa saja yang berani tidur di dalam keranda mayat, baik yang terbuat dari kayu maupun besi, ia akan diganggu oleh makhluk halus. Teror dari makhluk halus tersebut sering datang lewat mimpi. Namun, ada juga yang bilang kalau yang melanggar larangan ini juga bisa diteror oleh hantu di dunia nyata. Jadi, meskipun hanya main-main, sobat hantupedia jangan pernah mencoba untuk tidur di keranda mayat jika tak ingin terjadi hal-hal menyeramkan di kemudian hari.

Mimpi Melihat Keranda Mayat

DI zaman dahulu, mimpi sering kali dijadikan suatu pertanda. Mimpi memiliki makna tertentu. Itulah kenapa dahulu ada banyak penafsir mimpi. Namun, di era yang sudah modern ini mimpi hanyalah dianggap sebagai bunga tidur. Bagaimana dengan mimpi melihat keranda mayat? Kebanyakan masyarakat Indonesia percaya bahwa mimpi ini bukan sekedar bunga tdur biasa melainkan sebagai pertanda akan datangnya kematian. Mitos keranda mayat ini masih dipercayaoleh banyak orang bahwa siapapun yang memimpikannya akan ditinggalkan orang yang dia sayangi, baik dari keluarga, saudara, ataupun kekasih teecinta. Bahkan, bisa juga dirinya sendiri yang sudah mendekati kematian.

Lonceng Kematian Keranda Mayat

Saat keranda mayat tidak digunakan, maka harus disimpan di tempat khusus. Hal ini bukan tanpa alasan. Selain untuk menghindari kesan seram, kernada mayat juga kabarnya sering mengeluarkan suara-suara aneh. Menurut mitos yang beredar, suara-suara yang keluar dari keranda mayat merupakan lonceng kematian. Siapapun yang mendengarnya dipercaya akan segera meninggal. Jika tidak, maka salah satu dari keluarga orang yang mendengar suara aneh dari keranda mayat tersebut akan meninggal. Itulah kenapa  keranda mayat biasanya disimpan di suatu ruangan yang jauh dari rumah warga dan dikunci rapat.

Keranda Mayat Terbang

Mitos tentang keranda mayat terbang sering beredar di tanah air. Ada banyak orang yang mengaku pernah melihat keranda mayat terbang. Konon, keranda mayat ini terbang dan berputar-putar di atas rumah warga kemudian akan berhendi di salah satu rumah warga. Mitosnya, di mana keranda mayat yang terbang tadi berhenti, maka akan ada musibah kematian yang terjadi di rumah tersebut. Biasanya, salah satu pemilik rumah itu akan meninggal dunia dalam waktu dekat.

Percaya atau tidak, mitos-mitos di atas kadang sering terjadi dan benar adanya. Yang pasti, kita harus selalu beriman kepada Sang Pencipta agar selalu siap saat ajal memanggil. Itulah beberapa mitos keranda mayat yang banyak beredar dan dipercaya oleh masyarakat di Indonesia. Apakan mitos-mitos di atas juga berlaku di tempat kalian?