Inilah 5 Masjid Keramat di Indonesia yang Angker, Apakah Salah Satunya di Kota Kalian?

Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia. Tak heran jika kita bisa menemukan masjid dengan mudahnya. Hampir setiap kampung memiliki masjid. Sebagai tempat ibadah umat Muslim, masjid merupakan tempat yang suci dan penuh nuansa religi. Namun, siapa sangka jika ada beberapa masjid keramat di Indonesia yang menyimpan kisah mistis? Memang ada banyak masjid yang dikenal angker dan dikeramatkan. Inilah 5 masjid yang paling dikeramatkan oleh penduduk setempat karena kisah mistisnya.

  1. Masjid Agung Wolio

masjid-agung-wolio-hantupediaMasjid ini berada di Sulawesi Tenggara tepatnya kota Bau-Bau. Merupakan bangunan bersejarah dari peninggalan kerajaan Buton, masjid ini sudah berusia tua dan hingga kini masih berdiri tegak. Masjid ini dikeramatkan warga karena konon ada sebuah lubang yang memiliki kedalaman sampai ke pusat bumi. Banyak juga yang percaya bahwa masjid bersejarah ini memiliki akses ke Mekah. Menurut pengakuan beberapa penduduk setempat, ada banyak orang yang sering mendengar suara adzan dari Mekah. Bahkan, dari sana kita juga bisa melihat keluarga kita yang sudah meninggal. Terlepas dari itu, masjid keramat ini selalu ramai dikunjungi orang yang ingin beribadah setiap harinya.

  1. Masjid Guci Rumpong

Terletak di Banda Aceh, tepatnya kecamatan Peukan Bari kabupaten Pidie, masjid ini merupakan salah satu yang paling tua di Indonesia. Dibangun oleh seorang Syekh pada abad 17, masjid ini dikeramatkan oleh warga karena kisah mistisnya. Masjid ini terkenal dengan 2 guci besar yang berwarna hitam di dalam masjid itu. Menurut cerita, kedua guci tersebut dulunya pernah bergerak sendiri hingga salah satunya menjadi pecah. Misteri ini belum terpecahkan hingga kini. Yang pasti, masjid ini tetap berfungsi sebagaimana mestinya meskipun termasik masjid keramat di Indonesia.

  1. Masjid Raya Batam Baitusy Syakur

Masjid ini berada di kepulauan Riau tepatnya di kota Batam. Masjid ini merupakan satu-satunya masjid yang dikeramatkan di kota ini. Keramatnya masjid ini karena adanya tujuh makam misterius. Konon, di masjid ini terdapat tujuh makam yang tidak bisa dipindahkan bagaimanapun caranya. Banyak orang yang pernah mencoba memindahkannya dengan berbagai macam cara dan berbagai peralatan namun tetap saja makam tersebut tidak bisa rusak dan dibongkar. Itulah kenapa masjid ini menjadi masjid keramat di daerah Batam.

  1. Masjid Nurul Yaqin

masjid-nurul-yaqin-hantupediaMasjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Seribu Pintu karena memang memang masjid ini memiliki banyak pintu dan jendela. Masjid ini sudah berusia sangat tua dan arsitekturnya juga sangat unik, tidak seperti masjid-masjid pada umumnya. Karena bangunannya yang memang sudah tua, tak heran jika aura mistis sangat terasa di sini. Jika tidak percaya, silahkan saja datang ke masjid ini pada malam hari. Meskipun dikeramatkan, masjid ini tidak sepi pengunjung karena setiap harinya banyak jamaah Islam yang melakukan sholat 5 waktu di masjid sakral ini.

  1. Masjid Jami’ Bangkalan Baitur Rohmah

masjid-jami-baitur-rohmah-hantupediaMasjid ini terletak di kabupaten Bangkalan dan mejadi salah satu masjid paling bersejarah di Indonesia, terutama dalam penyebaran Islam di negara ini. Dibangun oleh seorang sunan, masjid ini sudah berusia sangat tua. Hal ini dapat dilihat dari bangunannya yang memang terlihat bersejarah. Salah satu alasan kenapa masjid ini termasuk masjid keramat di Indonesia karena adanya gentong isi air yang dijaga makhluk ghaib. Air dalam gentong tersebut memiliki banyak sekali khasiat.

Itulah beberapa masjid yang memiliki kekeramatan dan kisah mistis. Sebenarnya masih banyak lagi masjid-masjid yang menyimpan kekeramatan seperti halnya 5 masjid di atas. Apakah di daerah kalian ada masjid keramat juga?