Kisut: Penampakan Makhluk Halus Berwujud Bayangan di Pacitan

Salah satu tim hantupedia beberapa minggu yang lalu kebetulan mengunjungi neneknya yang tinggal di desa Punung, Pacitan. Daerah yang dikenal sebagai kota seribu goa itu memang cukup menyajikan keindahan alam yang asri. Tak hanya gua-gua yang unik, sepanjang jalan lintas selatan banyak juga berjejer pantai-pantai yang oke punya. Daerah Pacitan sendiri agaknya memiliki topografi yang miri-mirip daerah gunung kidul Yogyakarta. Kebetulan dari kunjungannya tersebut, ada satu kejadian heboh yakni seorang pemuda yang ketakutan setelah melihat penampakan makhluk halus.

Usut punya usut ternyata pemuda tersebut bukanlah warga asli yang tinggal di desa tersebut. Melainkan pendatang yang merupakan genda’an (selingkuhan) dari seorang wanita dikampung tersebut. Kejadian begitu heboh karena pemuda itu tiba-tiba berteriak minta tolong. Ketika warga mendengar dan membantunya, sekujur tubuhnya gemetaran tidak karuan. Beberapa penduduk percaya, itu adalah ulah hantu kisut.

penampakan makhluk halus-di-pacitan-yang-bernama-mbah-kisut

Apa itu hantu kisut? 

Lalu apa itu sosok hantu yang disebut kisut ini? – Orang-orang di Pacitan sendiri memanggilnya dengan istilah Kisut atau Mbah kisut. Panggilan “Mbah” sendiri bagi tradisi masyarakat Jawa diperuntukkan untuk penghormatan orang yang lebih tua. Penduduk percaya bahwa sosok penampakan makhluk halus ini adalah penghuni asli daerah Pacitan yang sudah lama berdiam disitu.

Dalam versi lain juga diceritakan bahwa sosok astral ini merupakan pengikut setia Pangeran Mangkubumi yang pernah mengunjungi daerah itu dimasa kolonial untuk mundur sementara dari peperangan dan mengatur siasat (perang Nagari 1746-1755 M). Karena merasa berterima-kasih kepada daerah tersebut, Pangeran Mangkubumi kemudian memerintahkan abdinya (yakni Kisut) untuk menjaga daerah ini. Namun banyak orang yang menyangsikan teori ini, karena memang sosok penampakan makhluk halus inipun masih terselubung misteri.

Tipikal penampakan makhluk halus kisut

ilustrasi-penampakan-hantu-kisutSosok hantu ini sangatlah istimewa. Hal ini dikarenakan sosok penampakannya biasanya berwujud bayangan hitam yang bisa memantul pada media apapun. Sosoknya bisa menyerupai bayangan manusia dalam siluet. Bahkan ada versi yang menceritakan bahwa bayangan ini bisa melilit korbannya. Bayangan hitam dari sosok hantu kisut ini biasanya akan mengikuti seseorang. Yang menjadi indikasi seseorang diikuti oleh hantu kisut ini adalah bayangan orang tersebut. Bentuk, dari panjang pendeknya akan mengikuti orang tersebut tidak sesuai dengan sudut cahaya yang terpantul.

Hantu unik yang satu ini tergolong usil. Namun keusilannya hanya dilakukan kepada orang-orang pendatang yang memiliki niatan buruk saja. Seseorang yang berkunjung dengan niyat jahat ke daerah Pacitan, biasanya akan tersesat dijalan (tidak tahu arah). Ada kasus lain yang terjadi dimana hantu kisut ini akan menjelma sebagai sosok orang yang dikenal orang tersebut.

Orang-orang asli daerah Pacitan pasti akan segera tahu bahwa orang tersebut diikuti dan dijahili oleh hantu kisut karena wajah mereka terlihat bingung dan linglung. Bila itu terjadi biasanya seorang warga sekitar akan menepuk punggung atau badan orang tersebut untuk membuatnya terlepas dari jerat keusilan hantu bayangan hitam yang satu ini.

Nah, sahabat hantupedia, sebenarnya banyak sih cerita penampakan-penampakan makhluk halus yang memiliki wujud bayangan hitam. Bahkan diberbagai daerah memiliki cerita tersebut. Namun cerita hantu bayangan itu hanya secara umum dibahas. Sedangkan hantu kisut, dia berbeda karena memiliki cerita yang spesifik dan sudah menjadi kepercayaan serta legenda di daerah Pacitan. Kalo suatu hari hendak main ke Pacitan, hilangkan niat-niat buruk dulu ya! Salah-salah anda malah diikuti hantu kisut, kan jadi horor nantinya. hihi