Hantu Pocong Andong Gegerkan Warga Sidoarjo

Sahabat Hantupedia pernah merasakan sensasi naik Andong atau dokar (semacam kereta yang ditarik oleh kuda agar bisa berjalan)? – Sobat Hantupedia bisa mencobanya dibeberapa daerah seperti Yogyakarta, Solo, dan kota-kota di Jawa yang masih memiliki budaya kearifan lokal yang kental. Lalu bagaimana bila yang mengemudikan Andong tersebut adalah sosok astral putih yang membungkus mayat (hantu pocong)? Tentu pasti sensasinya akan berbeda.

penampakan-pocong-hantu pocong-andong-di-sidoarjo

Berbicara tentang transportasi tradisional yang disebut dengan istilah andong dan hubungannya dengan sosok hantu legndaris nusantara ini. Ada satu kisah yang cukup membuat bulu kuduk merinding lho! Kisah yang disebut-sebut dengan cerita misteri hantu pocong andong ini sempat menggegerkan warga daerah Sidoarjo di tahun 2007 – 2008. Tentu, karena penasaran dengan kisah misteri itu. Tim Hantupedia langsung mengumpulkan sumber sebanyak-banyaknya serta mewawancarai beberapa narasumber yang cukup familiar dengan kisah seram itu.

Asal usul munculnya hantu pocong andong di Sidoarjo

Banyak kisah misteri menakutkan yang muncul dari sebuah kisah tragis – sepertinya hal itulah yang seolah menjadi hal mainstream yang cukup dipercaya oleh banyak orang. Begitu pula asal usul dari munculnya hantu pocong andong atau yang sering disebut dengan nama Andong pocong di daerah Sidoarjo ini.

Memang sih ada beberapa versi yang tim Hantupedia dengar dari penuturan beberapa warga sekitar tentang cerita hantu pocong andong ini. Namun yang paling mengharukan adalah kisah tragis cinta dua insan yang berujung mengenaskan. Cerita ini merupakan versi pertama yang dipercaya masyarakat sebagai latar belakang munculnya hantu andong pocong ini.

Diceritakan bahwa ada sepasang kekasih yang saling mencintai. Mereka berdua dimabuk cinta. Namun orang tua sang perempuan tidak merestui hubungan mereka. Tak memperdulikan hal itu, dua insan yang saling mencintai itu bermaksud untuk melangsungkan pernikahan mereka diam-diam. Karena orang tua sang pria menyetujui, maka mereka berdua sepakat untuk melangsungkan pernikahan di kediaman mempelai pria.

Dihari pernikahan kedua kekasih itu. Salah satu anggota keluarga si perempuan mengetahui kemudian melaporkan kejadian itu kepada orang tua si perempuan. Merasa geram akan kelakuan anak perempuannya. Orang tuanya mengajak beberapa anggota keluarga untuk “melabrak” acara pernikahan diam-diam tersebut.

Kecelakaan naas yang menimpa sepasang kekasih di hari pernikahan 

Rombongan orang tua mempelai perempuan pun kemudian datang berbondong-bondong ke acara pernikahan itu. Namun sayang, acara akad sudah selesai dan pasangan pengantin tersebut sedang diarak keliling kampung dengan menggunakan andong dengan diliputi kegembiraan. Tidak terima dengan kejadian itu, orang tua sang mempelai perempuan mulai baku hantam dengan beberapa orang yang terlibat dengan acara tersebut. Kekacauan pun tak bisa dielakkan.

Dalam kekacauan dan hiruk pikuk itulah, kuda yang menarik andong sepasang kekasih itu terkejut. Kuda-kuda itu kemudian melaju dan berlari tanpa jelas arahnya. Malang nasib kedua pengantin itu. Andong yang “menggila” itu berlari kearah jalan besar bersamaan dengan datangnya sebuah truk berkecepatan tinggi. Terjadilah kecelakaan yang naas menimpa kedua mempelai itu hingga tewas.

Kejadian itu seketika membuat kericuhan dan perkelahian yang terjadi berubah menjadi teriakan dan tangis histeris dari kedua keluarga. Karena keegoisan mereka, anak-anak mereka tewas dalam tragedi yang mengenaskan. Peristiwa itu mungkin lambat laun terlupakan. Namun ternyata tidak. Sosok hantu pocong andong kemudian muncul dengan membawa teror dikemudian hari.

Kemunculan hantu andong pocong di Sidoarjo

Di sekitar tahun 2007-2008, warga Sidoarjo utara digegerkan oleh penampakan pocong yang mengendarai andong. Penampakan itu tampak berkeliling kampung-kampung sekitar jam 11 malam (menjelang tengah malam) dengan suara khas gemerincing andong krincing… krincing.. krincing. 

Tak hanya itu, ada isu menakutkan beredar bahwa dimalam hari biasanya ada seseorang yang mengetuk pintu rumah warga 3x. Tidak ada suara orang yang mengetuk pintu. Ketika dibuka, penghuni rumah akan dikagetkan oleh sesosok pocong tepat didepan rumah beserta sebuah andong yang tampak tergolek didepan rumah. Konon bila itu terjadi, maka orang tersebut akan mati keesokan harinya.

Mendengar hal itu, penduduk Sidoarjo diselimuti teror. Tidak ada orang yang berani keluar malam diatas jam 11. Bahkan tindak pencurian di malam hari yang terjadi di daerah itu menurun drastis karena cerita seram hantu pocong andong itu. Warga mengunci diri dirumah sambil berharap-harap cemas agar tidak ada suara ketokan di pintu rumah mereka.

Perwujudan ilmu hitam yang memakan tumbal

Selain asal usul yang memilukan. Ada yang percaya pula bahwa kemunculan hantu andong pocong di Sidoarjo ini merupakan bentuk perwujudan ilmu hitam seseorang. Dimana untuk menjadi sakti, dia harus mencari tumbal dengan sosoknya yang mirip dengan pocong yang mengendarai andong. Entah cerita mana yang benar. Semoga nggak ada yang mengetuk pintu rumah anda malam ini ya! 😀