(Misteri Alam gaib) Hantu Engklek engklek Sang Pemangsa Mayat

Misteri alam gaib – Bagaimana bila suatu malam anda sedang begadang atau asyik menyelesaikan film laga yang sedang anda gandrungi. Tiba-tiba anda mendengar suara asing yang berbunyi klek.. klek.. klek! Suara itu terdengar seperti ada orang yang memukulkan sesuatu ke batang pohon. Atau suara terdengar seolah seseorang sedang mematahkan beberapa dahan pohon.

Anda yakin bahwa suara itu bukan berasal dari film laga yang sedang anda tonton. Suara itu berasal dari luar rumah anda. Suara yang jauh namun anehnya terdengar sangat dekat, karena sunyinya malam. Pikiran anda melayang curiga, bertanya tentang siapa gerangan yang membuat bunyi-bunyian misterius dimalam hening seperti itu.

misteri alam gaib-legenda-jawa-hantu-engklek-engklek

ilustrasi hantu engklek-engklek

Nah, bila anda mengalami hal itu. Ada kemungkinan suara tersebut berasal dari maling yang ingin berbuat kejahatan. Cukup menegangkan juga! Tapi kemungkinan kedua juga tak kalah seru. Karena bisa jadi ada misteri alam gaib hantu engklek engklek yang sedang berkeliaran didaerah anda. Apa sih hantu engklek engklek itu?

Suara klek.. klek.. klek.. yang menyeruak diantara hening sepinya malam dipercaya masyarakat Jawa sebagai tanda pasti bahwa makhluk ini sudah dekat – kata beberapa masyarakat jawa di area pedesaan

Makhluk mitos Jawa yang dikenal sebagai pemangsa mayat

Dalam kehidupan masyarakat Jawa, sebenarnya sosok makhluk astral ini sudah sangat terkenal. Namun karena perkembangan zaman yang semakin maju, legenda makhluk yang satu ini mulai sirna dari kehidupan masyarakat di Jawa. Sama seperti cerita hantu kromoleyo yang juga merupakan cerita seram khas dari tanah Jawa (kami telah mengulasnya disini).

Nama hantu engklek engklek sendiri berasal dari suara klek.. klek.. klek yang terdengar sejurus sebelum kemunculan makhluk ini. Cerita misteri makhluk ini agaknya sudah tergeser oleh semakin banyaknya penduduk. Jadi jangan kaget bila di daerah urban dan perkotaan, orang mungkin jarang yang mengetahuinya. Namun di daerah-daerah Jawa yang masih agak terpencil, cerita ini masih cukup kental dipercayai oleh masyarakat.

Perwujudan dari makhluk ini sering dijelaskan mirip sosok tinggi kurus dengan wajah yang menyeramkan. Biasanya sosok ini nampak berkeliaran di tanah pekuburan sambil memanggul buntelan putih besar dibahunya. Menurut kepercayaan masyarakat, buntelan besar itu merupakan buntelan pocong yang diambil dari kuburan untuk kemudian dimangsa oleh sosok hantu engklek engklek tersebut.

Dahulu kala, ketika tanah Jawa belum sepadat sekarang. Orang-orang tua banyak bercerita bahwa bila ada warga yang meninggal di malam-malam tertentu. Maka warga akan memberlakukan jam jaga malam di sekitar pekuburan, untuk menjaga agar hantu engklek engklek tidak datang dan mengambil mayat tersebut untuk dimangsa.

Tidak ada yang mengetahui apakah makhluk legendaris ini merupakan sosok monster atau satu dari sekian banyaknya misteri alam gaib di dunia. Bahkan ada pula yang berpendapat bahwa sebenarnya makhluk ini merupakan perwujudan dari orang yang mempraktikkan ilmu hitam. Ilmu hitam tersebut kemudian mengharuskan pemiliknya untuk berubah menjadi sosok hantu engklek engklek yang menyeramkan itu.

Misteri alam gaib Setan klek-klek yang lain?

Terlepas dari kisah seram misteri alam gaib hantu klek klek yang suka memangsa mayat dari pekuburan. Sebenarnya ada satu hantu Nusantara yang memiliki ciri yang sama, yakni Setan klek-klek. Sosok makhluk astral yang satu ini juga sering memperdengarkan suara klek..klek.. klek sebagai tanda kemunculannya. Bila seseorang mencari sumber suara tersebut, maka orang itu akan bertemu dengan sosok pocong yang sedang memukulkan satu tulangnya ke tulang-tulang lain di beberapa bagian tubuhnya. Ngerii!!