Menguak Kisah Misteri Amplas Jogjakarta Yang Membuat Bulu Kuduk Merinding

Siapa yang tidak kenal dengan mall besar di yogyakarta, ambarukmo plaza. Mall yang terletak di jalan solo ini termasuk mall yang selalu ramai pengunjung. Hampir setiap harinya selalu penuh dengan orang-orang yang berlalu lalang. Ambarukmo plaza atau yang dikenal dengan amplaz ternyata menyimpan misteri yang menyeramkan. Kisah misteri amplaz seperti tersimpan rapi di dalam kemewahan gedungnya. Jika kita lihat dari luar, amplaz menjelma menjadi gedung yang mewah. Seperti tidak menyimpan misteri sama sekali. Tetapi kita kita telisik ke dalam, ada banyak sekali misteri yang tak terungkap.

 Misteri Pembangunan Gedung Amplaz

Amplas jogja

Amplas jogja

Buat orang asli jogja, pasti tahu dulunya tanah yang dibuat menjadi amplaz adalah bekas pesanggrahan tempat tinggal raja jogjakarta sultan HB VII. Bahkan sampai saat ini pesanggrahan tersebut masih berdiri kokoh diantara ambarukmo plaza dan hotel santika royal ambarukmo. Sampai saat ini tempat tersebut memang tetap dibiarkan, seperti menyimpan sebuah rahasia tersendiri dan akan membahayakan jika dibongkar begitu saja. Mari kita kembali ke misteri pembangunan gedung amplaz. Proses pembangunan gedung amplaz tidak berjalan mulus. Ada banyak sekali hambatan yang dialami oleh para pekerja. Bahkan sampai memakan korban. Dari cerita ada 15 orang yang meninggal ketika proses pembangunan. Terutama pada saat pembangunan lantai basemen parkiran. Katanya ada beberapa mayat yang dicor didalamnya. Tapi ini masih menjadi misteri kebenarannya.

Ada banyak sekali kejadian aneh yang terjadi di parkiran basemen. Ada yang lihat tukang parkir malam-malam, padahal itu sudah jam 1 pagi. Di toilet basemen cleaning service mendengar suara di dalam toilet, tetapi ketika dilihat tidak ada siapa-siapa didalam toilet dan masih banyak sekali kejadian aneh yang menyeramkan. Buat orang-orang yang memiliki indra keenam atau bisa melihat hal gaib. Pasti merasa aneh dan ada energi kuat di sekitar basemen. Kabarnya dulu salah satu bagian basemen amplaz adalah bekas kuburan. Ada yang bilang kuburan kuda kerajaan dan ada yang bilang kuburan prajurit kerajaan zaman dulu.

Desas-desus mistis di beberapa bagian gedung Amplaz

Selain di basemen masih banyak sekali kejadian aneh yang dialami oleh pengunjung amplaz. Dulu pertama kali amplaz buka, ada banyak sekali kejadian aneh yang terjadi. Buat warga sekitar amplaz pasti sudah kaget lagi mendengar cerita ini. Dulu setiap malam ada banyak sekali barang jualan yang berantakan. Tak hanya 1 atau 2 toko saja, tetapi ada banyak sekali toko yang mengalaminya. Bahkan ada beberapa kasir toko yang menyala sendiri. Ohya di dalam amplaz juga terdapat tempat dugem yang cukup terkenal. Dulu pernah ada orang yang melihat cewek cantik duduk sendiri dengan wajah tertutup rambut. Tetapi setelah dia lihat lagi, cewek itu tiba-tiba menghilang.

amplas-2

Lalu di sekitar bioskop 21. Buat kamu yang suka nonton film, pasti sudah sering keluar masuk gedung yang berada di lantai atas amplaz ini. Ternyata di sekitar bioskop 21 juga menjadi tempat berkumpulnya para penghuni amplaz. Katanya di depan pintu masuk sering dijadikan tempat berkumpul mereka. Bahkan mereka juga ikut nonton di dalamnya. Ada cerita dari seseorang yang sedang menonton film. Kursinya serasa di ketuk-ketuk, tetapi ketika melihat kursi di atasnya tidak ada orang sama sekali.

Sebenarnya tidak bisa kita pungkiri bahwa di dunia kita hidup saling berdampingan dengan mereka. Seperti di daerah jogja, yang kejawennya masih sangat kental membuat hawa mistis di sana masih terasa. Bahkan di hotel santika ambarukomo sebelah amplaz, ada satu kamar yang selalu dikosongkan. Konon katanya kamar tersebut dikhususkan untuk nyai roro kidul penguasa laut selatan. Semua kisah misteri amplaz diatas, bisa kamu percayai atau tidak. Yang jelas kita harus selalu percaya dengan Tuhan YME. Kalau kita tidak mengganggu mereka, mereka juga tidak akan mengganggu kita. Serahkan semuanya dengan ALLAh SWT.