Mitos Hewan Hewan Jelmaan Manusia: Apakah Siluman Memang Benar-benar Ada?

Manusia dan hewan adalah 2 makhluk hidup yang berbeda. Namun, manusia yang hewan tidak bisa dipisahkan sepenuhnya. Masih menjadi pro dan kontra terkait evolusi manusia yang berasal dari kera atau monyet, kali ini kita akan berbicara masalah mitos tentang hewan-hewan yang diduga merupakan jelmaan dari manusia. Mungkin kita sudah sering melihat siluman harimau, siluman buaya, dan lain sebaginya di TV. Namun, bagi beberapa masyarakan, itu bukan sekedar cerita fiktif belaka. Berikut beberapa hewan jelmaan manusia yang dipercaya banyak masyarakat tanah air.

  1. Babi

babi ngepet hantupediaYang pertaman adalah babi. DI Indonesia, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah babai ngepet. Banyak juga kejadian ditangkapnya babi ngepet yang sering meresahkan masyarakat. Babi ngepet adalah manusia yang menjelma menjadi seekor babi yang berkeliaran pada malam hari kemudian mencuri harta warga sekitar. Babi ngepet adalah salah satu pesugihan paling populer di tanah air bagi mereka yang menginginkan kekayaan instan. Jadi, tak heran jika ada seekor babi berkeliaran malam-malam akan langsung ditangkap bahkan dibunuh karena dianggap sebagai babi ngepet yang merupakan jelmaan manusia.

  1. Monyet

monyet hantupediaMenurut teori evolusi Darwin, manusia berasal dari kera atau monyet. Namun, saat ini justru ada banyak orang yang percaya bahwa ada beberapa monyet yang merupakan jelamaan dari manusia. Dulu, kita sering mendengar cerita tentang seorang lelaki yang berbentuk mirip seperti lutung yang kita kenal dengan Lutung Kasarung. Saat ini, banyak monyet yang sering mengganggu kehidupan manusia. Itulah kenapa monyet sering dikaitkan dengan hewan jelamaan manusia. Bahkan, di beberapa daerah tanah air ada juga yang percaya bahwa monyet adalah manusia yang dikutuk. Ada juga yang mengaitkan monyet dengan dunia mistis atau dunia ghaib.

  1. Ular

ular hantupediaMungkin kita sudah sering mendengar cerita Nyi Blorong yang merupakan wanita cantik dengan tubuh ular. Ada juga banyak cerita siluman ular yang santer terdengar di berbagai daerah tanah air. Dan kebanyakan yang diceritakan adalah seorang wanita cantik yang memiliki tubuh ular. Itulah kenapa ular sering dianggap sebagai jelmaan manusia. Hal ini bukan hanya cerita semata karena ada pesugihan yang dikaitkan dengan ular jelmaan manusia ini. Selain itu, ada juga yang percaya jika ada tempat-tempat tertentu yang mana kekuasaannya dipegang oleh siluman ular.

  1. Buaya

buaya putih hantupediaBuaya adalah salah satu hewan air paling buas. Itulah kenapa orang-orang takut dengan buaya. Namun, mungkin akan lebih menakutkan jika kita bertemu dengan siluman buaya. Hal ini mungkin saja terjadi karena Indonesia pernah digegerkan oleh buaya putih yang diduga merupakan jelmaan dari manusia. Buaya putih ini mendiami sebuah pulau dan dipercaya sering memakan korban sebagai tumbal. Meskipun secara sains buaya putih memang ada, namun masyarakat sudah terlanjur mengidentikkan buaya putih sebagai siluman yang menjelma menjadi seekor buaya.

Itulah beberapa hewan jelmaan manusia yang hingga kini masih dipercaya oleh banyak masyarakat. Meskipun kebenarannya masih menjadi tanda tanya, namun berbagai kejadian seakan membuktikan kebenaran tentang manusia yang menjelma menjadi hewan. Yang jelas, kita harus selalu berdoa agar tidak digagnggu oleh hewan-hewan yang merupakan jelmaan manusia tadi.