Menguak Segala Hal Dibalik Serunya Halloween

Mendekati Halloween, banyak cerita hantu yang beredar. Perayaan ini bisa membuatmu kesulitan mencari kostum hingga susah membedakan antara makhluk gaib dan makhluk nyata. Padahal kalau dipikir-pikir, setan di Indonesia itu tidak seperti setan di luar negeri yang hanya memiliki kekuatan di malam bulan purnama dan bisa disogok dengan permen. Sebenarnya bagaimana sih sejarah tentang Halloween. Buat sobat hantupedia sejarah Halloween ini kami ulas.

Di balik Halloween

Kepercayaan Samhian

Sekitar 2000 tahun yang lalu di daerah Irlandia ada suatu kepercayaan pegan Samhain. Mereka percaya bahwa 1 hari sebelum tahun baru yang saat itu terjadi pada tanggal 1 november, gerbang penyekat dunia gaib dan dunia nyata akan terbuka. Para setan akan berkeliaran mencari mangsa, hantu-hantu akan datang menuntut balas dan para penyihir yang berkeliaran di muka bumi mendapatkan kekuatan penuh mereka. Untuk menghindari hal – hal yang buruk dengan tanaman mereka yang sebentar lagi dipanen, pada hari itu, pendeta pegan akan membakar tanaman dan  binatang.  Penduduk akan melakukan perayaan dengan berhias seperti tanaman atau binatang yang mereka persembahkan.

Masa penaklukan Romawi

Sekitar tahun 43 sesudah Masehi, saat penaklukan Romawi di daerah Irlandia, budaya pegan Samhain ini bercampur dengan perawatan ke!aturan pada akhir Oktober dan emujaan Dewi buah dan bunga. Perpaduan tersebut tidak serta merta menghasilkan nama Halloween.

Asal nama Helloween

Sekitar abad ke 9, bersamaan dengan penyebaran agama Kristen di daerah Celtic (Skotlandia, Irlandia), banyak gereja yang mengganti perayaan Samhain ini sebagai pengingat kematian pahlawan Kristen yang telah meninggal dan menyebut mereka sebagai hollowmen. Hollowmen ini kemudian menginspirasi penamaan Helloween.

Helloween di Amerika

Bersamaan dengan pengenalan koloni baru dan migrasi besar-besaran ke Amerika perayaan ini mulai merambah juga ke Amerika. Sekitar akhir tahun 1800an, hari Halloween resmi sebagai hari libur nasional.

halloween trick or treat di Amerika dengan para anak kecil dan remaja menggunakan kostum dan kerumah rumah untuk meminta permen dan cokelat

Sekitar tahun 1920an dan tahun 1930an, hari Halloween lebih menjadi sebuah hari yang penuh hiburan. Laki-laki dan perempuan, dewasa dan anak-anak, melakukan banyak candaan, festival, pesta dan perayaan dibanding mengingat kematian. Mereka membuat tradisi baru seperti berhias dengan kostum setan, menghias rumah dan berkeliling sambil berteriak, “treat or trick!”, Untuk mendapatkan segepok permen.

Halloween  dan witchcraft

Tapi banyak yang tidak tahu mengapa kepercayaan ini muncul. Pada kepercayaan pegan, bulan Oktober atau bulan ke delapan Romawi adalah bulan munculnya rasi bintang Libra dan planet Venus bersinar terang dan bulan berdarah muncul di langit. Saat tanda ini muncul, gerbang antara dunia gaib dan dunia manusia terbuka.

Para penyihir percaya bahwa waktu tersebut salah waktu kekuatan mereka mencapai puncaknya. Situasi ini dimanfaatkan oleh penyihir-penyihir untuk melakukan keinginan mereka.

Penyihir jahat memperluas pengaruh mereka dengan bersekutu dengan makhluk gaib. Mereka meminta kepada makhluk gaib untuk melakukan keinginan mereka yang merusak demi memuaskan rasa iri dan dendam mereka, merusak panen dan mengirim mantra buruk untuk orang yang mereka benci. Mereka membuat onar di bumi demi kepentingan mereka.

praktik witchcraft atau ilmu sihir dan ilmu hitam sarat pula dengan halloween lho

Lain halnya penyihir yang baik hati, mereka yang biasa bekerja sebagai healer, menggunakan kekuatan mereka untuk kebaikan. Mereka membaca mantra agar panen tahun itu berjalan baik, membacakan Matra penyembuh dan Mantra kesejahteraan untuk umat manusia. Mereka melindungi orang-orang yang mereka cintai.

Perbedaan yang mencolok ini membuat kedua kubu yang saling berseberangan sering mengalami bentrok. Tukang sihir jahat yang merusak melawan penyihir naik yang melindungi.

Saat Halloween tiba, jangan heran jika banyak terjadi bunyi-bunyian aneh, mungkin saja di dekat tempatmu sedang terjadi perang gaib. Bisa jadi, kan?