Legenda Penampakan Hantu Nenek Kia dan cerita misteri tentangnya yang sering kasih Pelajaran Tentang Etika pada wanita muda dan itu bikin mereka takut

Dari hari ke hari kelakuan para kids zaman now semakin memprihatinkan saja. Segala fasilitas yang membuat hidup mereka lebih praktis dan nyaman malah menghantarkan mereka pada hilangnya etika-etika sosial dan bermasyarakat. Banyak hal konyol dan kurang sesuai norma mulai dilakukan oleh mereka. Mungkin Ini saat yang tepat untuk legenda penampakan hantu nenek kia untuk muncul kembali demi mengatasi hal itu. Eh bentar! Siapa nenek kia itu? 

Siapakah gerangan sosok penampakan hantu nenek kia?

Legenda dan banyak penutur cerita hantu mengatakan, penampakan hantu nenek kia mirip seperti Mak Lampir. Konon dahulu kala, Hantu wanita berwujud nenek nenek sakti ini sering mendatangi para gadis-gadis yang petanan (mencari kutu) di malam hari. Kelakuan ini merupakan sebuah perilaku tidak etis dalam masyarakat. Dan Hantu nenek kia selalu hadir ketika perilaku tak etis semacam ini terjadi di tengah-tengah masyarakat. Setidaknya ada 3 tahap pada munculnya penampakan hantu nenek kia ini:

Nenek Kia akan memperingatkan dengan suara-suara lirih

Dari banyak cerita mitos misteri. Nenek Kia akan mencoba memperingatkan orang-orang yang melanggar etika tersebut dengan ucapan. Hal ini biasanya akan berupa hembusan angin sepoi yang disertai bisikan yang terdengar sayup-sayup di telinga.

hantu nenek kia akan “menampar” mereka

Beberapa orang mungkin menyadarinya, lalu kemudian mereka akan menghentikan tindakan tak beretika mereka karena khawatir akan murka hantu nenek kia. Namun mungkin juga ada mereka yang sama sekali tidak menggubris peristiwa aneh tersebut dan malah melanjutkan tindakan mereka. Bila itu terjadi, hantu seram nenek kiya ini akan menampar mereka dengan cara mendatangkan angin yang lebih kencang dari sebelumnya.

Nenek Kia akan menampakkan diri

Bila pada poin ini orang tersebut masih belum mau berhenti melakukan tindakan yang melanggar kode etik dalam masyarakat. Maka tidak ada cara lain lagi. Nenek Kia akan menampakkan diri di hadapan mereka dengan penampakan hantu seram dengan raut wajah yang kesal. Sontak pastinya karena melihat itu, orang-orang tersebut akan merasa ketakutan dan bubar dari segala tindakan melanggar etika yang mereka lakukan.

Apa hubungannya hantu nenek kia dengan etika dan norma masyarakat? 

Zaman dulu, tak terhitung banyaknya aturan tentang etika dalam masyarakat. Dan peraturan itu mengikat erat pada norma-norma sosial yang bila dilanggar, maka si pelaku dinyatakan telah berbuat hal buruk atau tabu. Terutama untuk para kaum hawa. Di zaman dulu, seorang gadis memiliki banyak aturan yang harus ditaati. Seperti harus tampil menawan dan bersih. Tidak boleh meninggikan suaranya karena harus lemah lembut, cara berjalannya harus anggun dan masih banyak lagi.

Nah cerita misteri tentang kemunculan penampakan hantu nenek kia ini erat dengan aspek etika dan norma masyarakat kala itu. Ketika seseorang (terutama wanita) melanggar aturan etika (seperti mencari kutu di malam hari seperti contoh diatas atau mungkin perilaku lainnya), maka nenek kia akan datang untuk mengingatkan mereka. Hantu nenek kia ingin mereka berhenti melakukan hal-hal yang melanggar etika.

Cerita hantu seram nenek – nenek yang dibuat-buat?

Legenda penampakan hantu nenek – nenek seram ini sampai sekarang bahkan masih di ceritakan secara turun temurun. Tidak ada yang tahu secara pasti sejak kapan kemunculan hantu seram berwujud nenek tua ini mencuat ditengah-tengah masyarakat. Yang pasti, ada sebagian orang percaya bahwa legenda sosok nenek ini merupakan mitos belaka. Mitos yang sengaja dibuat oleh para tetua zaman dulu agar anak-anak mereka tetap menghormati dan mematuhi norma-norma dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat.

hantu nenek kia yang legendaris dengan banyak kisah mistis menyelimutinya

Kepercayaan Masyarakat atas arwah leluhur 

Selain dugaan sebagian orang yang mengatakan bahwa legenda penampakan nenek mistis ini adalah cerita mitos yang dibuat-buat. Ada pula sebagian orang yang menganggap sosok wanita tua ini sebagai arwah leluhur yang tetap tinggal sebagai makhluk halus karena merasa bertanggung-jawab untuk mempertahankan kebudayaan di tengah-tengah zaman yang semakin gila ini.

***

Tentu ada segi positif yang bisa kita tangkap dari kisah seram dan cerita mistis hantu nenek Kia ini. Salah satunya adalah dengan adanya cerita hantu ini, banyak anak-anak generasi selanjutnya yang bisa lebih berhati-hati ketika bertindak. Mereka lebih menyadari etika secara gamblang dan memiliki kekhawatiran untuk melanggarnya.

Mungkin kids zaman now perlu juga dikasih cerita serupa, agar mereka lebih bisa tumbuh dan terarah pada jalan yang baik dalam kehidupan, menjadi pribadi yang toleran dan saling menghormati etika, norma dan kebersamaan. Yang disayangkan adalah cerita legenda penampakan nenek ini semakin hilang seiring dengan perkembangan zaman. Sebagai generasi indonesia selanjutnya, sepertinya kita perlu melestarikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here