Misteri Dibalik Sosok Legenda Nyai Pohaci yang Terkenal di Jawa Barat

Cerita mistis maupun legenda menjadi salah satu cerita yang banyak membuat bulu kuduk merinding. Apalagi untuk daerah sekitar Jawa Barat yang memang kental sekali dengan cerita mistisnya. Tidak hanya itu saja, kisah mistis ini juga sebagian diambil dan diyakini oleh masyarakat sebagai salah satu legenda berdirinya salah satu tempat di daerah mereka. Salah satu misteri hantu yang juga menjadi legenda paling terkenal di daerah Jawa Barat yaitu tentang Nyai Pohaci. Cerita ini memiliki banyak versi karena memang di setiap daerah meyakini keberadaannya dan juga bersumber dari cerita yang berbeda pula.

Asal mula mitos Nyai Pohaci

Misteri hantu yang dikenal sebagai salah satu cerita rakyat yang sangat diyakini oleh masyarakat sunda ini awal mulanya berasal dari kisah para dewa. Kisah ini dimulai dari seekor naga yang tidak bisa membantu Dewa Guru untuk membangun istananya yang megah. Kemudian Naga tersebut yang sering disebut dengan Naga Anta ini menangis karena keterbatasan dan berdoa kepada Sang Hyang agar bisa membantu. Dalam tangisannya Naga Anta mengeluarkan tiga tetes air mata yang berubah menjadi telur. Ketiganya dibawa kepada Dewa Guru dengan cara digigit. Dalam perjalanannya, ia ditegur oleh elang. Karena menggigit telur yang ada dimulutnya, ia pun tidak menjawab teguran elang. Akhirnya elang tersebut marah dan menyerang naga anta. Akibatnya telur tersebut jatuh dua butir dan menjadi kakabuat dan budug basu.

Misteri Dibalik Sosok Legenda Nyai Pohaci yang Terkenal di Jawa Barat

Masih tersisa satu telur dan diutuslah naga anta untuk mengerami telur tersebut. Akhirnya telur tersebut berubah menjadi sosok wanita yang cantik dan diberi nama Nyi Pohaci. Bayi tersebut disusui oleh istri Dewa Guru. Namun dewa guru hendak memperistri Nyi pohaci. Hal ini ditentang oleh para dewa lain dan akhirnya Nyai pohaci jatuh sakit dan mati. Akhirnya mayatnya dikuburkan kedunia dan berubah menjadi beberapa bagian yang sangat bermanfaat bagi manusia. Misteri dibalik cerita hantu ini memang terdengar seperti legenda yang berasal dari mulut kemulut.

Manfaat dibalik kematiannya Nyi Pohaci

Walaupun tidak terdengar seperti misteri hantu, namun legenda ini banyak dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai legenda dari asal muasalnya daerah sunda. Kematiannya pun sangat bermanfaat bagi para manusia. Dari penjelasan diatas mengatakan bahwa kematian Nyi Pohaci ini memunculkan beberapa tanaman yang sangat berguna bagi keberlangsungan hidup manusia. Mulai dari kepalanya hingga semua bagian tubuhnya. Semua bagian tubuhnya berubah menjadi tanaman yang bermanfaat bagi manusia.

Tidak hanya itu saja, bukan menjadi misteri hantu namun menjadi legenda yang sangat terkenal untuk suku sunda. Bahkan versi lain juga terdapat cerita dari Nyi Pohaci yang sangat mengesankan. Hal ini menandakan bahwa memang suatu kehidupan dan juga cerita itu pasti ada hikmahnya sendiri. Hikmah dibalik cerita tersebut memberikan sedikit penjelasan kepada kita baik secara gamblang maupun secara tersirat. Namun yang pasti kita harus menjadikan cerita tersebut sebagai salah satu cerita yang berkembang dari mulut kemulut dan bisa dijadikan suatu keyakinan tersendiri akan hidup kita.

Itulah beberapa informasi yang menceritakan tentang Nyi pohaci. Bukan cerita hantu namun legend yang populer dikalangan masyarakat tertentu. Walaupun begitu misteri dibalik kematiannya juga memiliki versi yang berbeda dari masing-masing orang dan juga suku. Semoga kalian bisa mengambil hikmah dari kisah mistis Nyi Pohaci yang termasyhur.