Hantu Jurig-Jarian: Kisah Misteri Dunia Gaib Hantu Penunggu Tempat Sampah!

Sobat hantupedia, hantu merupakan sebuah makhluk gaib yang sering muncul secara tiba. Biasanya, makhluk gaib bernama hantu ini memiliki perwujudan sosok yang sangat menyeramkan. Hal ini dikarenakan sang makhluk astral tersebut sering menampakan diri dengan bentuk tubuh seperti manusia, tetapi kadang ada bagian yang kurang sempurna, sehingga terkesan menyeramkan atau terkesan horor. Berbicara mengenai hantu maka berarti juga menyinggung tentang misteri dunia gaib.

Dunia gaib atau kalau orang jawa sering menyebutnya dengan istilah jagad lelembut merupakan sebuah alam yang menjadi tempat tinggal makhluk gaib tersebut. Alam gaib ini berada di dunia, akan tetapi seorang manusia biasa tidak akan dapat melihatnya. Tapi perlu sobat hantupedia ketahui bahwa makhluk penghuni dunia gaib ini dapat melihat manusia. Bahkan sang makhluk astral dapat memperlihatkan wujudnya dihadapan manusia. Salah satu makhluk penghuni dunia gaib adalah hantu jurig jarian.

Sosok hantu jurig jarian yang menyeramkan

Indonesia termasuk sebuah negara yang banyak penduduknya masih mempercayai hal-hal yang berbau gaib. Oleh karena hal ini, maka banyak cerita misteri dunia gaib di setiap daerah di negara yang terdiri atas beribu-ribu pulau ini. Sosok makhluk gaib antara daerah satu dengan daerah lainnya pun juga berbeda. Salah satu cerita makhluk gaib tersebut yaitu tentang hantu jurig jarian.

misteri dunia gaib hantu jurig jarian yang melegenda sebagai penghuni tempat sampah yang berwujud mengerikan dan seram

Misteri makhluk gaib jurig-jarian merupakan salah satu kisah makhluk tidak kasat mata yang terdapat di negara kesatuan republik indonesia. Jurig merupakan sebuah kata yang memiliki arti hantu dan jarian memiliki arti sebagai sampah. Jadi, apabila kedua kata tersebut digabungkan maka maknanya hantu penghuni atau penunggu tempat sampah. Misteri dunia gaib tentang hantu jurig-jarian ini berasal dari tanah sunda. Masyarakat daerah sunda meyakini jika makhluk halus yang satu ini akan muncul pada waktu sore hari, sehingga masyarakat sunda pada zaman dahulu selalu menghindari agar tidak membuang sampah pada waktu tersebut.

Sobat hantupedia, untuk wujud sebenarnya dari hantu jurig-jarian ini sampai saat ini masih simpang siur. Ada sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa hantu penghuni tempat sampah ini memiliki wujud anak kecil yang berkepala botak. Akan tetapi ada juga masyarakat yang mengatakan jika makhluk gaib penunggu tempat sampah ini memiliki wujud seperti perempuan dengan rambut panjang yang terburai. Ketidakpastian sosok hantu jurian ini menjadi misteri dunia gaib yang belum terpecahkan.

Mitos hantu jurig-jarian penunggu tempat sampah

Cerita misteri makluk gaib penghuni tempat sampah ini sangat terkenal di daerah sunda. Menurut kepercayaan penduduk setempat, hantu yang satu ini suka mengganggu anak-anak dan wanita hamil. Saat mengganggu anak-anak kecil, sang hantu akan membuat anak tersebut jatuh sakit. Penyakit tersebut berupa meriang, demam dan bentol-bentol dengan rasa yang gatal. Hal ini menyebab sang anak merasa tidak nyaman.

Sobat hantupedia, sementara itu jika sang makhluk astral mengganggu wanita hamil, maka hantu jurig-jarian ini akan merasuki wanita tersebut. Otomatis sang perempuan pun akan kerasukan atau kesurupan. Memang hantu yang satu ini terkesan aneh karena ia hanya memilih korban tertentu, tidak seperti hantu pada umumnya.

Pada dasarnya, kisah tentang hantu jurig-jarian ini masih jadi misteri. Bahkan hingga saat ini pun belum ada orang yang melihat penampakan hantu dari tanah sunda ini. Oleh karena hal ini, maka dapat diambil kesimpulan bahwa misteri dunia gaib tentang hantu jurig-jarian ini merupakan sebuah cerita kearifan lokal. Akan tetapi kisah tentang makhluk gaib yang satu ini mengandung pesan yang penting bahwa ibu hamil dan anak-anak tidak baik jika bermain ditempat sampah. Hal ini dikarenakan tempat tersebut merupakan salah satu lokasi yang kotor dan terdapat berbagai macam kuman atau bakteri yang berbahaya.