Hantu Botol Manci, Cerita Mistis dan Melegenda dari Pulau Maluku

Setiap daerah di nusantara tentunya memiliki kekhasan masing-masing, termasuk cerita unik bahkan cerita mistis. Fenomena-fenomena supranatural memang tak dapat terlepaskan dari kehidupan kita, termasuk munculnya penampakan makhluk halus yang kita sebut sebagai hantu. Sebagian besar cerita mistis itu muncul berdasarkan kisah nyata, namun banyak pula yang masih menjadi mitos yang berkembang di dalam masyarakat sehingga masih simpang siur kebenarannya. Namun percaya atau tidak percaya, semua dikembalikan kepada diri anda sendiri.

Sobat hantupedia tentu sudah tak asing lagi dengan berbagai cerita mistis. Namun tahukah sobat mengenai cerita mistis dari daerah Maluku? Atau pernahkah mendengar nama hantu botol manci yang terkenal di daerah tersebut? Mungkin sebagian dari sobat merasa asing dengan yang namanya hantu botol manci. Tapi bagi masyarakat Maluku, hantu botol manci itu sudah sangat familiar.

Menilik Sosok Hantu Botol Manci, Cerita Mistis dari Maluku

Sobat pasti penasaran dengan sosok hantu botol manci bukan? Sebenarnya hantu botol manci merupakan makhluk gaib yang memiliki tubuh berukuran mini, biasanya tampil dengan memakai topi bayi yang berujung kerucut. Sekilas penampilan hantu ini mirip dengan santa claus namun perbedaannya terdapat botol susu yang ia pegang di tangan. Atau lebih mudahnya, sobat dapat membayangkannya seperti kenampakan kurcaci yang ada dalam cerita dysney snow white atau sosok gnome.

sosok menyeramkan hantu botol manci kurcaci yang merupakan cerita mitos dan legenda dari Maluku Indonesia

Diduga karena sang hantu selalu membawa botol dalam setiap kemunculannya, maka sebutan hantu botol manci pun melekat padanya. Konon, sang hantu botol manci sebenarnya sangat mirip dengan manusia, hanya saja memiliki ukuran yang mini. Mereka memiliki jenis kelamin laki-laki dan juga perempuan. Ada yang berusia muda bahkan bayi, namun juga ada yang berusia tua dengan penampilan berjenggot.

Kemunculan Hantu Botol Manci, Cerita Mistis dari Maluku

Berdasarkan cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat Maluku, hantu botol manci biasanya muncul di bawah pohon bambu hias. Kemunculan hantu botol ini dapat diketahui dengan adanya tanda berupa cahaya remang yang berasal dari lentera yang ia bawa. Saking miripnya dengan manusia, sifat hantu botol manci ini pun ada yang baik ada pula yang jahat. Keusilan hantu botol manci adalah suka bermain dengan bayi atau anak balita yang ia sukai.

Cara memanggil hantu botol manci?

Selain muncul dengan kehendak sendiri, ternyata hantu botol manci juga dapat dipancing untuk keluar. Cara memanggil hantu botol manci disebut dengan mangael Botol Manci. Masyarakat Maluku percaya bahwa botol manci akan keluar apabila ada seseorang yang memain-mainkan lidi. Namun lidi tersebut harus dibakar dan dijaga agar baranya tetap menyala. Tempat untuk memancing botol manci pun ditentukan yaitu di tempat yang gelap dan tempat yang dianggap angker. Akan tetapi akan lebih baik jika ritual pemanggilan botol manci dilakukan di bawah pohon bambu hias.

bambu hias tempat biasa hantu botol manci menampakkan diri

Dikabulkan permintaannya bila bisa merebut topi hantu botol manci

Menurut cerita mistis yang sudah ada secara turun menurun di Maluku, hanya orang yang memiliki nasib mujur saja yang dapat bertemu botol manci. Nah ketika si botol manci ini berhasil muncul, maka cobalah untuk mengambil topi yang ia kenakan. Para tetua di Maluku meyakini jika seseorang dapat merebut topi dari kepala botol manci, maka orang tersebut dapat mengajukan permintaan apa saja, termasuk harta benda kepada si botol manci.

Hal tersebut dapat berjalan lancar bila orang tersebut juga berhasil mengembalikan topi botol manci sebelum matahari terbit. Jika tidak demikian, maka akibatnya akan menjadi fatal. Orang tersebut akan digelitiki atau dalam bahasa Maluku disebut dengan dapa gili-gili, oleh si botol manci hingga ia meninggal dunia. Wow, sungguh mengerikan bukan? Meskipun demikian, ternyata merebut topi dari botol manci pun tak semudah yang dibayangkan. Kekuatan yang mereka miliki sangat kuat untuk melawan manusia yang berniat mengambil topi miliknya.

Percaya ataupun tidak, menurut kepercayaan, makhluk bernama botol manci ini diyakini masih eksis hingga saat ini. Bahkan terdapat penduduk asli Maluku yang mengaku pernah bertemu dengan botol manci. Seiring berjalannya waktu, terdapat banyak versi mengenai kisah botol manci ini. Meskipun demikian, kisah sang botol manci tetaplah menjadi cerita mistis atau legenda masyarakat Maluku yang patut kita hargai sebagai kekayaan negara kita.