Kisah Kelam Bangunan Kos Mangkrak di Tikungan Selokan Mataram Yogyakarta

Bagi sobat hantupedia yang telah beberapa lama tinggal di Yogyakarta. Tentu nama “selokan mataram” bukanlah suatu hal yang asing di telinga. Aliran sungai yang konon diprakarsai oleh Raja Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai siasat agar masyarakat Yogyakarta bisa terlepas dari kerja paksa oleh penjajah kala itu tentu menjadi saksi bisu dari banyak sekali hal mistis. Di sepanjang selokan mataram yang melintasi Yogyakarta ini. Ada beberapa sisi yang terkenal dengan cerita kelam nan menakutkan. Salah satunya cerita misteri yang tersembunyi di sebuah bangunan kos mangkrak di daerah tikungan Selokan Mataram di sekitar timur jalan besar Affandi.

Lokasi bangunan mangkrak dan terlantar ini bisa sobat hantupedia temui bila sobat melintasi Jalan Affandi dan hendak menuju arah seturan melewati jalur Selokan Mataram. Atau sebaliknya. Bangunan tersebut terletak tepat di pojokan tikungan dimana anda akan melintasi jembatan pendek menuju atau dari jalan Selokan Mataram. Rumah tersebut kini penuh dengan coretan grafitti dan tampak suram penuh kengerian.

kisah memilukan penuh misteri bangunan mangkrak bekas kos di jalan selokan mataram Yogyakarta

Apa yang terjadi dengan rumah ini dan para penghuninya 

Menurut beberapa sumber yang merupakan warga sekitar. Mereka mengatakan bahwa dahulu kala di era 90an bangunan mengkrak dan terbengkalai itu adalah sebuah kos-kosan wanita. Bangunan yang digunakan sebagai tempat kos tersebut sangatlah ramai. Dimana banyak para mahasiswi-mahasiswi yang ramai nongkrong dan ngobrol di lantai dua bangunan tersebut. Banyak aktifitas yang dilakukan para penghuni kos tersebut membuat kos itu selalu tampak ramai.

Keadaan yang hingar bingar tersebut berubah drastis setelah kejadian nahas terjadi pada salah satu mahasiswi penghuni kos itu. Wanita tersebut adalah seorang cantik jelita yang sedang menuntut ilmu di salah satu Fakultas Ekonomi Universitas besar di Yogyakarta. Sebut saja nama wanita tersebut adalah Lina. Kala itu dia sedang memadu kasih dengan seorang mahasiswa tampan. Namun sayang, ketampanan lelaki itu tidak sama dengan ketampanan hatinya. Dengan teganya kekasih tampannya tersebut selingkuh dengan teman satu kosannya. Lina bahkan pernah memergoki aksi mereka dengan mata kepala sendiri. Perselingkuhan tersebut pada akhirnya membuat teman satu kosan Lina hamil.

Sungguh terpukul perasaan Lina ketika mengerahui hal tersebut. Hati yang tersakiti dan perasaan terkhianati yang sangat mendalam membuat Lina kehilangan akal sehat. Hingga pada akhirnya Lina mengakhiri hidupnya sendiri dengan gantung diri di kamar kosan tempat dia tinggal di rumah tersebut. Lina ditemukan di pagi hari oleh penghuni kos lain tergantung pada korden jendela kos yang dibuat menyerupai seutas tali untuk mengakhiri hidupnya.

wanita bunuh diri dengan menggantung diri karena pacar selingkuh dengan teman satu kos

Arwah gentayangan dan para penghuni kos yang mulai ketakutan

Semenjak kejadian mengerikan tewasnya Lina tersebut. Satu demi satu teman satu kos Lina mulai ketakutan tinggal di rumah tersebut karena memang sosok hantu arwah penasaran Lina masih sering terdengar menangis di waktu malam. Bahkan sosoknya sering terlihat berjalan di koridor rumah kos tersebut. Para penghuni kos baru yang menyewa kamar di bangunan itupun mengaku sering merasa horor dan ketakutan karena sosok wanita yang merupakan arwah dari Lina.

Berita keangkeran rumah kos tersebut kemudian tersebar hingga akhirnya tiada orang lagi yang mau menempati bangunan angker tersebut. Hingga akhirnya bangunan tersebut mangkrak dan ditelantarkan hingga sekarang. Bahkan beberapa orang yang melewati daerah tersebut di malam hari kerap kali melihat sosok wanita berparas cantik, namun dengan wajah penuh kesedihan sedang duduk di balkon lantai dua bangunan tersebut. hiii…