Kisah Pengalaman Seram Pak Dayat Saat Menangkap Ayam Waktu Kecil

“Yang pasti, itu merupakan cerita pengalaman seram yang tidak akan pernah hilang selamanya dari benak Bapak” – ungkap pak Dayat setelah usai bercerita tentang kisah hantu yang dia alami sendiri kala itu.

Tampak secercah senyum dan guyonan yang khas dari diri beliau. Kami tahu itu, karena kami sudah cukup lama mengenal beliau yang merupakan salah satu anggota pemuka agama yang cukup jenaka dengan sejumlah narasi-narasi konyolnya dalam tiap pengajian yang dibawakannya. Rahmat yang merupakan anak dari pak Dayat menggeleng curiga.

“jangan-jangan semenjak itu bapak akhirnya jadi lebih dekat dengan Tuhan, dan hingga akhirnya jadi pemuka Agama seperti sekarang” – tukasnya sambil nyengir

“Bisa dibilang seperti itu” – tandas Pak Dayat tidak keberatan. Dan perbincangan sore itu berlanjut dengan sedikit sentuhan ranum aroma kopi dan pisang goreng yang disajikan oleh sang empunya rumah.

***

Jogja yang modern seperti sekarang tidak menjadikan kota pelajar ini lepas dari banyak kisah mistis yang banyak menyelimuti daerah-daerahnya. Kisah menyeramkan ini kami dengar dari seorang bapak dari kawan kami yang tinggal di daerah Plembangan Yogyakarta. Daerah tersebut terletak di Sleman bagian Timur laut yang cukup jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Jika anda pernah mengunjungi wisata air di Yogyakarta yang bernama Jogja Bay, kalian tinggal lurus terus ke arah utara sejauh beberapa kilo untuk menemukan daerah ini.

Tidak hanya itu saja, kisah ini merupakan kisah yang terjadi bertahun-tahun yang lalu ketika Pak Dayat masih bawang. Kisah pengalaman seram ini terjadi ketika dirinya berumur sekitar 11 tahun. Di kediamannya yang kala itu masih sangat sepi nyenyat dan dipenuhi ladang dan pepohonan nan rindang.