Ini Mitos Nyi Roro Kidul yang Bikin Kita ‘Percaya Gak Percaya’

nyi-roro-kidul-2Bagi orang Jawa, mungkin sudah sering mendengar tentang cerita Nyi Roro Kidul. Ya, Nyi Roro Kidul memang menyisakan banyak sekali cerita dan mitos. Tentunya ini sangat menarik untuk membahas mitos Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul dipercaya memiliki nama asli Dewi Nawagwulan, yang mana merupakan istri Jaka Tarub. Dikenal dengan sebutan Nyi Roro Kidul karena ia bertempat di laut selatan yang dalam bahasa Jawa adalah kidul. Lalu, apa saja mitos-mitos yang masih dipercaya hingga saat ini?

Nyi Roro Kidul Menyukai Warna Hijau

Pernahkah kalian berkunjung ke pantai Parangtritis, Yogyakarta? DI sana, para wisatawan tidak diperkenankan memakai baju atau kaos hijau, terutama hijau pupus. Masyarakat sekitar percaya bahwa Nyi Roro Kidul adalah seorang ratu yang cantik dan menyukai warna hijau. Jadi, siapapun yang memakai baju atau kaos hijau di pantai selatan akan ditarik ke Kerajaan Laut Selatan. Memang banyak kejadian di mana tiba-tiba wisatawan menghilang tanpa jejak di pantai Selatan. Namun, faktanya kejadian tersebut bukan hanya terjadi pada mereka yang memakai baju atau kaos hijau. Yang pasti, ini masih menjadi mitos yang dipercaya masyarakat sekitar hingga sekarang.

Simak juga artikel terkait tentang Nyi roro kidul yang mencari prajurit di Jogja (disini)

Penguasa Laut Selatan

nyi-roro-kidul-1Nyi Roro Kidul atau ada yang menyebutnya Nyai Roro Kidul dipercaya sebagai penguasa atau Ratu Laut Selatan. Itulah kenapa ketika gempa terjadi di pusat laut selatan, masyarakat sekitar masih sering mengait-ngaitkan kejadian tersebut dengan penguasa laut selatan ini. Kepercayaan ini juga membuat banyak orang hati-hati dengan pantai Selatan. Meskipun mitos Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan ini banyak yang tidak masuk akal, tapi tetap saja mitos ini masih menyimpan banyak misteri.

Pasangan Spiritual Sultan Mataram

Mitos lain tentang Nyi Roro Kidul adalah bahwa ia dikenal sebagai pasangan spiritual Sultan atau Raja Mataram. Ini berlaku baik untuk Sultan Yogyakarta ataupun Sultan Surakarta. Itulah kenapa baik Keraton Yogyakarta ataupun Keraton Surakarta sering dikait-kaitkan dengan laut selatan dan juga Nyi Roro Kidul. Pasangan di sini adalah pasangan spiritual. Jadi, apapun yang berhubungan dengan aktifitas, tradisi, serta kepercayaan keraton dan Sultan sering dikaitkan dengan ratu pantai selatan ini.

Pintu Gerbang Kerajaan Ratu Kidul

Satu lagi mitos yang berhubungan dengan ratu laut selatan ini yaotu pintu gerbang kerajaan selatan. Kerajaan Ratu Kidul diyakini memiliki beberapa pintu gerbang. Salah satunya adalah pantai Parangtritis, Yogyakarta. Itulah kenapa setiap ada kegiatan di keraton Yogyakarta, Sultan selalu melakukan ritual di pantai Parangtritis untuk meminta ijin ke ratu Selatan. Itu adalah cara untuk bertemu dengan Ratu Kidul. Ada juga beberapa pantai dan tempat lain yang diyakini juga sebagai pintu gerbang untuk menuju kerajaan laut selatan yaitu pantai Sembuka, hotel Inna Samudra Jawa Barat, Vihara Kalyana Mitta, Keraton Surakarta, dan pantai pelabuhan ratu.

Itulah tadi beberapa mitos Nyi Roro Kidul yang sangat menarik. Bagaimana dengan sobat hantupedia? Apakah kalian percaya dengan mitos-mitos di atas? Mungkin di zaman modern yang serba canggih seperti ini rasanya agak aneh jika masih mempercayai mitos-mitos seperti tersebut di atas. Tapi keyataannya mitos-mitos tersebut masih dipercaya hingga sekarang. Bahkan, mereka yang percaya juga tidak berani melanggar karena tidak mau celaka. Percaya gak percaya, hal-hal gaib dan tak masuk akal memang ada dan sering terjadi. Mudah-mudahan ini menambah wawasan kita. Sebarkan yuk agar lebih bermanfaat.