Mitos Dan Misteri Jawa Mengenai “Balung Kuning”

Mitos dan misteri – Seluk beluk manusia memang penuh pertentangan sebelum dia ada. Ketidaksetujuan tidak hanya dari para Iblis yang merasa lebih tinggi derajatnya. Juga, Malaikat merasa mampu memuliakan Tuhan secara utuh. Tapi mau dikata apa, sekali kehendak Tuhan, tak ada yang mampu menentang. Seiring waktu, manusia pertama dengan wujud terbaik dianggap sebagai masterpiece-Nya. Hal ini menjadikan kecemburuan Iblis yang akhirnya diusir oleh Sang Kuasa. Namun Iblis tidak melepaskan manusia begitu saja. Iblis keluar dengan syarat menggoda manusia untuk masuk bersamanya ke neraka. Kejadian ini akhirnya menciptakan sekat antara manusia, malaikat dan Iblis.

Sleeping girl with teddy bear

Dalam mitos dan misteri Jawa, tulang ini berada di salah satu tulang rusuk baik laki-laki maupun perempuan. Kemampuan ini bukan dari latihan ilmu mistis seperti puasa mutih, ngerawot, lakon pati geni, atau tirakat. Jadi boleh dibilang ini adalah bakat bawaan lahir yang baru mereka ketahui saat dewasa. Sayangnya, menjalani hidup sebagai manusia yang bertulang kuning tidaklah mudah. Semasa kecil, tingkat sensitifitas pada makhluk halus sangat tinggi. Hal ini membuat mereka sering mendapatkan gangguan seperti sakit atau kerasukan karena tekanan makhluk halus disekitarnya tidak dapat dikendalikan. Pun memicu tekanan psikologis, mereka melihat makhluk yang menyeramkan dan tak jarang tanpa tubuh utuh dan sering membuatnya menangis ketakutan.

Pengendali Jin

Jika waktu kecil mereka diganggu oleh makhluk astral yang menakutkan. Saat dewasa, sang anak dapat membalikkan hal tersebut. Si empu balung kuning dapat menyuruhnya melakukan apapun yang dia mau. Bahkan untuk tindakan kejahatan sekalipun seperti pesugihan, pencari tumbal, teluh, dll. Untuk mendapatkan hal ini tidaklah mudah. Sang anak harus melewati ketakutan yang mendalam tentang dunia ghaib.

Gangguan terhadapnya akan semakin kuat dan menguras banyak energi. Jika dia tidak mampu mengatasinya, dia akan rentan dirasuki oleh makhluk halus. Tapi saat dia sudah menguasainya, kemampuannya ini dapat dibuat untuk kebaikan yang tidak hanya terfokus pada diri sendiri. Dia juga mampu mengatasi kesurupan pada orang lain. Mengingat, arwah yang masuk pada tubuh manusia akan melewati beberapa titik dari tubuh. Dengan membuka lokasi tersebut secara batin, maka arwah tersebut dapat dikeluarkan.

Indra Keenam

iamg

Selain kemampuan mengendalikan makhluk halus, manusia ini juga mempunyai ketajam indra keenam. Dengan berkomunikasi dengan makhluk kasat mata, tentunya manusia bertulang kuning mudah mendapatkan informasi tentang masa lalu dan masa yang akan datang. Dalam hal ini, dia akan menguji kebenaran berita tersebut dengan berbagai pertimbangan. Kemudian dia dapat menyampaikannya kepada manusia dan dianggap sebagai indra keenam. Meskipun demikian, banyak pula yang memilih untuk diam karena meyakini bahwa masa depan hanya milik Tuhan. Mereka tidak mau menyebarkan berita tersebut karena dikahwatirkan berita itu dari Iblis yang dibelokkan kebenarnnya.