Misteri Suara Gamelan dan Drum Band Tengah Malam di Jogja: Benarkah Makhluk Ghaib?

gamelan-hantupediaJika kamu orang Jogja, atau setidaknya pernah tinggal di Jogja, pasti pernah mendengar suara gamelan pada malam hari, bahkan tengah malam. Selain suara gamelan, ada juga sebagian orang yang mendengar suara drumb band. Banyak yang percaya, suara itu berasal dari makhluk ghaib. Namun, ada juga yang mengatakan, misteri suara gamelan dan drumb band yang sering terdengar tengah malam itu bisa dijelaskan seraca ilmiah. Lalu, mana yang benar?

Suara Gamelan Tengah Malam & Suara Drumb Band Waktu Subuh

Suara gamelan biasanya terdengar pada tengah malam sekitar pukul 11 atau 12 malam. Padahal, mana ada pertunjukan ataupun latihan gamelan tengah malam di Jogja? Berdeda dengan suara gamelan, suara drumb band biasanya justru terdengan saat subuh sekitar pukul 4 atau 5 pagi. Suara itu terdengar bukan hanya di satu wilayah, tapi di hampir semua wilayah Jogja, baik dari kota hingga Bantul dan Sleman. Bahkan kadang suaran terdengar semakin keras dan dekat. Merinding rasanya jika tengah malam mendengar suara gamelan ataupun drum band.

Asal Suara Gamelan dan Drumb Band

Sebenarnya, banyak yang berpendapat kalau suara drumb band di waktu subuh adalah suara marching band dari Akademi Angkatan Udara di Landasan Adisucipto. Pihak AAU juga sudah memberikan pendapatnya.

“Memang latihan setiap pagi. Pukul 05.00 pagi keluar lapangan, sampai kira-kira pukul 06.00 WIB dilanjutkan dengan lari pagi, olah raga.”

Dari pendapat itu, banyak yang menganggap kalau suara drumb band itu terbawa angin hingga terdengar ke mana-mana. Namun, hal itu tidak 100% benar karena banyak yang pernah menelusuri asal suara tersebut. Ketika di cari ke arah utara, suara tiba-tiba berpindah ke arah selatan, begitu juga sebaliknya. Ketika dicari ke arah timur, suara tiba-tiba berpindah ke arah Barat, begitu juga sebaliknya. Jadi, hingga kini suara drumb band masih menjadi misteri di Jogja. Bagaimana dengan gamelan? Tidak ada tanggapan dari pihak manapun yang mengaku menabuh gamelan malam-malam. Jadi, semakin meyakinkan kalau misteri suara gamelan di Jogja berasal dari makhluk ghaib.

Mitos tentang Suara Gamelan dan Drumb Band Malam Hari di Jogja

Ada beberapa mitos suara gamelan dan drum band yang sering terdengar malam hari di Jogja. Salah satunya adalah menandakan pernikahan makhluk ghaib. Menurut  mitos Jawa, suara gamelan tengah malam merupakan upacara pernikahan di dunia makhluk ghaib. Bahkan, ada beberapa dalang yang pernah mengaku diundang namun tidak menyadari kalau ternyata berada di alam ghaib. Selain itu, suara gamelan dan drumb band di tengah malam juga dipercaya sebagai pertanda bencana untuk orang-orang tertentu.

Mitos lain menyebutkan, jika ada orang luar Jogja yang mendengar suara gamelan ataupun drumb band tengah malam, maka ia tak akan bisa lepas dari Jogja. Terlepas dari misteri suara gamelan dan drumb band di Jogja saat tengah malam, Jogja memang membuat kangen. Jadi siapapun yang pernah ke Jogja, pasti ingin segera kembali ke kota yang ramah ini. Apakah sobat hantupedia pernah mendengar suara gamelan atau drumb band tengah malam di Jogja?

  • Viani

    Pernah suatu pagi setelah sholat subuh nongkrong di kost lantai 3. Mata memandang ke gunung kidul. Disertai suara drum band dan matahari terbit menghirup segarnya pagi dan indah nya alam. Diatasnya gunung yang g berderet-deret (gunung kidul) itu, tampak sebuah istana besar. Bangunan itu mirip mesjid. Kotak besar dengan ornamen “. Dari jauh tampak kontras dengan gunung-gunung tua tersebut. Di pagi yang reman-remang itu, tampak iringan panjang seperti titik api yang berjalan menuju istana tersebut. Iringan itu sangat panjang. Tapi setelah matahari terbit penuh, iringan itu memendek dan semua titik api masuk ke istana. Saat kabut hilang, bangunan itupun raib. Sampai sekarang tidak tahu bangunan itu dimana sampai suatu malam nyasar ke alam lain saat pulang dari rumah teman di daerah gunung kidul. Masih megah. Jalannya halus beraspal, sayang semua orang hanya naik andong.

    • Fahman Amin

      Terimakasih atas sharing ceritanya. Begitulah Jogja, dibalik keindahannya, terdapat banyak mitos yang berhubungan dengan mistis yang kadang susah untuk dinalar ..

  • Nico

    Dulu waktu kali putih (magelang) masih bajir lahar dingin setelah merapi meletus, sebelum dan saat banjir lahar dingin pasti terdengar suara gamelan dan seperti arak-arakan yang begitu meriah dan ramai. Saya sendiri pernah mengalami sendiri dan melihat arak-arakan itu. Bunyinya bermacam-macam. Mulai dari gamelan kesenian jatilan, karawitan, sampai bunyi drumband. Pada saat banjir lahar itu mengaliri aliran kali putih, batu-batu besar yang menggelinding tampak seperti mobil yang mengangkut peserta arak-arakan. Bahkan saya melihat pohon kelapa yang ikut terseret banjir. Tetapi pohon kelapa itu hanyut tidak tumbang melainkan masih berdiri tegak. Ketika pohon kelapa melewati bawah jembatan, pohon kelapa tersebut sedikit miring seperti merunduk dan berhasil melewati jembatan tersebut. Yang membuat saya berdecak kagum, setelah berhasil melewati jembatan tersebut, pohon kelapa bukannya jatuh tumbang, melainkan kembali berdiri tegak. Warga yang menyaksikan di buat seperti terbengong ketika menyaksikan sehingga tidak ada yang berhasil merekam fenomena aneh tersebut. Kapan kejadian itu saya lupa, tapi antara tahun 2010-2011 sore hari menjelang Maghrib. Banjir lahar dingin menjadi tontonan warga