Misteri Tersembunyi Dibalik Keindahan Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Air terjun sri gethuk – Beberapa hari lalu, tim Hantupedia kedatangan beberapa teman lama yang kebetulan sedang ingin ditemani untuk menikmati keindahan kota Yogyakarta. Ketika telah sampai di Yogyakarta dan bertemu dengan kami tepat didepan Stasiun Tugu Yogyakarta. Tampak jelas wajah sumringah terpancar tanpa cela. Mereka terlampai bersemangat. Bahkan kalimat pertama yang keluar setelah kami saling menyapa dan menanyakan kabar adalah “Kita mau kemana nih?”

Tentu ketika ada seorang teman yang datang dari luar kota Yogyakarta dan menginginkan semacam tempat tujuan yang bagus di kota pelajar ini. Maka kami akan memberikan pertanyaan balik tentang preferensi mereka. Apakah mereka suka lokasi yang berbau alam? bernuansa perkotaan? Peninggalan bersejarah? Atau kesenian? – karena memang ada banyak sekali hal yang bisa dieksplor dikota ini.

Teman-teman hantupedia itu tersebut kemudian memilih preferensi tempat wisata yang bernuansa alam. Secara otomatis pikiran kami memprosesnya dan terbersit pikiran untuk membawa mereka menikmati beberapa tempat wisata alam di Kabupaten Gunung Kidul.

Belum selesai kami memutuskan tempat tujuan, ada satu teman yang nyeletuk “Gimana kalau kita ke Air Terjun Sri Gethuk? Katanya disana indah lho!” – inisiasi salah satu teman

“tapi denger-denger disana itu angker ya? Emang beneran serem ya disana” – tanya salah satu teman lain sembari memandang kami yang sudah diketahui banyak mengulas artikel-artikel seram dan berbau mistis. – Kami tim hantupedia dengan santai mengangguk!

air terjun sri gethuk yogyakarta yang menyimpan banyak misteri tersembunyi

Nah, berawal dari kisah teman-teman yang datang berkunjung ke Yogyakarta minggu lalu itulah tim hantupedia kemudian ingin menghadirkan sedikit ulasan tentang tempat wisata yang tidak hanya dikenal bagus, namun pula menyimpan cerita misteri nan menyeramkan. Kali ini kami akan membahas tentang Air terjun sri gethuk, Yogyakarta.

Asal Muasal Nama Air Terjun Sri Gethuk

Beberapa tahun belakangan, wisata air terjun sri gethuk ini menjadi salah satu destinasi yang dituju oleh banyak wisatawan. Lokasi air terjun ini sendiri terletak di area dusun Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Bila dilihat dari peta air terjun sri gethuk gunung kidul, kita bisa melihat bahwa sumer air dari air terjun itu adalah Sungai pematang Batugamping yang mengalir diantara tebing bebatuan, turun hingga sungai Oyo.

Akses untuk mencapai air terjun ini bisa dicapai dengan menaiki perahu atau berenang dengan menggunakan pelampung (karena sungai yang cukup dalam). Air Terjun ini memiliki nama lain yakni Air Terjun Selempret yang berasal dari satu kisah legenda di dusun Bleberan ini. Adapun nama yang banyak dikenal masyarakat sebagai Sri Gethuk-pun juga memiliki asal usul yang bisa membuat bulu kuduk merinding.

gambar alat musik kethuk yang merupakan asal nama air terjun sri gethuk

Nama Sri Gethuk sendiri merupakan nama yang dinisbatkan oleh penduduk sekitar dengan didasari kepercayaan bahwa air terjun ini dijaga oleh 7 sosok bidadari cantik. Itulah asal nama Sri didapatkan. Sedangkan nama Gethuk sebenarnya berasal dari nama alat musik karawitan tradisional, yakni kethuk. Dalam seni karawitan, kethuk merupakan alat musik krusial nomor dua setelah Gong, kerena biasanya alat musik ini memberi tanda pada struktur gending instumen suatu nada-nada yang dibawakan.

Kabarnya dimalam-malam tertentu warga dusun Bleberan sering sekali mendengarkan sayup-sayup dikeheningan malam suara alat musik kethuk ini. Suaranya dari arah air terjun ini. Dan ketika dicari asal suaranya, maka suara itu kemudian hilang. Beberapa warga sekitar menuturkan bahwa para bidadari penghuni air terjun inilah yang memainkan alat musik kethuk ini diantara keheningan malam.

Sebuah Istana Jin yang dipimpin oleh Raja Siluman Bernama Anggo Menduro

Selain asal muasal nama sir terjun Sri gethuk yang berasal dari kepercayaan masyarakat sekitar akan keberadaan 7 bidadari penunggu air terjun ini. Ada pula satu legenda atau mitos yang juga dipercaya oleh masyarakat sekitar. Legenda tersebut adalah tentang sosok siluman yang disebut dengan julukan Anggo Menduro.

Banyak warga Bleberan menuturkan bahwa sebenarnya secara tak kasat mata, dua bukit yang mengapit aliran sungai menuju air terjun sri gethuk itu sebenarnya adalah sebuah istana besar bangsa jin. Dan raja diraja dari semua jin yang menghuni tempat ini adalah satu sosok raja siluman yang bernama Anggo Menduro. Sayangnya tim hantupedia tidak bisa melacak sebenarnya darimana nama Anggo Menduro sendiri didapatkan. Warga sekitar hanya mengatakan bahwa cerita legenda itu dikisahkan secara turun menurun diantara keluarga mereka.

Raja jin yang menyukai seni musik

Siapa sangka dari sosok raja siluman yang tentu memberikan kesan seram pada Anggo Menduro. Ternyata raja siluman ini memiliki keunikannya sendiri. Keunikannya terletak pada kesukaan raja siluman ini pada seni musik. Hal ini menengarai pemikiran warga tentang banyaknya suara-suara musik yang sering terdengar sayup-sayup dimalam-malam tertentu seperti malam 1 suro dan lainnya.

Mereka percaya bahwa raja jin Anggo Menduro yang menghuni tempat ini sedang melakukan perayaan dengan memainkan alat musik. Bahkan beberapa warga yang sempat tim Hantupedia wawancarai mengatakan bahwa tidak hanya sebatas musik tradisional saja yang sering terdengar. Namun suatu ketika mereka pernah mendengar lagu-lagu yang tidak bernuansa klasik seperti dangdut atau keroncong dan campur sari terdengar dari arah air terjun Sri Gethuk ini.