Hantu Onitu Mengane: Jangan Tertawa Bersamanya! Karena Anda Bisa Mati!

Tertawa memang satu hal yang baik untuk kesehatan. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan tertawa kita bisa menjadi lebih bahagia karena enzim dan hormon yang ada di tubuh kita bisa lebih bekerja dengan maksimal karenanya. Secara psikologis, tertawa juga merupakan hal yang bisa menekan tingkat stress seseorang. Namun bagaimana bila tertawa yang anda lakukan malah bisa membuat anda tewas? Loh bagaimana ceritanya tuh? – Hal ini bisa terjadi karena ulah hantu Onitu Mengane yang terkenal di daerah Sulawesi Tenggara. Simak penjelasan detailnya dibawah.

Hantu legenda hutan yang dipercaya oleh Suku Tolaki

Menurut cerita dari beberapa sumber tim hantupedia yang terpercaya. Kisah hantu yang disebut sebagai onitu mengane ini merupakan hantu kuno yang dahulu terkenal diantara orang-orang suku Tolaki. Dahulu kala, suku tolaki yang memiliki mata pencaharian berburu dan mengumpulkan makanan berupa buah dan tanaman dari hutan memiliki semacam waktu terlarang untuk pergi ke dalam hutan. Mereka dilarang pergi ke dalam hutan di malam hari, apapun yang terjadi.

hutan sulawesi tenggara

Oleh karena itu biasanya mereka harus mempersiapkan dengan pas waktu keberangkatan mereka menuju hutan. Para pemuda dan orang dewasa suku tolaki akan berangkat menuju hutan di waktu pagi-pagi sekali agar mereka tidak sampai harus bermalam di tengah hutan. Hal ini karena dikhawatirkan, mereka akan dimangsa oleh hantu melegenda ini. Semua orang dari suku tolaki haru sudah keluar dari hutan sebelum matahari terbenam di ufuk barat, agar terhindar dari malapetaka tersebut.

Perwujudan hantu onitu mengane yang menyeramkan

Dalam beberapa penuturan, ada beberapa versi penggambaran wujud hantu onitu mengane ini. Penuturan pertama mengatakan bahwa wujud hantu ini mirip seperti seekor kera yang memiliki tangan dan kaki yang panjang. Sosok ini berkelana di dalam hutan pada malam hari dengan bergelayutan dari pohon ke pohon. Sedangkan penuturan lain mengatakan bahwa wujud dari hantu onitu mengane ini mirip seperti orang telanjang dengan kepala plontos, mata membelalak dan mulut lebar yang berlendir.

Hantu Onitu Mengane Jangan Tertawa Bersamanya Karena Anda Bisa Mati

Monster yang membunuh mangsanya dengan membuatnya tertawa?

Yang unik dari hantu atau sosok yang mirip monster ini adalah caranya melumpuhkan mangsanya. Bila ada orang yang masih berada di dalam hutan di malam hari. Maka onitu mengane akan mendekati tempat mereka dan menunggu di balik pohon tinggi. Beberapa saat kemudian dia akan tertawa dengan keras yang memilukan hati sembari menggoyang-goyangkan pepohonan disekitar orang-orang tersebut dengan berayun-ayun dari satu pohon ke pohon yang lain.

Tentu orang-orang yang terjebak dalam situasi tersebut akan merasa panik dan dipenuhi rasa ngeri. Namun, entah bagaimana ceritanya. Orang-orang itu akan ikut tertawa dengan bersama hantu ini. Seolah-olah hantu ini mengeluarkan semacam zat atau gas yang membuat mereka tertawa lepas. Orang-orang tersebut tertawa dan tertawa sepanjang malam tanpa sebab. Sampai akhirnya mereka lemas dan tergolek mati.

mayat korban onitu mengane di Shutan sulawesi

Setelah orang-orang tersebut mati. Ada sumber yang mengatakan bahwa onitu mengane aken memangsa mayat-mayat mereka dan melahapnya. Namun ada beberapa penutur yang mengatakan bahwa onitu mengane akan membiarkan mayat-mayat itu tergolek mati tanpa memangsanya. Entah untuk tujuan apa. Sayangnya kisah-kisah tentang hantu ini sudah jarang sekali terdengar di telinga penduduk Sulawesi Tenggara, karena memang zaman sudah berubah dan banyak sekali akses jalan keluar masuk hutan yang sudah memiliki penerangan yang cukup. Namun, bila suatu saat anda pergi ke hutan Sulawesi dan menemui kejadian yang sama, ada baiknya anda berusaha keras untuk tidak ikut tertawa. Karena anda bisa mati!