pasar gaib atau misteri pasar setan yang sering dikaitkan dengan banyak cerita misteri dan hantu

Cerita misteri pasar setan – Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang paling menantang sekaligus menyenangkan. Bagi para pendaki, menaklukkan gunung adalah kebanggaan tersendiri. Namun, mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang penuh dengan resiko. Bukan hanya resiko erupsi, jatuh dari jurang, dan berhadapan dengan hewan buas. Tetapi juga beresiko bertemu dengan makhluk halus.

Dan dari banyaknya cerita misteri yang dialami para mountain climber. Satu yang tak bisa dipertanyakan lagi legendanya adalah pasar setan/pasar gaib. Para pendaki gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan apa yang disbut pasar setan atau pasar bubrah. Beberapa gunung di Indonesia konon memiliki misteri pasar setan, bahkan ada yang mengatakan kalau semua gunung memiliki pasar setan. Lalu, gunung manakah yang memiliki pasar setan paling seram?

Pasar Setan di Gunung Lawu: Konon Paling Angker!

Di antara gunung-gunung di Indonesia, gunung Lawu dipercaya sebagai gunung yang paling angker hingga kini. Gunung Lawu memiliki 3 jalur pendakian, yaitu Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, dan Candi Cetho. Ada yang jalurnya terjal dan curam, ada juga yang agak ringan. Lalu, di manakah letak pasar setan Gunung Lawu?

Seperti pasar setan di gunung-gunung pada umumnya, pasar setan ini terletak di lahan lereng Gunung Lawu. Tempat ini memiliki tanah yang datar dan luas dengan banyak batu-batu serta tidak ada pohon-pohon tinggi. Di tempat datar inilah biasanya para pendaki memilih mendirikan tenda. Selain karena tempatnya yang strategis, lokasinya juga sudah tidak jauh dari puncak.

mistis gunung lawu dengan ratusan cerita misteri pasar setan atau pasar hantu yang melegenda

Namun, justru tempat inilah yang paling angker. Di sini, para pendaki biasanya mendengar suara gemuruh yang ramai sekali layaknya di pasar. Padahal hanya angin malam yang berhembus dengan kencang. Suara ramai tersebut seperti terdengar banyak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi namun faktanya tidak terlihat apapun. Itulah kenapa tempat ini disebut pasar setan. Konon, tempat ini menjadi jalur perlintasan atau pasarnya makhluk halus yang bertempat di gunung Lawu.

Penampakan siluman dan hantu bermata merah

Para makhluk halus di pasar hantu ini sering mengganggu para pendaki, salah satu cara untuk menangkalnya adalah dengan melemparkan makanan atau uang receh sebagai “formalitas” untuk membeli di pasar bubrah hantu ini

Cerita misteri pasar setan masih ada hingga sekarang karena memang banyak pendaki yang mengalami kejadian mistis di pasar setan gunung Lawu ini. Menurut keterangan seorang pendaki, teman dari penulis, ia pernah mendengar suara yang sangat ramai seperti suasana pasar di lokasi ini. Bahkan, saat mendirikan tenda di tempat ini, pernah ia melihat sosok makhluk halus dengan mata merah menyala.

Menurut sumber lain, bahkan ada yang pernah meninggal dunia karena diganggu oleh makhluk halus di pasar setan ini. Selain karena penuh mistis, di gunung lawu juga masih terdapat macan. Ada yang beranggapan bahwa macan tersebut adalah siluman, namun banyak yang percaya kalau itu adalah macan asli. Apapun itu, gunung Lawu masih menjadi gunung yang terkenal dengan keangkerannya.

Gunung-gunung Lain dengan Cerita misteri Pasar Setan yang Angker?

Selain Gunung Lawu, ada beberapa gunung lain yang juga dikenal angker terutama di lokasi pasar setan nya. Salah satunya adalah pasar setan di gunung Merapi. Selain itu, pasar bubrah di gunung Merbabu juga dikenal angker. Lalu, ada lagi gunung Sumbing dan Slamet yang juga memiliki pasar setan dan dikenal dengan keangkerannya. Tentu hal-hal mistis ini terkait erat dengan legenda hantu wong samar atau orang bunian yang merupakan para makhluk halus yang tinggal di gunung.

lahan luas di gunung dipercaya sebagai lokasi pasar setan atau pasar bubrah dengan setumpuk kisah mistis yang menyelimutinya

Mitos Pasar Setan di Gunung-gunung di Indonesia

Di pasar setan, suasana angker jelas sangat terasa. Selain suara ramai layaknya pasar, biasanya juga terdapat nisan ataupun prasasti-prasasti yang bisa ditemui di sana. Ada banyak sekali mitos tentang pasar setan ini. Salah satunya adalah, jika mendengar suara ramai seperti di pasar, maka harus meninggalkan barang-barang bawaannya di pasar setan ini agar tidak diganggu oleh makhluk ghaib.

Maka dari itu banyak para pendaki yang melemparkan semacam koin atau uang kertas ketika hal itu terjadi. Ada pula yang melempar makanan sebagai syarat untuk lancarnya pendakian mereka (lancar dari ganguan makhluk halus tentunya). Meskipun sulit dinalar dengan akal, misteri pasar setan akan selalu menjadi pengalaman menegangkan terutama bagi para pendaki gunung. bagi sobat hantupedia yang ada acara untuk mendaki bersama teman-teman, harap berhati-hati dan banyak memanjatkan doa untuk keselamatan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here