Kamu Mahasiswa Baru UGM? Simak Dulu Mitos Legendaris UGM Ini biar Aman!

Sudah masuk tahun ajaran baru nih! Mungkin ada beberapa sobat hantupedia disini ada yang baru masuk kuliah di UGM (Universitas Gajah Mada). Selamat ya bagi sobat hantupedia yang ternyata bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi terkemuka di Yogyakarta. Tentu merupakan satu kebanggaan sendiri karena bisa masuk sebagai akademisi di universitas yang konon merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia ini. Nah, berbicara hal ikhwal tentang mahasiwa baru di kampus tua seperti UGM, tentu kalian perlu mengetahui beberapa hal-hal seputar kampus tua ini. Ada beberapa mitos legendaris UGM yang perlu disimak agar kehidupan kampus anda berjalan aman, tenteram dan sejahtera. Berikut mitos-mitosnya:

Akrabkan diri dengan kisah mbak yayuk, Mahasiswa Abadi FEB UGM

Salah satu cerita yang sangat terkenal diantara para mahasiswa dan mahasiswi UGM adalah mitos penunggu gedung fakultas FE (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Hantu penunggu yang sangat termasyur disini dinamakan “Mbak Yayuk”.  Konon hantu mbak yayuk ini dulunya merupakan seorang mahasiswi yang mati-matian memperjuangkan tugas akhirnya. Namun, seringkali skripsi yang dia ajukan berakhir dengan penolakan. Merasa tidak kuat dengan cobaan yang menimpanya perihal skripsi ini, kemudian mbak yayuk akhirnya mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari atas gedung fakultas ini. Menurut kabar yang beredar, sosoknya sering sekali “nampang” tak sengaja terekam kamera CCTV di lorong fakultas.

Baca lebih lengkap ulasan tentang kisah misteri mbak yayuk DISINI

FEB UGM yang terkenal dengan cerita mitos legendari mbak yayuk, mahasiswi abadi yang bunuh diri karena skripsi yang tak kunjung selesai

Tinggal di Asrama Mahasiswi? Jangan Kaget kalo ada yang numpang lewat ya!

Bila sobat hantupedia disini yang akhirnya memutuskan untuk stay di asrama mahasiswi UGM selama menuntut ilmu di Universitas ini. Maka sobat patut tahu mitos yang satu ini. Gedung megah yang berdiri dengan kamar-kamar yang tersedia disana dengan penuh keramaian tak pelak juga memiliki sisi angker dan mistinya tersendiri. Salah satu gedung yang disebut gedung parangtritis ternyata sering terjadi hal mistis. Hal-hal yang bisa bikin bulu kuduk berdiri dari benda-benda yang tiba-tiba jatuh sendiri sampai sosok misterius yang tampak berkeliaran di lorong-lorong gedung ini ternyata telah menjadi makanan sehari-hari buat para penghuni gedung ini.

asrama mahasiswa ugm yang konon memiliki banyak kisah mistis yang menyeramkan dan penampakan hantu yang sering muncul dan mengganggu penghuninya

Hantu Cina yang sering iseng di parkiran mobil pemadam baru UGM

Tak banyak yang tahu cerita ini, tim hantupedia berhasil menggali informasi melewati orang dalam. Ternyata lapangan parkir pemadam yang baru dibuat di sudut komplek dosen tersebut ternyata dulunya merupakan sebuah lahan pemakaman China. Memang sih sekarang lokasi tersebut sudah cukup terang karena memang baru dibangun menjadi lapangan parkir pemadam. Dulu tempat ini terkenal sebagai satu sudut angker di kampus UGM. Terlebih pohon beringin besar di sampingnya yang menjulang tinggi berumur ratusan tahun disebelahnya menambah kesan wingit yang kental.

lapangan mobil pemadam UGM yang dulunya merupakan lahan pekuburan cina dengan hantu sosok china dengan baju cheongsam sering menghantui orang disekitar area itu

Konon ceritanya di spot ini sering muncul sosok hantu China yang berwajah pucat berkeliaran dengan baju cheongsam yang suka mengganggu para tukang becak yang kebetulan mangkal di dekat situ. Bahkan hantu ini sering bikin iseng mengganggu para pemilik toko-toko figura dan lukisan yang ada disebelahnya. Bahkan tempat ini menjadi semakin angker karena beberapa saat yang lalu ada mayat tanpa identitas yang ditemukan disekitar lokasi tersebut.

Ada alasan kenapa Jembatan Fakultas Pertanian sering terlihat sepi

Bila sobat hantupedia sedang melewati jalan berpaving, yakni di jalan Olahraga UGM, sobat bisa dipastikan akan melewati jembatan yang satu ini yang tampak mendatar menghubungkan Fakultas pertanian dan lab diagnostik kedokteran hewan. Jembatan ini terletak di sebelah utara lembah UGM yang juga terkenal memiliki taji dalam hal mistis. Sepintas bila anda sering lewat daerah tersebut, anda pasti akan melihat betapa jembatan tersebut terkesan sepi dan misterius. Dan ternyata hal itu bukan datang tanpa alasan. Konon dahulu kala ada seorang mahasiswi yang frustasi.

jembatan penghubung fakultas pertanian dan lab fakultas kedokteran hewan yang terkenal dengan mitos legendaris hantu bernama Rohana yang mati bunuh diri

Ada beberapa versi cerita yang menjelaskan bahwa mahasiswi tersebut frustasi karena masalah cinta. Namun ada pula yang menyatakan bahwa dia frustasi karena skripsi yang tak kunjung selesai. Hingga akhirnya mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di jembatan tersebut. Nahas, arwahnya tak bisa tenang di alam baka, dan malah menjadi penghuni tetap jembatan ini. Sosok wanita hantu tersebut dikenal dengan nama Rohana. Dia sering menampakkan diri dengan wajah murung dengan kerudung putih yang memang dulu dia kenakan ketika kuliah.

