Misteri Hantu Uwil Asal Banyuwangi yang Usilnya Minta Ampun

Pastinya Sobat hantupedia dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi dengan istilah misteri hantu. Meskipun kita telah hidup di zaman yang serba modern, namun ternyata hal-hal yang berbau misteri ataupun yang ada kaitannya dengan dunia makhluk halus masih sering melekat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak di antara kita yang percaya dan tertarik dengan misteri hantu, makhluk yang tak kasat mata, apabila dilihat dengan mata biasa. Apakah anda termasuk demikian ? nah, kali ini ada sedikit ulasan mengenai hantu anak kecil yang dikenal dengan nama “uwil” yang berasal dari Banyuwangi Jawa Timur.

Asal usul hantu uwil Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kota yang sangat terkenal di Jawa Timur. Pada zaman dahulu, sebelum islam datang ke Indonesia, banyak masyarakat Jawa Timur terlebih Banyuwangi yang beragama Budha. Para penganut agama budha di Banyuwangi ini merupakan masyarakat yang telah terdidik dalam hal-hal peperangan. Nah dari sinilah misteri hantu uwil berkembang di masyarakat Banyuwangi. Masyarakat percaya hantu uwil Banyuwangi ini merupakan makhluk halus yang dulunya adalah bala tentara Budha yang masih berusia anak-anak. Anak-anak tersebut memang telah dipersiapkan untuk menjadi tentara-tentara Budha yang handal. Namun karena suatu sebab sebelum mereka beranjak dewasa. Takdir berkata lain. Mereka harus kembali kepada sang Pencipta di saat usia masih anak-anak.

Penampakan hantu uwil di perkebunan atau hutan-hutan di Banyuwangi

Misteri hantu di daerah Banyuwangi memang tak ada habisnya untuk dibahas. Namun hal ini sangat maklum mengingat daerah Banyuwangi merupakan wilayah yang kaya akan hutan-hutan penuh semak dan tumbuh-tumbuhan liar. Seperti halnya hutan dan perkebunan di daerah lain, maka di hutan-hutan ataupun di perkebunan ini juga sering terdapat beragam penampakan makhluk halus, salah satunya adalah hantu uwil di Banyuwangi.

misteri hantu uwil yang iseng di hutan banyuwangi

Misteri hantu uwil bagi masyarakat Banyuwangi sangat dipercaya tentang keberadaannya. Banyak masyarakat baik itu dari orang pribumi Banyuwangi atau masyarakat luar yang telah melihat penampakan hantu uwil tersebut. Hantu uwil dengan wujud penampakan dirinya yang menyerupai anak kecil sering sekali menggoda para pekerja perkebunan atau juga orang yang dengan beraninya masuk hutan dengan niat yang kurang baik. Hantu uwil menggoda para pekerja dengan cara iseng. Seperti main petak umpet.

Banyak saksi mata yang menyatakan bahwa sosok hantu uwil ini seperti anak kecil gundul dengan kulit pucat. Pergerakan hantu ini sangatlah cepat sehingga bisa digambarkan mirip seperti bajing loncat. Menurut beberapa tetua desa di Banyuwangi, hantu ini bergerak sesuai daerah kekuasaan mereka. Insting mereka untuk menjaga daerah tinggal mereka sangat tinggi. Hingga bisa jadi, kejahilan mereka itu bisa dikatakan merupakan mekanisme pertahanan diri.

Dari main petak umpet hingga digelitik sampai mati

Ketika para pekerja perkebunan ataupun para petualang yang memasuki hutan-hutan di area Banyuwangi sedang bekerja, maka hantu uwil akan menjahilinya. Yang tadinya sepi-sepi saja hanya terdengar kicauan burung, tiba-tiba terdengar suara anak-anak yang sedang bermain. Akan tetapi ketika dicari dan coba didengarkan dengan seksama tiba-tiba suara itu menghilang. Dan suasana kembali sepi. Tentunya misteri hantu ini membuat siapa saja yang mendengarnya akan merinding bergidik ngeri.

Ada lagi cerita dari beberapa orang pekerja, terkadang mereka juga dijahili dengan tiba-tiba tangan mereka atau bagian tubuh mereka digelitik seseorang dari belakang setelah ditoleh ternyata ada anak kecil yang kemudian berlari menjauh, bersembunyi di balik pepohonan yang rimbun sambil tertawa khasnya anak kecil. Ketika dicarinya di pohon yang tadinya buat sembunyi ternyata mereka tidak menemukan. Namun anak kecil tersebut malah semakin mengejek dan mengajak main petak umpet sembari melakukan cilukba. Anak kecil tersebut kembali bersembunyi di rerimbunan pohon-pohon yang lain. Begitu seterusnya.

hutan banyuwangi yang menyimpan banyak misteri

Setelah lama tidak menemukan anak kecil tersebut, biasanya para pekerja atau siapa saja yang dijahilinya baru akan menyadari bahwa yang mengajaknya bermain petak umpet tersebut adalah makhluk halus yang berupa anak kecil yaitu hantu uwil. Misteri hantu uwil ini sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Selain keisengan main petak umpet. Ada pula beberapa masyarakat yang menyatakan bahwa mereka ini adalah makhluk gaib yang berbahaya. Konon mereka juga kejam. Hantu uwil ini akan meloncat ke atas orang yang merupakan targetnya secara bergerombol. Orang tersebut akan digelitik hingga tak sadarkan diri. Lalu kemudian dibantai secara keji.

Sebuah cerita hantu palsu untuk kelestarian ekosistem

Dengan hutan yang lebat dan tumbuhan yang tumbuh dengan permai di Banyuwangi. Tak ayal cerita hantu uwil ini dinilai merupakan sebuah cerita mitos dan legenda yang telah ada sejak dulu. Hal ini menyebar luas pada masyarakat bukan tanpa tujuan. Tujuan yang mulia, yakni agar kelangsungan ekosistem hutan di Banyuwangi tetap lestari dan terjaga. Cerita ini mirip ulasan kami tentang hantu liliput legendaris bernama kaboter yang pernah diulas sebelumnya. Bagaimana pendapat sobat hantupedia? Ada yang berani membuktikannya dengan sekalian uji nyali ? Resiko tanggung sendiri tapi ya!