Isu Setan Kopi Luwak yang Menggegerkan Warga Bekasi Ternyata…

Setan kopi luwak – Warga Bekasi sekitar tahun 2014 hingga 2015 yang lalu sempat dihebohkan oleh cerita yang santer diperbincangkan. Banyak warga yang mengaku kehilangan uang secara misterius di dalam rumah mereka. Uang-uang tersebut lenyap tak berbekas saat malam dibarengi dengan bebauan aroma kopi luwak yang tercium. Awalnya warga tidak menggubris aroma kopi luwak yang entah datang dari mana tercium ketika malam tiba, namun lama kelamaan banyak warga yang kemudian menjadi resah dan gerah karena setiap bau kopi tersebut muncul. Uang mereka tiba-tiba lenyap begitu saja.

Hal ini banyak dialami oleh warga Sukatani, hingga akhirnya menyebar ke daerah Tambun Selatan. Setelah problematika kehilangan uang tersebut menjadi pokok pembicaraan hangat di tengah masyarakat. Muncul satu cerita tentang hal mistis yang kemudian dinamakan sebagai setan kopi luwak oleh warga Bekasi. Bagaimana sih sebenarnya kejelasan tentang isu setan kopi luwak ini? Kami akan mencoba mengulasnya disini

Aroma kopi misterius yang tercium menjelang tengah malam

Nama sebutan setan kopi luwak sendiri entah siapa yang memprakarsainya. Yang jelas indikasi kemunculan setan atau sejenis makhluk astral yang mirip tuyul, babi ngepet dan lain sebagainya (yang bertujuan untuk mencuri uang) adalah dikarenakan terciumnya aroma kopi luwak. Banyak warga mengatakan bahwa aroma ini biasanya tercium sekitar pukul 21:00 malam hingga menjelang tengah malam. Bau kopi luwak ini menyebar di berbagai daerah dan anehnya aromanya berpindah tempat dengan sangat cepat.

Aroma kopi luwak ini diberitakan berlangsung selama hampir dua minggu setiap malam di daerah Bekasi. Isu ini sempat mereda di penghujung akhir tahun 2014. Namun, kemudian mencuat lagi di tengah-tengah masyarakat di pertengahan tahun 2015. Beberapa ahli supranatural menyatakan bahwa ini ada sangkut-pautnya dengan hal mistis. Ada yang berpendapat bahwa ini merupakan jenis ilmu hitam yang bisa ditangkal dengan cara mencoba sebisa mungkin tidak mencium bau aroma ini (entah dengan menutup hidung atau menyeka hidung dengan kain dan lain sebagainya).

Menurut penuturan warga Bekasi yang diteror aroma kopi luwak misterius saat itu, permasalahan ini bahkan sampai geger hingga ke Pemkot. Dimana pada akhirnya pihak Pemkot mengerahkan jajaran tim keamanan guna menyelidiki kasus ini. Jajaran keamanan tersebut juga berperan aktif dengan warga setempat yang siaga setiap malam dengan melakukan ronda demi keamanan kampung.

Usaha-usaha pengamanan sudah dilakukan oleh banyak pihak. Dari mulai menelisik dan mencari asal muasal aroma kopi tersebut, memasang bambu kuning sebagai pagar gaib, melakukan keliling kampung di malam hari dan banyak lagi. Namun hasilnya nihil, tidak ditemukan sosok berwujud apapun seperti layaknya babi ngepet atau tuyul yang terkenal suka mencuri uang.

Teori tentang pengalihan isu limbah pabrik di daerah Industri

Dengan merambahnya cerita dan klenik tentang setan kopi luwak ini. Ada beberapa orang yang mengemukakkan teori bahwa sebenarnya aroma kopi luwak ini adalah sebuah pengalihan isu limbah pabrik daerah industri yang banyak betebaran di daerah Bekasi dan sekitarnya. Ada yang mengatakan bahwa lokasi industri dari daerah jalan raya Cikarang lah yang memanipulasi hal ini dengan mencampur proses pembakaran residu pabrik dengan sejenis kopi untuk menyembunyikan bau tidak enak yang keluar lewat cerobong asap pabrik.

Kepulan asap yang keluar dari pabrik-pabrik itulah yang kemudian menebarkan aroma kopi luwak di pemukiman-pemukiman warga. Namun hal ini hanyalah sebatas teori saja, sampai sekarang belum ada orang yang bisa mengungkapkan kebenaran dari isu setan kopi luwak ini.