Misteri Hantu Reng Tua Malem di Tanah Karapan Sapi

Apa yang terbayang dibenak sahabat hantupedia bila ditanya pendapat tentang madura? Apakah makanan khas sate madura yang sudah menjamur hampir diseluruh pelosok negeri ini? Atau anda terbayang sosok yang mengenakan pakaian lurik merah yang sedang menenteng sebilah celurit ditangan? Atau salah satu festival perayaan besar karapan sapi yang sering dilakukan didaerah ini? – Mungkin setiap orang memiliki pendapatnya masing masing terhadap pulau kecil yang dihubungkan oleh jembatan suramadu ini. Namun jangan salah, Madura juga banyak menyimpan kisah mistis baik itu misteri hantu maupun mitos dan legenda lainnya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa Madura memiliki ciri khas klenik dan kemistisan dikarenakan budaya yang sudah mendarah daging disitu. Contohnya saja daerah Sumenep yang banyak diyakini orang sebagai daerah penting cikal bakal terbentuknya Nusantara. Hal itu karena tanpa daerah inilah Gadjah Mada bisa mencanangkan sumpahnya yang terkenal oleh khalayak ramai sebagai sumpah palapa. Pemimpin visioner Kerajaan Madjapahit yang terkenal dalah Raden Arya Wirajaya yang kemudian mendirikan Majapahit yang besar dan megah.

Tak hanya itu, dalam sejarah tercatat ada kurang lebih 30 raja yang menduduki Tahta kerajaan Sumenep yang peninggalannya masih bisa kita nikmati hingga sekarang. Mungkin dari sejarah panjang Madura tersebutlah yang menyebabkan daerah ini sarat dengan mitos dan cerita misteri hantu maupun yang mistis. Salah satu hantu yang cukup khas berasal dari madura adalah Reng Tua Malem. 

Istilah Madura yang berarti Orang tua Malam

Banyak sahabat tim Hantupedia yang mengatakan bahwa nama misteri hantu Reng tua malem ini bukan terkhusus yang diperuntukkan untuk makhluk ini. Namun, istilah reng tua malem secara terminologis adalah berasal dari bahasa adat di Madura yang berarti: Orang tua malam.

Nama itu dibuat berdasarkan ciri-ciri sosok makhluk legenda ini yang sering muncul seperti sosok orang tua dengan kopiah dan baju adat Madura. Yang khas dari sosok ini adalah dimulutnya ada sebatang rokok yang tersulut. Ada yang menuturkan bahwa sosok ini hanya berupa seperti bayangan hitam pekat dengan nyala api yang “mirip rokok” dimulutnya.

Perwujudan dari Praktik Ilmu Hitam?

Menurut banyak sumber yang tim Hantupedia temui. Konon misteri hantu reng tua malem ini adalah perwujudan dari praktik ilmu hitam. Ada dua versi yang kami dapatkan. (1) Reng tua malem adalah sosok dari seseorang yang memiliki ilmu hitam, sehingga dia akan berubah wujud di malam hari dengan sosok orang tua untuk mencari tumbal. (2) reng tua malem adalah esensi ilmu hitam yang telah dibuang oleh pemiliknya, sehingga setiap malam dia berkeluyuran kesana kemari untuk menemukan majikannya.

Dipercaya bisa memberi kesaktian? 

Banyak yang percaya bahwa reng tua malem ini bisa memberikan seseorang kesaktian. Untuk mendapatkan kesaktian dari sosok mistis ini, anda perlu memegang rokok yang sedang dihisap oleh sosok ini. Konon ceritanya bila anda bisa memegang atau bahkan merebut rokok tersebut dari mulut reng tua malem. Anda akan mendapatkan kesaktian yang madraguna.

Sebenarnya kisah mistis dan misteri hantu di Madura tidak hanya terbatas pada reng tua malem saja. Ada banyak sekali sosok-sosok menyeramkan dan bahkan mematikan seperti labalap (hantu air) yang terkenal dibeberapa bendungan di Madura, Genderuwo, Satet (istilah Madura untuk santet) dan masih banyak lagi. Bagaimana? Sahabat Hantupedia berani menghadapi sosok gaib reng tua malem ini bila sedang singgah di Madura?