Legenda dan Penampakan Hantu Belanda di Tikungan Skyline Jayapura

Ritual menabur uang logam yang entah kapan sudah menjadi tradisi

Di daerah mata kucing skyline tersebut ada sebuah mitos dan klenik semacam tradisi agar orang-orang yang melewati daerah tersebut bisa dengan selamat melintasi daerah tersebut tanpa diganggu hantu-hantu disana. Ritual itu mengharuskan seorang yang melintas di daerah tersebut untuk membuang uang logam diarea tersebut.

Kita semua tidak tahu kapan tradisi melempar uang logam disana dimulai, tapi memang sejak zaman Kita kecil memang sudah ada kebiasaan seperti itu – tukas Orpa, seorang penduduk lokal yang lahir dan tumbuh di kawasan tersebut

Banyak orang dan penduduk sekitar yang mempercayai bahwa uang logam yang dibuang tersebut berlaku sebagai upeti. Upeti agar roh-roh dan penampakan hantu tidak mengganggu perjalanan. Hal ini karena percaya tidak percaya, banyak kasus kecelakaan fatal yang terjadi dikawasan tersebut. Dan banyak dari mereka yang mengalaminya mengaku terkejut karena tiba-tiba ada sosok yang entah dari mana muncul begitu saja di hadapan mereka.

legenda penampakan hantu belanda suster jacqueline dan cerita seramnya di skyline Jayapura

Sehingga kendaraan mereka selip dan mengalamai kecelakaan. Namun, ada sebagian orang pula yang tidak percaya akan hal itu. Mereka yang skeptis lebih mempercayai bahwa jalanan di kawasan itu memang tergolong agak curam dan menjorok. Sehingga cukup riskan dalam terjadi kecelakaan. Siapa yang tahu kan?