Mengenal Kehidupan Masyarakat Gaib dari Orang Bunian dan Wong Samar

Mungkin salah satu sobat hantupedia disini pernah menemui atau secara tidak sengaja melihat sekumpulan orang-orang yang tampak seolah sedang melakukan aktifitas sehari-hari. Namun, kejadian itu sobat temui di tempat dan waktu yang sebenarnya tidak masuk akal untuk sekumpulan orang beramai-ramai disana. Misalnya saja ketika anda mendaki gunung dan di malam hari. Tentu itu adalah hal yang anomali bukan? – Bila sobat Hantupedia pernah mengalaminya, maka kemungkinan sobat telah menyaksikan masyarakat gaib yang biasa disebut Orang bunian atau wong samar.

Istilah Orang bunian dan Wong samar merupakan dua istilah yang sama yang ditujukkan kepada kumpulan masyarakat gaib yang hidup bersama kita. Hanya saja istilah orang bunian berasal dari daerah Sumatera Barat dan sekitarnya. Sedangkan Wong Samar merupakan istilah yang dipakai oleh orang-orang di kepulauan Jawa.

Mengenal Kehidupan Masyarakat Gaib dari Orang Bunian dan Wong Samar

Seperti layaknya manusia, Masyarakat gaib ada yang baik dan ada pula yang jahat

Seperti layaknya dalam kehidupan kita sebagai manusia. Dimana dunia kita sendiri dipenuhi dengan kejahatan dan kebaikan. Hal ini berlaku pula dalam kehidupan masyarakat gaib yang disebut dengan istilah orang bunian atau wong samar ini. Ada banyak kasus dimana mereka menyesatkan dan menjebak manusia agar tersesat ketika berada di dalam hutan atau tempat-tempat mistis. Ada pula mereka yang bertindak jahat dengan menakut-nakuti dan menteror manusia yang kebetulan lewat di perkampungan mereka.

Namun tidak hanya itu saja. Ada beberapa dari orang bunian dan wong samar yang baik. Bahkan dalam pemberitaan di tahun 2015 di sebuah media massa diceritakan bahwa ada sekumpulan orang-orang misterius yang muncul bersama warga dalam kegiatan pemadaman kebakaran hutan di Riau. Setelah kebakaran hutan tersebut padam, orang-orang tersebut lenyap bak di telan bumi entah kemana.

Menurut beberapa orang yang pernah memiliki pengalaman berinteraksi dengan orang bunian dan wong samar. Mereka pada dasarnya hanyalah masyarakat gaib yang tidak neko-neko dan baik. Mereka hanya menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Yang menjadikan mereka “terkesan” jahat adalah karena biasanya kita yang mengusik mereka dahulu. Mungkin bersikap tidak sopan, melanggar pantangan sakral disekitar kediaman mereka dan lain-lain yang akhirnya membuat mereka bertindak.

Dari Kasus orang hilang tanpa jejak dan mediasi untuk meminta bantuan

Banyak diantara ratusan, bahkan ribuan kasus orang hilang di pegunungan, hutan, dan tempat-tempat angker lainnya dipercaya merupakan ulah dari masyarakat gaib ini. Biasanya orang yang hilang di gunung tersebut akan ditemukan kembali dalam keadaan linglung atau kebingungan. Yang paling parah sudah menjadi gila atau tewas. Namun, ada juga beberapa kasus dimana ada orang yang memang sengaja mendatangi dunia mereka atau malah berniat untuk tinggal bersama mereka meninggalkan dunia manusia.

Dalam kepercayaan masyarakat jawa mengenai wong samar. Tingkat tinggi rendahnya keberhasilannya orang hilang (karena diculik wong samar) untuk ditemukan kembali adalah satu sampai dua jam. Selebihnya akan lebih sulit. Terlebih bila orang yang ‘dibawa’ oleh orang bunian atau wong samar itu telah memakai pakaian yang diberikan oleh mereka, maka sudah bisa dipastikan orang tersebut akan sangat sulit untuk ditemukan.

Selain kasus orang yang dibawa oleh masyarakat gaib tersebut, ada pula beberapa orang yang melakukan mediasi dengan mereka. Biasanya mereka melakukannya dengan tujuan bermusyawarah akan hal-hal yang berhubungan dengan mereka. Seperti semisal melakukan pembangunan di lahan yang kebetulan merupakan tempat tinggal mereka. Atau dalam beberapa kasus lain ada yang bahkan melakukan mediasi untuk meminta bantuan pada suatu acara adat atau hajatan.

Ras manusia kuno dan manusia yang disembunyikan oleh Alam? 

Terlepas dari banyaknya versi cerita tentang masyarakat gaib yang dikenal dengan istilah orang bunian atau wong samar ini. Ada pula yang mempercayai bahwa sebenarnya mereka itu adalah termasuk ras dari manusia kuno yang sudah hidup berabad-abad lalu. Dalam artikel hantupedia sebelumnya, kami membahas orang bunian sebagai salah satu suku gaib yang dipercaya menjadi dalang dalam beberapa peristiwa di Sumatera. Karena suatu hal kehidupan mereka disembunyikan oleh alam, sehingga kita tidak bisa secara langsung melihat mereka.

Tentu dengan ulasan makhluk gaib yang disebut orang bunian dan wong samar kali ini. Kita harus semakin menyadari bahwasanya kita hidup di dunia ini tidak sendirian. Ada makhluk-makhluk tak kasat mata yang juga ikut hidup berdampingan dengan kita. Kita tidak boleh sembarangan dan secara tidak sopan mengganggu atau mengusik kehidupan mereka. Disisi lain kita diajari untuk lebih mencintai lingkungan kita hidup. Berperilaku yang baik dan menghargai sesama.