Kuburan angker indonesia – Adalah sebuah hal yang sudah FIX untuk kita semua. Bahwa pemakaman atau kuburan (baik itu kecil atau besar, luas atau sempit) tetap saja merupakan suatu tempat angker yang selalu dikaitkan dengan cerita hantu dan hal mistis. Kuburan memang pada umumnya sudah seram. Mungkin bila kita ulas satu-satu makam di berbagai daerah di Indonesia, akan ada cerita misterinya masing-masing. Tetapi ternyata, ada beberapa yang terkenal paling angker di Indonesia. Cek list nya dibawah:

1. Lewat Makam Wotgaleh, Pesawatpun Jatuh

Makam Wotgaleh yang terletak di Yogyakarta ini menyimpan cerita hantu yang mencengangkan bagi pendengarnya. Makam ini termasuk salah satu kuburan paling angker di Indonesia. Menurut cerita setempat, di makam ini tertanam jasad Pangeran Purbaya putera Panembahan Senopati yang memiliki kekuatan sakti luar biasa. Keangkeran dari Makam ini sudah sangat terkenal di kalangan warga Yogyakarta.

Lebih dari sekadar cerita hantu yang berhembus di telinga warga, bahkan apapun yang melintas di atas makam tersebut akan jatuh. Warga setempat sering kali menemukan banyak bangkai burung yang sudah berbau busuk di tengah makam. Beberapa puluh tahun yang lalu, ada pesawat yang melintas di atas makam. Seolah menjadi bukti dari seluruh cerita seram yang beredar, pesawat tersebut oleng dan jatuh tepat di tengah makam tersebut. Kejadian ini membuat makam tersebut dinobatkan menjadi salah satu kuburan angker Indonesia.

2. Wisata Horor: Kuburan Tana Toraja

Kuburan angker Indonesia selanjutnya adalah kuburan batu Tana Toraja. Kuburan ini menjadi salah satu tempat angker di daerah Toraja. Warga di sini memiliki tradisi memakamkan keluarga atau pun saudara mereka dengan cara memasukan jenasah ke dalam peti kayu. Lalu, peti kayu tersebut diletakkan di dinding batu. Jenasah juga akan dibuatkan patung kayu yang mirip dan diletakkan tak jauh dari tempat peti mati tersebut. Sedangkan untuk jenazah bayi, petinya hanya diletakkan di dalam pohon.

Prosesi pemakaman di tanah Toraja memang dinilai sakral. Bahkan ada legenda mayat berjalan yang juga terkenal sebagai kisah mistis disana. Bila sobat hantupedia hendak wisata ke kuburan tana Toraja ini. Harap waspada. Walaupun boleh dikunjungi, semua orang tidak diperbolehkan mengambil apapun yang ada di makam tersebut. Konon katanya, kita akan dihantui bahkan sampai di rumah kita yang mungkin berbeda pulau kalau kita mengambil sesuatu dari makam. 

3. Kuburan Trunyan yang Berbau Wangi

Kuburan Trunyan juga menjadi salah satu kuburan angker Indonesia. Kuburan ini ada di pulau Bali, dan namanya diambil dari nama pohon raksasa yang ada di makam tersebut, yaitu pohon Taru Menyan. Nama kuburan ini kemudian disingkat menjadi Trunyan. Walau nama pohonnya sendiri sudah seram, tradisi pemakamannya lebih membuat merinding.

Berdasarkan tradisi, jenasah tidak dikuburkan seperti pada umumnya melainkan diletakkan saja di bawah pohon raksasa tersebut. Uniknya, makam ini tidak pernah bau bangkai atau busuk. Sebaliknya, tempat ini selalu wangi. Bau wangi ini memang disinyalir datang dari pohon Taru Menyan tersebut. Walaupun baunya wangi, makam ini tetap bernuansa angker. Banyak warga yang mengaku pernah melihat penampakan hantu di sana. Mungkin, hantu tersebut adalah roh orang-orang yang jenasahnya diletakkan di sana.

4. Kuburan Bonoloyo TPU Terluas di Solo

Kuburan yang satu ini dikenal oleh warga Solo sebagai kuburan terluas. Bahkan juru kunci dan pengelola pemakaman tersebut dikabarkan sempat mengalami kesulitan dalam menyediakan lahan pemakaman baru. Karena saking banyaknya jenazah yang sudah ditanam di komplek pekuburan yang memiliki luas hampir 10 hektar tersebut. Lokasi pemakaman Bonoloyo itu sendiri bersinggungan dengan beberapa wilayah kampung di sampingnya.

Kuburan ini memiliki beberapa kisah misteri yang cukup unik. Mungkin bagi warga setempat yang tinggal di kampung dekat kuburan besar ini sudah terbiasa dengan hal-hal iseng yang sering dilakukan hantu penghuni pekuburan ini. Namun bagi mereka orang asing, tentu bisa membuat geleng kepala. Banyak kejadian seperti munculnya sosok tinggi besar, atau suara memanggil dari balik kuburan.

Ada pula cerita hantu wanita yang menangis di malam hari atau sosok misterius yang mengikuti seseorang yang kebetulan lewat di sekitar kuburan ini. Maka dari itu kuburan ini selalu tampak sepi di malam hari. Dan momen inilah yang sering juga digunakan para penjahat atau bandit untuk melakukan aksinya. Karena banyak kasus penjambretan dan pesta miras di daerah komplek pekuburan ini.

5. Kuburan Maut Pepen

Kuburan paling seram di Indonesia ini berada di daerah Malang. Menurut warga setempat, makam ini menjadi sarang makhluk halus yang sering sekali mengganggu siapapun yang lewat di sekitar makam tersebut. Mereka yang berasal dari kota Malang pasti sudah cukup sering mendengar cerita angker ini.

Kejadian menyeramkan sering kali terjadi ketika para pengendara tiba-tiba melaju masuk ke area pemakaman. Padahal menurut mereka, mereka berjalan di jalan aspal yang baik. Tidak hanya itu, banyak kecelakaan terjadi di sekitar makam dan sudah merenggut banyak korban.

6. Makam Raja-Raja Imogiri

Kuburan angker Indonesia selanjutnya adalah makam para raja yang bertempat di Imogiri Bantul, Yogyakarta. Setiap hari, tidak sedikit wisatawan yang datang ke tempat ini, entah untuk sekedar berkunjung maupun berziarah mengirim doa. Makam ini dianggap sebagai tempat angker karena  merupakan makam raja-raja dari kesultanan Mataram yang tentunya menyimpan banyak misteri.

Tidak sekedar menyimpan misteri, banyak penampakan hantu yang sering ditemui wisatawan di makam ini. Menurut salah satu cerita yang dituturkan warga setempat, makam ini menjadi sarang jin dan makhluk halus lainnya. Bahkan, banyak orang-orang yang datang ketempat tersebut tidak untuk berdoa tetapi untuk meminta pesugihan.

Sebenernya nggak cuman 6 kuburan itu aja sih. Masih seabrek tempat angker berupa kuburan yang jumlahnya ribuan di Indonesia kita yang luas ini. 6 lokasi diatas hanya segelintir contoh dari yang terangker. Bukan hanya seram, kuburan-kuburan tersebut memang sebaiknya tidak usah didatangi saking angkernya. Masih ingin uji nyali di kuburan-kuburan tersebut? Kalo masih ada yang nekat, boleh kok… tapi resiko tanggung sendiri yak! hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here