Jangan Meleng di Area Maskam (Masjid Kampus)! Tempat ini dulunya adalah Petilasan

Menurut beberapa sumber-sumber terpercaya yang telah ditemui oleh tim Hantupedia. Dahulu kala sebelum masjid kampus UGM berdiri megah, spot di area tersebut terkenal sebagai salah satu area yang ditakuti oleh mahasiswa dan mahasiswi UGM. Daerah maskam UGM ini terletak bersebelahan dengan pohon beringin besar yang merupakan satu area yang dulunya merupakan kuburan Cina yang cukup bertaji dalam hal-hal mistis.

masjid kampus yang merupakan satu area angker menakutkan yang konon dulunya adalah petilasan tamu keraton dari Demak

Konon dahulu kala, daerah ini merupakan petilasan (tempat singgah) seorang tamu Sultan Hamengkubuwono dari kerajaan Demak. Tamu tersebut merupakan orang sakti yang cukup disegani. Menurut cerita, orang tersebut telah menakhlukkan para hantu di daerah tersebut dan dijadikan muridnya. Semenjak kepergian tamu tersebut kembali ke Demak, petilasan tersebut dijaga oleh para makhluk halus yang merupakan murid-murid dari orang sakti itu. Tak jarang, orang yang melintas di daerah tersebut dimalam hari mengalami kejadian mistis. Seperti ada yang mengikuti dari belakang, ditepuk punggungnya oleh seseorang yang wujudnya tak tampak, atau dikejutkan oleh sosok anak-anak kecil yang berseliweran di daerah tersebut di malam hari. hiiii… 

Jangan berani-berani nyanyi lagu gugur bunga di seputaran Bundaran Fakultas Teknik

Lagu gugur bunga pada dasarnya adalah lagu yang diciptakan untuk mengenang jasa para pahlawan Revolusi yag tewas di lubang buaya. Ada kesan sendu pada lagu tersebut, karena sejatinya lagu ini merupakan lagu sedih iringan pemakaman para pahlawan tersebut. Entah kenapa ada satu mitos legendaris yang terkenal di UGM dan berhubungan dengan lagu ini. Ada semacam aturan tak tertulis di seputaran bundaran faktultas Tekhnik UGM. Aturan itu adalah tentang larangan untuk menyanyikan lagu gugur bunga di daerah tersebut. Konon jika ada yang berani menyanyikannya di tempat itu, maka tak lama kemudian akan ada sosok tak kasat mata yang ikut bernyanyi dengan anda. Berani cobain gak?

bundaran teknik UGM yang dikenal angker dengan larangan menyanyikan lagu gugur bunga bila tak ingin hal buruk terjadi

Keren sih foto di Gerbang Utama Kampus, Tapi jangan deh! Demi Kelancaran Kuliah

Buat sobat hantupedia mahasiswa-mahasiswi baru UGM, apalagi yang doyan banget selfie atau mengabadikan momen di tempat-tempat yang instagrammable. Tentu berfoto dan pose di depan gerbang utama UGM terdengar keren. Tetapi kalo bisa jangan deh. Soalnya ada semacam mitos legenda bahwa seseorang yang berfoto di depan gerbang utama Universitas Gajah Mada, maka akan memiliki perjalanan perkuliahan yang cukup sulit. Dalam artian susah untuk lulus. Kan serem!

larangan dan mitos berfoto di gerbang utama UGM menyebabkan susah lulus kuliah

Jangan heran kalau ada orang bule berkeliaran di Gedung Pusat pada Malam hari

Kampus UGM memang penuh dengan mahasiswa dan mahasiswi pertukaran dari luar negeri. Jadi jangan kaget kalo kalian ketemu bule lagi nongkrong di seputaran kampus. Namun bila sosok bule yang kalian temui terlihat sebagai sosok orang paruh baya dan lokasi kalian bertemu dengannya adalah di sekitaran Gedung Pusat yang berfungsi sebagai gedung Rektorat sekarang. Maka kalian perlu curiga. Karena jangan-jangan dia adalah sosok makhluk astral yang dikenal dengan sebutan “Menir Joseph” yang memang terkenal suka menampakkan diri diseputaran gedung tersebut. Pihak staff dari gedung tersebut kebanyakan sudah familiar dengan hal tersebut. Jadi jangan kaget kalo kalian tanya kepada mereka dan mereka merespon dengan santai. hehe

gedung pusat UGM rektorat yang terkenal dengan mitos legendaris sosok hantu orang belanda bernama Menir Joseph yang sering berkeliaran menakuti orang