Kisah Seram Nan Mencekam Telaga Hantu Sei Ladi di Batam

Siapa sih yang tidak mengenal Batam. Kota ini merupakan satu dari gugusan kepulauan Provinsi Riau yang dikenal sebagai kota terbesar keempat di Sumatera. Wilayah Batam diliputi dua Selat, yakni selat Malaka dan Selat Singapura. Meski ramai dengan hiruk pikuknya, kota ini masih tidak bisa luput dari hal-hal menyeramkan. Yang paling heboh diantara yang lain adalah kisah mencekam tentang sebuah Telaga Hantu bernama telaga Sei Ladi, yang banyak dibicarakan orang.

jembatan telaga sei ladi Batam yang angker

Telaga ini dikenal di daerah Batam sebagai salah satu dari tujuh dam besar yang ada di Pulai Batam. Fungsi aslinya adalah sebagai penampung air bersih sebagai kebutuhan warga kota. Nah, telaga Sei Ladi ini merupakan dam yang tidak terlalu besar seperti dam duriangkang, namun pula tidak terlalu kecil seperti dam Baloi yang juga merupakan salah satu dari 7 dam utama kota medan.

Telaga ini terbelah oleh satu jembatan yang panjang melintang menghubungkan kawasan Sekupang dengan Batam Center. Menjadikan jembatan ini sebagai rute yang harus dilalui untuk bepergian dari Batam Center ke daerah Sekupang. Tidak hanya menjadi jembatan perlintasan, suasana asri dan indah yang berupa pepohonan rindang memenuhi area telaga membentang luas sampai daerah Batuaji. Tentu hal ini membuat daerah ini menjadi tempat yang cukup asyik untuk dikunjungi.

Oleh karena itu banyak pula orang yang menyempatkan diri berhenti ditepi jembatan telaga Sei Ladi untuk memancing dan menghabiskan waktu. Namun, bila malam hari telah datang. Suasana jembatan di telaga sei Ladi ini berubah drastis menjadi mencekam dan sangat nyenyat. Mengingat pula tidak ada pemukiman warga disekitar daerah itu yang menambah kesan menyeramkan dimalam hari. Dibalik itu pula, jembatan telaga Sei Ladi ini menjadi saksi bisu banyak kejadian menyeramkan dan kisah mencekam.

Menjadi tempat orang membuang bayi dan mayat

Sepertinya sudah menjadi sebuah rahasia umum bagi warga batam bahwa jembatan yang membelah telaga Sei ladi ini dikenal menjadi tempat nahas praktik aborsi dan tindakan kejahatan. Banyak pasangan-pasangan kumpul kebo yang membuang orok bayi yang diaborsi kesungai ini. Banyak pula orang-orang bejat yang membuah mayat korban pembunuhan mereka ketelaga ini. Kepolisian setempat juga banyak mendapati kasus demikian dan melakukan investigasi dan olah tkp dari banyak kasus penemuan mayat di telaga ini.

Menjadi spot bunuh diri dan tempat yang rawan terjadi kecelakaan

Selain terkenal sebagai spot pembuangan orok hasil aborsi dan pembuangan mayat pembunuhan. Telaga Sei Ladi ini juga dikenal sebagai spot orang untuk bunuh diri. Kasus yang sering terjadi adalah orang melompat terjun ke dalam Telaga atau menggantung diri di Jembatan Dam Sei Ladi ini. Jalur jembatan ini pula dikenal sebagai tempat yang rawan terjadi kecelakaan.

Banyak yang mengatakan bahwa kebanyakan versi penyebab kecelakaan yang terjadi disini cukup aneh. Seperti secara tiba-tiba ada sosok anak kecil berlari menyeberang jalan atau sosok kakek-kakek yang berdiri ditengah jalan dan mengagetkan pengemudi yang melintas. Salah satu kisah kecelakaan maut yang heboh adalah kecelakaan yang menyebabkan seorang bocah tewas. Konon menurut penuturan banyak orang arwah bocah itu penasaran dan sering muncul di daerah ini karena pihak keluarga belum bisa ikhlas menerima kematian bocah tersebut. Semenjak itu banyak terjadi kecelakaan aneh di daerah ini.

Bahkan ada penggiat film yang bernama Ibonk Hermansyah yang tertarik untuk membuat versi layar lebar untuk kisah ini dengan judul “hantu Sei Ladi”. Bisa dikatakan film tersebut diangkat dari kisah nyata karena memang terinspirasi dari kisah hantu bocah Sei Ladi yang kerap menampakkan diri di area telaga Sei ladi ini.

Menjadi tempat persemayaman hantu-hantu dan arwah penasaran

Arwah bocah korban kecelakaan itu hanyalah segelintir cerita seram nan mistis yang terjadi di area Telaga Sei Ladi ini. Menurut penuturan warga dan beberapa praktisi supernatural mengatakan bahwa daerah ini sangatlah angker. Orang-orang banyak menjulukinya sebagai Telaga hantu Sei Ladi karena dipercaya merupakan tempat bersemayam banyak sekali hantu dan arwah penasaran.

Beberapa tokoh spiritual setempat bahkan sempat menjelaskan kepada tim hantupedia bahwa terdapat banyak guna-guna yang kemudian dibuang kedaerah ini. Oleh karenanya, daerah ini termasuk daerah “gawat” yang kita tidak boleh sembarangan dalam bertingkah laku. Banyak dari warga Batam yang mewanti-wanti agar banyak berdoa dan berhati-hati bila melewati daerah ini, terutama pada malam hari. Atau lebih baik mempertimbangkan untuk menempuh jalur lain selain Jembatan Telaga Sei Ladi ini. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.